Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Jumat, 24 April 2020

Input Nilai Rapor Siswa Tanpa Hard Copy Leger dan Rapor Siswa

Reinput Nilai Rapor Siswa

Setiap akhir semester dalam jenjang pendidikan selalu diberikan buku laporan hasil evaluasi atau Rapor. Siswa dapat melihat hasil belajarnya dalam 1 semester belakangan. Hasil capaian tersebut dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk memacu kompetensi diri dan prestasi.

Guru kelas yang bertugas sebagai guru wali akan menyiapkan bukti laporan kepada siswa dan kepala sekolah. Bukti laporan tersebut berupa leger atau rekapan hasil capaian siswa keseluruhan yang akan dituangkan kedalam rapor setiap siswa. Leger tersebut akan disimpan baik secara hard copynya maupun soft copynya. Arsip tersebut akan digunakan lagi sebagai nilai rata-rata siswa dalam penilaian ijazah. Khusunya di jenjang SD di kelas VI, nilai rapor dari kelas IV sampai kelas VI (semester 7 sampai dengan semester 12). Akan tetapi masalah akan muncul dikemudian hari saat perekapan tiba. Faktnya ada beberapa wali siswa yang lupa meletakkan arsip leger rapornya. Soft copy yang tersimpan di laptop ataupun flasdish terkontaminasi virus berat yang mengakibatkan data hilang.

Kejadian seperti penjelasan tersebut tentu menjadi sangat sulit jika hanya dipikirkan saja, terasa sangat berat dan menjenuhkan jika wali kelas akan menginput ulang secara manual. Nah, bagi guru yang mengalami masalah tersebut dapat tersolusi dengan menggunakan google form yang akan dikirimkan ke siswa melalui online.

Berikut Input Nilai Rapor KI-3 dan KI-4 Semester I


Berikut Hasil Perekapan Nilai Rapor KI-3 dan KI-4 Semester I 


Berikut Input Nilai Rapor KI-3 dan KI-4 Semester II


Berikut Hasil Perekapan Nilai Rapor KI-3 dan KI-4 Semester II 


Terimakasih, sudah membaca dan mengerjakan Input Nilai Rapor Siswa Tanpa Hard Copy Leger dan Rapor Siswa. Semoga postingan ini bermanfaat, budayakan meninggalkan komentar setelah membaca!

0 comments:

Posting Komentar