Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Senin, 25 Mei 2020

Materi dan Soal Bahasa Indonesia "Kecakapan Hidup Dalam Pandemi Covid-19" SD Kelas 4, 5, dan 6

menggunakan masker yang benar
Semangat pagi sobat solusi, semoga selalu sehat di tengah pandemi Covid-19 ini. Apakah kamu pernah mendengar tentang makna kata? Penasarankah tentang keteladanaan tokoh dalam sebuah cerita? Yuk, mari kita cari tahu lebih lanjut dengan membaca materi berikut ini!

Pembelajaran kali ini membahas tentang soal pilihan ganda muatan pelajaran Bahasa Indonesia tentang Kecakapan Hidup Dalam Pandemi Covid-19, dengan Kompetensi Literasi: Mengolah informasi dan pengetahuan tentang kecakapan hidup dalam pandemi covid-19 (memahami makna kata dan keteladanaan tokoh).

Makna Kata
Pengertian makna kata adalah maksud yang terkandung serta tersimpul dari suatu kata. Contoh sederhananya adalah kata rumah, kata rumah memiliki makna tempat tinggal. Jadi setiap kata itu selalu terhubung dan saling berkaitan dengan suatu hal, bisa berkaitan dengan benda, ataupun berkaitan dengan suatu aktifitas, peristiwa, maupun keadaan.

Secara umum jenis-jenis makna kata adalah sebagai berikut:
Makna Leksikal
Leksikon merupakan asal kata dari istilah leksikal, yang artinya kamus. Jadi makna leksikal merupakan makna yang sesuai dengan kamus. Artinya makna katanya mengikuti apa yang tertulis di kamus. Bersifat tetap dan pasti mengikuti Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI). Contoh: kata doa memiliki arti permohonan (harapan, permintaan, punjian) kepada Tuhan.

Makna Gramatikal
Pengertian makna kata gramatikal adalah makna suatu kata yang muncul akbiat dari adanya proses gramatika/proses tata bahasa Indonesia, seperti proses kompisisi, proses reduplikasi, maupun proses afiksasi. Contoh: Tugas sebanyak itu akhirnya terselesaikan juga. Makna kata selesai setelah mendapat imbuhan ter-kan menghaasilkan makna baru, yaitu dapat.

Makna Denotatif
Pengertian makna kata denotatif adalah pengertian makna kata yang sebenarnya. Artinya makna kata tersebut tidak mendapat tafsiran lain yang agak menyimpang dari makna sebenarnya. Biasanya kata-kata yang memiliki makna denotatif digunakan dalam bahasa ilmiah. Hal ini dimaksudkan agar gagasan serta pemikiran ilmiah yang disampaikan tidak memiliki tafsiran ganda. Contoh: Tikus itu telah mati. Kata mati dalam kalimat tersebut hanya memiliki satu arti yang langsung dan lugas, yaitu tak bernyawa.

Makna Konotatif
Pengertian maka kata konotatif adalah makna kata yang memiliki nila-ilai emosi tertentu, sehingga maknanya berupa kiasan yang bisa saja berisi nilai rasa, sikap sosial, maupun perspektif tertentu dari suatu zaman. Jadi intinya makna konotatif tidak bersifat langsung, tapi lebih kepada kiasan. Contoh: Orang berlomba-lomba berebutkursi di senayan. Kata kursi disini bukan berarti hanya sebuah kursi, tapi lebih bermakna jabatanatau kedudukan.

Makna Idiomatik
Makna kata idiomatik merupakan makna kata yang terdapat dalam kelompok kata tertentu yang maknanya tidak sama degan makna asli dari kata tersebut. Bahkan asal-usul kemunculan kata tersebut tidak dapat di telusuri. Contoh: Harun anak yang keras kepala. Kata keras kepala dalam kalimat tersebut bukan berarti kepala harun keras, tapi lebih bermaksud kepada kalakuan harun yang susah diatur.

Keteladanaan Tokoh
Pengertian keteladanan tokoh adalah sikap yang dimiliki sang tokoh yang mengandung nilai terpuji yang patut untuk dijadikan contoh atau pedoman bagi pembaca. penegertian yang lain bahwa keteladanan tokoh merupakan pemimpin yang baik yang dapat dijadikan contoh dan dapat diteladani sifat-sifat baiknya. Untuk mengetahui sikap dari tokoh tentu kita harus membaca cerita tersebut dengan cermat.

Setelah membaca dan menyimak materi tersebut, berikut akan disediakan soal untuk menguji tingkat pemahaman dan kompetensi kalian.

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 60:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!
Terima kasih sudah membaca dan mengerjakan Materi dan Soal Bahasa Indonesia "Kecakapan Hidup Dalam Pandemi Covid-19" SD Kelas 4, 5, dan 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah membaca. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.


1 komentar: