Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Minggu, 22 Maret 2020

Kegagalan Adalah Pembelajaran



Seorang teman mengatakan saya salah melakukan usaha. Karena membuat suatu usaha dengan maintenance yang mahal. Itu berpotensi kerugian secara jangka panjang.

Lanjutnya apa yang saya lakukan sekarang ini baru benar. Kemudian ia mengatakan, "mengapa tak dari dulu tentunya kamu akan untung besar", katanya.

Mendengar itu saya mencoba menimpali. Menurutku tak ada yang gagal kalau kita bisa memaknainya. Yang ada adalah pembelajaran dari setiap kesalahan.

"Kita tidak bisa mengatakan penemu radio Marconi salah dengan menemukan radio. Mengapa ia tak langsung menemukan internet dan peralatan digital yang lebih simple dari radio, TV dan telephone? Itu lebih karena proses perkembangan peradaban"

"Apalagi aku, selalu ada proses pembelajaran dari setiap kegagalan kalau kita memaknainya. Terlebih usaha, tidak ada teori pasti. Semua selalu berubah berdasarkan pergeseran trend komsumsi masyarakat."

"Kamu tahu mengapa Mall banyak tutup? Golf banyak diganti e-sport itu karena pergeseran cara hidup konsumen. Pengusaha harus selalu adaptasi dan berinovasi kalau mau tetap survive. Hari ini pun apa yang saya lakukan belum tentu benar, selalu berkembang"

0 comments:

Posting Komentar