Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Kamis, 03 September 2020

Pembelajaran Bermakna Matematika Tentang Operasi Hitung Campuran Pada Pecahan SD Kelas Tinggi

Mengubah Berbagai Bentuk Pecahan

Semangat pagi insan yang kerja cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan penuh semangat.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan budayakan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."
"Setiap kesulitan adalah sumber kreatifitas. Selama kita fokus mencari dan mengatasinya, kesempatan dan sukses akan datang menggampiri kita."

Literasi Challenge: 
Simak ulasan berikut!
Sering menonton serunya kisah film kartun Upin dan Ipin? 
Tentu tau dong kegemaran mail? 
Nah temukan solusi dari masalah berikut ya!. Ehsan memiliki 120 anak ayam. 2/5 bagian diberikan kepada Upin dan Ipin. Sisanya diberikan kepada Mail untuk dijual. Anak ayam tersebut laku terjual sebanyak 2/8 bagian. 
Berapa jumlah uang yang akan diterima mail, jika anak ayamnya sekarang ditawar Tuk Dalang Rp5.000,00 setiap ekornya?

Taukah kamu Apa itu Pecahan? Bagaimana mengubah berbagai bentuk pecahan? Penasarankah tentang cara memahaminya? Yuk, mari kita cari tau lebih lanjut dengan menyimak materi berikut ini!

Simak dan kerjakan panduan yang menantang ini juga ya!!!: Persatuan Dan Kesatuan Untuk Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Yang Sejahtera

Pembelajaran kali ini membahas tentang "Operasi Hitung Campuran Pada Pecahan", dengan KOMPETENSI NUMERASI: (1) 3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Pemahaman Materi:
Mengubah Berbagai Bentuk Pecahan

Beberapa bentuk pecahan yang dipelajari di sekolah dasar diantaranya adalah pecahan biasa, pecahan desimal, pecahan persen dan pecahan campuran. Dari keempat bentuk pecahan tersebut dapat diubah menjadi bentuk pecahan yang lain.

Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Desimal
Pecahan biasa dapat diubah ke bentuk pecahan desimal. Caranya yaitu membagi pembilang pecahan dengan penyebut pecahan. Pembagian dapat dilakukan dengan cara bersusun.
Contoh:
Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Desimal

Menggunakan Perkalian
Cara lain mengubah pecahan biasa ke pecahan desimal adalah dengan perkalian. Cara ini digunakan pada pecahan yang penyebutnya faktor dari 10, 100, 1.000. Contoh.
Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Desimal dengan perkalian
Mengubah Pecahan Desimal ke Pecahan Biasa
Untuk mengubah bilangan pecahan desimal menjadi pecahan biasa harus memperhatikan jumlah angka yang ada di belakang komanya suatu pecahan desimal. Jadi, ubahlah pecahan desimal menjadi pecahan persepuluhan, perseratusan, perseribuan, dan seterusnya.

Jika pada pecahan desimal ada 1 ( satu ) angka di belakang koma, maka jadikanlah ke pecahan biasa persepuluhan. Jika pada pecahan desimal ada 2 ( dua ) angka di belakang koma, maka jadikanlah ke pecahan biasa perseratusan. Jika pada pecahan desimal ada 3 ( tiga ) angka di belakang koma, maka jadikanlah ke pecahan biasa perseribuan.Langkah-langkah penyelesainnya:
Mengubah Pecahan Desimal ke Pecahan Biasa

Mengubah Pecahan Biasa atau Desimal ke Bentuk Persen
a. Pecahan Biasa ke Bentuk Persen
Persen (%) artinya perseratus. 3% dibaca tiga persen. 10% dibaca sepuluh persen. 3% sama artinya dengan 3/100 . 10% sama artinya dengan 10/100. Pecahan biasa atau desimal dapat diubah ke bentuk persen. Begitu juga persen dapat diubah ke bentuk pecahan biasa atau desimal. Contoh :
Pecahan Biasa ke Bentuk Persen
b. Mengubah Pecahan Persen Menjadi Pecahan Biasa
Sebaliknya untuk mengubah pecahan persen menjadi pecahan biasa dilakukan dengan mengubah persen menjadi perseratus yang selanjutnya disederhanakan. 
Contoh :
25% = 25/100 = (bagi dengan FPB 25 dan 100 yaitu 25) = 1/4

c. Mengubah Pecahan Desimal ke Bentuk Persen
Mengubah pecahan desimal ke bentuk persen dapat dilakukan dengan mengalikan pecahan desimal dengan 100%. Contoh :

1. 1,2 = ....%
= 1,2 x 100%
= 120%

3. Mengubah Pecahan Campuran ke Pecahan Biasa
a. Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran
Mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran yaitu dengan membagi pembilang dengan penyebut kemudian mencari sisanya. Kemudian sisa pembagian tersebut dituliskan dalam bentuk pecahan dengan penyebut yang sama. Perhatikan contoh berikut.
64/5 = (60:5) = 12 sisa 4 sehingga
64/5 = 12 4/5

b. Mengubah Pecahan Campuran ke Pecahan Biasa
Mengubah bilangan pecahan campuran menjadi bilangan pecahan biasa caranya lebih mudah karena kita cukup mengalikan bilangan bulat yang ada dengan penyebut kemudian ditambahkan dengan pembilang seperti contoh di bawah ini.
Mengubah Pecahan Campuran ke Pecahan Biasa
Demikian pembahasan mengenai mengubah berbagai bentuk pecahan. Mengubah pecahan sangat berguna pada saat melakukan pengerjaan hitung pecahan

Video Pembelajaran
Demikian tayangan materi singkat tentang Operasi Hitung Campuran Pada Pecahan. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Pembelajaran Bermakna Matematika Tentang Operasi Hitung Campuran Pada Pecahan SD Kelas Tinggi, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Ingat postingkan jawaban kalian dari challenge yang ada di akhir soal atau ulasan numerasi challenge tersebut pada kolom komentar di bawah ini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar