Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Sabtu, 21 Mei 2022

Bagaimana Menyikapi Tantangan Pendidikan di Era Digital?

Pendidikan di Era Digital
Pendidikan di Era Digital
Perubahan Zaman semakin berkembang cepat dan modern. Begitu juga manusia dan yang lainnya beradaftasi seiring perkembangan tersebut. Salah satu bukti perkembangan zaman yang sudah semakin terasa dan nyaris mengambil alih semua hal dalam kehidupan manusia adalah perkembangan dalam dunia digital. Coba kita lihat saat ini apa yang tidak bisa dilakukan dengan mengandalkan kemajuan digital yang sangat pesat?

Ironisnya kehidupan manusia berdaftasi layaknya robot dengan mengandalkan fasilitas digital yang berdampak pada kurangnya interaksi sosial antar manusia. Ini sangat berbeda dengan beberapa tahun lalu dimana situasinya adalah manusia sangat akrab antara satu dan lainnya dan kolega terhubung dengan dunia nyata bukan dunia maya saja.

Seharusnya dengan adanya kemajuan dalam dunia digital dapat membantu  aktivitas manusia, bukan malah mengambil kehidupan manusia dan merubahnya ke dalam bentuk digital dalam bentuk sosial media misalnya.

Lama kelamaan kehidupan manusia akan menjadi kaku dan mungkin tidak ada lagi interaksi dekat antar sesama manusia. Ini hanya akan menjadi bom waktu semata. Nah, hal tersebut diatas hanyalah segelintir dampak negatif dari majunya dunia dan perkembangan digital bagi manusia. Namun tentunya kemajuan digital juga memberikan dampak positif bagi kita terutama dalam dunia pendidikan. Bagaimana caranya?

Dalam dunia digital bisa kita lihat bahwa generasi muda adalah mereka yang paling cepat update. Apa saja mereka bisa dapatkan dan lakukan dengan mudah dengan memanfaatkan perangkat digital yang mereka punya seperti gadget, computer dengan fasilitas dan layanan internet yang saat ini sangat murah dan sudah bisa menjangkau seluruh dunia, hampir semuanya.

Nah, untuk generasi muda terutama mereka yang masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah sampai dengan tingkat mahasiswa merasa sangat terbantu dengan adanya kemajuan ini.

Salah satu hal yang sangat membantu generasi muda di era digital ini adalah memanfaatkan mesin pencari untuk mencari semua pertanyaan, informasi, pengetahuan sampai berita paling baru seputar pendidikan dengan relatif cepat dan juga mudah.

Selain itu untuk proses belajar mengajar di sekolah bisa memanfaatkan digital dan internet dengan cara pengiriman tugas tidak perlu menggunakan kertas tetapi langsung menggunakan alamat email pribadi ke alamat email guru mata pelajaran. Dengan begitu proses belajar yang monoton yang hanya membuat siswa duduk sepanjang hari di ruang kelas mungkin tidak akan lagi seperti itu.

Siswa akan lebih mudah belajar tidak hanya sebatas di ruang kelas karena penjelasan pengajar bisa memanfaatkan fasilitas video call yang bisa dilakukan dari mana saja selama sinyal internet memadai.

Dampak positif nya adalah siswa jadi semangat belajar karena mereka tidak harus duduk sampai bosan di dalam kelas dengan seragam seperti sekolah pada umumnya.

Selain itu manfaat era digital lainnya untuk belajar adalah dengan menghilangkan kebiasaan menulis di buku dan papan tulis karena sekarang sudah tersedia teknologi computer atau laptop dan juga notebook. Ini akan sangat membantu untuk penghematan kertas dan juga kapur tulis atau spidol yang memang jika dihitung cukup banyak memakan anggaran dalam dunia pendidikan.

Untuk dunia pendidikan yang lebih luas, saat ini tes masuk perguruan tinggi pun tidak perlu lagi menggunakan kertas karena ujian sudah bisa difasilitasi dengan ujian online. Jelas lebih praktis, nyaman dan resiko untuk terjadinya kecurangan jauh lebih kecil karena siswa harus mengerjakan ujiannya sendiri-sendiri di computer masing-masing.

Ini juga berlaku untuk para guru dan dosen yang akan melakukan ujian kompetensi atau kenaikkan jabatan. Dengan begini, untuk tes tidak perlu harus datang ke tempat melainkan bisa dilakukan jarak jauh dan jelas lebih efisien secara waktu dan juga biaya.

Tidak hanya itu saja, anak muda juga biasanya mengambil les tambahan atau kursus tetapi saat ini karena sudah dalam era digital maka kursus pun bisa dilakukan secara online. Dunia online sungguh sangat maju pesat dan berkembang luar biasa hebatnya dan dengan memanfaatkan sarana digital maka kita bisa memaksimalkan pengetahuan dengan terus mencari suatu hal yang baru. Namun jangan sampai malah salah langkah dengan membuka hal-hal atau topik diluar pelajaran yang tidak seharusnya dilakukan.

Pada dasarnya, hal seperti ini jika digunakan dengan baik dan sebagaimana mestinya justru akan memberikan banyak manfaat namun yang sering terjadi adalah seseorang sampai kecanduan dengan perangkat digital sehingga hidupnya saat ini hanya terpusat pada gadget semata.

Banyak hal yang bisa ditemukan dalam dunia digital misalnya berbagai aplikasi belajar, sosial media, musik, gambar, game sampai dengan cara belajar dengan memanfaatkan tutorial atau video sehingga panyampaian kepada pelajar akan jauh lebih mudah dimengerti.

Jika dibandingkan dari segi biaya juga jauh lebih hemat karena tidak perlu harus menghabiskan banyak alat belajar karena semua sudah tersedia dalam satu perangkat digital seperti laptop atau computer.

Hanya saja memang pada awalnya sekolah atau universitas perlu mengeluarkan dana cukup besar untuk membeli perangkat ini dalam jumlah yang banyak karena tidak semua siswa mampu untuk membeli sendiri jika memang keadaan ekonominya tidak memungkinkan.

Hanya saja jika terlalu berlebihan dan menjadi ketergantungan maka justru kemajuan digital seperti ini malah bisa membunuh generasi muda karena tidak lagi tertarik dengan interaksi sosial dan hanya fokus dengan gadgetnya saja.

Ini akan membuat manusia menjadi individualis dan juga tidak peka terhadap apa yang terjadi di sekitarnya. Nah, hendaknya kemajuan digital menjadi sarana yang membantu semua proses sehingga yang tadinya lambat bisa bertambah cepat dan bukan malah mendominasi kehidupan manusia sebagai mahkluk sosial yang perlu berinteraksi dan berhubungan dengan sesama manusia.

0 comments:

Posting Komentar