Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Rabu, 02 September 2020

Persatuan Dan Kesatuan Untuk Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Yang Sejahtera

Semangat pagi insan yang kerja cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan penuh semangat.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan budayakan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."
"Setiap kesulitan adalah sumber kreatifitas. Selama kita fokus mencari dan mengatasinya, kesempatan dan sukses akan datang menggampiri kita."

Literasi Challenge: 
Simak ulasan berikut!
literasi tentang persatuan dan kesatuan untuk mengembangkan kehidupan yang sejahtera

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera telah tercantum dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Tuliskan kalimat yang menyatakan hal tersebut sebagai tujuan Bangsa Indonesia!

Taukah kamu Apa itu Persatuan Dan Kesatuan? Bagaimana Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Yang Sejahtera? Penasarankah tentang cara memahaminya? Yuk, mari kita cari tau lebih lanjut dengan menyimak materi berikut ini!


Pembelajaran kali ini membahas tentang "Persatuan Dan Kesatuan Untuk Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Yang Sejahtera", dengan KOMPETENSI LITERASI: (1) 3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.; (2) 3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Pemahaman Materi:
Pengertian Persatuan dan Kesatuan
Persatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh dan tidak terpecah-belah. Arti lebih luasnya yaitu berkumpulnya macam-macam corak dari berbagai kalangan,ras,budaya, dan adat istiadat dalam masyarakat yang bersatu dengan serasi.

Kesatuan merupakan hasil dari persatuan yang telah menjadi utuh. Maka dari itu persatuan dan kesatuan sangat erat hubungannya.

Persatuan dan kesatuan adalah hal penting yang harus dimiliki setiap bangsa. Makna pokok tersebut antara lain, yaitu :
  1. Menjaga rasa persatuan dan kesatuan dengan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi.
  2. Menjalin toleransi dan rasa kemanusiaan dengan hidup berdampingan secara harmonis
  3. Menjalin rasa kekeluargaan,persahabatan,saling tolong-menolong, dan rasa nasionalisme.
Nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah persatuan dan kesatuan antar lain:
  1. Mempertahankan persatuan dan kesatuan wilayah NKRI
  2. Meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika
  3. Mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif
  4. Toleransi
  5. Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia
  6. Menerapkan rasa kekeluargaan
  7. Musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan
  8. Bersikap adil
Beberapa contoh sikap persatuan dan kesatuan, antara lain :
  1. Saling menghargai dan menyayangi antar sesama anggota keluarga
  2. Selalu bertutur kata sopan
  3. Menjaga kerukunan dengan semua anggota keluarga
  4. Tidak memaksakan kehendak orang lain
  5. Membantu anggota keluarga apabila mengalami kesulitan
Dapat disimpulkan bahwa berbagai aspek dalam mempererat persatuan dan kesatuan harus terus tersambung seperti rantai agar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia bisa terus terjaga dengan baik.

Materi yang berkaitan dengan topik hari ini bisa di klik disini!

Video Pembelajaran
Demikian tayangan materi singkat tentang Persatuan Dan Kesatuan Untuk Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Yang Sejahtera. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Persatuan Dan Kesatuan Untuk Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Yang Sejahtera, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Ingat postingkan jawaban kalian dari challenge yang ada di akhir soal atau ulasan numerasi challenge tersebut pada kolom komentar di bawah ini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

5 komentar:

  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

    BalasHapus
  2. Nama : ida bagus gede wiswambara keniten
    No : 14
    Kelas : VI A
    Sekolah : SD 12 sanur

    JAWABAN CHALLANGE NYA

    Yang merupakan tujuan dari UUD REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1944 melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

    BalasHapus
  3. Tujuannya adalah.melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia,memajukan kesejahtraan hidup bangsa,dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

    BalasHapus
  4. Tujuannya adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa

    BalasHapus
  5. Bertujuan melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah indonesi.

    BalasHapus