Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Selasa, 25 Agustus 2020

Panduan Pembelajaran Tentang Makna Proklamasi dan Tari Kreasi Daerah Untuk SD Kelas Tinggi

Semangat pagi insan yang kerja cerdas, kolaboratif, dan motivatrust!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan penuh semangat.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan budayakan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."
"Setiap kesulitan adalah sumber kreatifitas. Selama kita fokus mencari dan mengatasinya, kesempatan dan sukses akan datang menggampiri kita."

Literasi Challenge: 
Simak ulasan berikut dan tentukan nama tarian daerah yang dimaksud?
Tarian peninggalan kebudayaan pra-Hindu yang melambangkan pertempuran antara kebaikan (dharma) dan keburukan (adharma). Menurut keyakinan masyarakat Bali, khususnya yang beragama Hindu, kebaikan dan keburukan selalu berdampingan atau disebut juga sebagai Rwa Bhineda. Kostum tarian ini merupakan gabungan antara singa, harimau, dan lembu. Pada badan kostum dihiasi ornamen dari kulit, potongan-potongan kaca dari cermin, dan dilengkapi bulu-bulu dari serat daun pandan. Tarian ini dimainkan oleh dua orang penari, satu penari mengambil posisi di bagian depan memainkan gerak kepala dan kaki depan, sedangkan penari kedua berada di belakang memainkan kaki belakang dan ekor. Tarian ini melambangkan kebaikan dimana penari menggunakan kostum binatang berkaki empat dan keburukan yang dilambangkan dengan Rangda, yaitu sosok menyeramkan dengan dua taring runcing mulutnya.

Taukah kamu tari daerah yang terkenal di daerahmu? Bagaimana memaknai Proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari? Penasarankah tentang cara memahaminya? Yuk, mari kita cari tau lebih lanjut dengan menyimak materi berikut ini!


Pembelajaran kali ini membahas tentang "Makna Proklamasi dan Tari Kreasi Daerah", dengan KOMPETENSI LITERASI: (1) Memahami makna proklamasi kemerdekaan (2) Memahami penampilan tari kreasi daerah.

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Pemahaman Materi:
penerapan makna Proklamasi kemerdekaan
Cinta budaya sendiri merupakan wujud dari penerapan makna Proklamasi kemerdekaan. Bagaimana kamu memaknainya?

Edo, Lani, Siti, Udin, Dayu, dan Beni berencana mengikuti festival budaya. Saat ini mereka sedang berdiskusi untuk menentukan budaya yang akan mereka usung. Edo dan teman-temannya sangat antusias mengikuti festival ini. Mereka ingin memperkenalkan seni dan budaya suku-suku yang ada di Indonesia. Menentukan kebudayaan mana yang akan dipilih tidak mudah. Semua budaya yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan menarik.
Akhirnya Edo dan temantemannya memutuskan untuk memperkenalkan permainan Rangku Alu. Permainan Rangku Alu berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dalam masyarakat Manggarai, Rangku Alu dilakukan untuk merayakan hasil panen perkebunan dan tani.
Edo dan teman-temannya sangat bangga dengan kebudayaan Indonesia.
  1. Ceritakan tentang makna Proklamasi Kemerdekaan yang tercermin pada kegiatan Edo dan teman-temannya!
  2. Apa yang kamu pelajari dari kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna Proklamasi Kemerdekaan?
  3. Berikan contoh penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat!
ayo berkreasi
Cinta terhadap seni Indonesia merupakan perwujudan dari makna Proklamasi Kemerdekaan. Dalam mewujudkannya, kamu membutuhkan kerja sama dengan orang lain.
Indonesia memiliki ragam tarian yang sangat indah. Keragaman tersebut menambah kekayaan Indonesia yang luar biasa.

Video 1:
Demikian tayangan materi singkat tentang Makna Proklamasi dan Tari Kreasi Daerah, semoga dapat dipahami. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 90:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!
Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Panduan Pembelajaran Tentang Makna Proklamasi dan Tari Kreasi Daerah Untuk SD Kelas Tinggi, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Ingat postingkan jawaban kalian dari challenge yang ada di akhir soal dan ulasan literasi challenge tersebut pada kolom komentar di bawah ini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

3 komentar: