Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Jumat, 02 Oktober 2020

PJJ (Materi dan Soal) Tematik Tentang Pelaksanaan Kewajiban, Hak, dan Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara Dalam Teks Eksplanasi Ilmiah Untuk SD Kelas 6

Semangat pagi insan yang kerja cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan penuh semangat.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan budayakan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Setiap kesulitan adalah sumber kreatifitas. Selama kita fokus mencari dan mengatasinya, kesempatan dan sukses akan datang menggampiri kita."

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

Literasi Challenge: 
Perilaku membuang dan memilah sampah plastik masih rendah di kalangan pelajar. Hal tersebut sering dianggap sepele dan bukan menjadi tanggung jawab individu karena tersedianya petugas kebersihan. 

Bagaimana tindakan kalian menyikapi perilaku tersebut di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat! 

Taukah kalian perbedaan Kewajiban, Hak, dan Tanggung Jawab? Bagaimana penerapannya di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat? Penasarankah tentang cara memahaminya? Yuk, mari kita cari tau lebih lanjut dengan menyimak materi berikut ini!


Pembelajaran kali ini membahas tentang "Pelaksanaan Kewajiban, Hak, dan Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara Dalam Teks Eksplanasi Ilmiah", dengan KOMPETENSI LITERASI: (1) 3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari; dan (2) 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Materi Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pb 4 KD/Mupel 3.2 PPKn dan 3.2 Bahasa Indonesia

Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh pelaksanaan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan terperinci. 
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan dampak dari melaksanakan dan tidak melaksanakan tanggung jawab terhadap kewajiban dengan terperinci.
  3. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi kalimat efektif dari teks tentang penemuan dan manfaatnya dengan benar.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat efektif dengan benar.
  5. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menemukan perkiraan luas permukaan lingkaran dengan menggunakan model konkret dengan benar.
  6. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menuliskan perkiraan luas lingkaran hasil eksplorasi dengan benar.
Tulislah pengalamanmu dengan menjawab pertanyaan berikut!
  1. Pernah terlambat atau mengabaikan kegiatan rutinmu baik di rumah maupun sekolah?
  2. Jika iya, uraikanlah pengalaman tersebut. Jika jawabannya tidak, uraikan tips dan strategimu!
  3. Apa yang menjadi rencanamu supaya kamu tidak terlambat atau mengabaikan kegiatan rutinmu lagi?
Datang tepat waktu ke sekolah adalah salah satu kewajiban kita sebagai pelajar. Ketika kita tidak melaksanakan kewajiban itu akan membuat orang di sekitar kita menjadi tidak nyaman. Ayo, laksanakan kewajibanmu dengan tanggung jawab ya.

Amatilah gambar-gambar berikut! Apakah mereka sudah melaksanakan kewajibannya dengan tanggung jawab? Apa dampak dari yang mereka lakukan? (jawaban dari pertanyaan tersebut cukup di renungkan saja)
melaksanakan kewajibannya dengan tanggung jawab

Melalui tabel berikut, tuliskan kewajibanmu yang lain sebagai pelajar! Apa dampaknya jika kamu tidak melaksanakan dengan tanggung jawab? Jelaskan jawabanmu! 
tabel kewajiban pelajar dan dampaknya

Apa itu kalimat efektif? 
Kalimat efektif dapat diartikan sebagai susunan kata yang mengikuti kaidah kebahasaan secara baik dan benar. Kaidah yang menjadi patokan kalimat efektif dalam bahasan ini adalah kaidah bahasa Indonesia menurut ejaan yang disempurnakan (EYD) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)

Kalimat yang efektif mengungkapkan gagasan sehingga mudah dipahami. Ciri-ciri kalimat efektif: 
  1. Hemat, tidak menuliskan kata yang bermakna sama Para tamu-tamu duduk di kursi. Perhatikan kata “para”. Apa makna dari kata “para”? Perhatikan kata “tamu-tamu”. Apa makna dari kata “tamu-tamu”? Kata “para” menunjukkan banyak dan “tamu-tamu” juga menunjukkan tamu yang banyak. Kita dapat menghilangkan salah satu. Efektif: Tamu-tamu duduk di kursi. Efektif: Para tamu duduk di kursi.
  2. Sistematis. Memiliki susunan subjek dan predikat, kemudian ditambahkan dengan objek, pelengkap, hingga keterangan. Sebisa mungkin guna mengefektifkan kalimat, buatlah kalimat yang urutannya tidak memusingkan.
  3. Sesuai EYD. Kalimat efektif haruslah menggunakan ejaan maupun tanda baca yang tepat. Kata baku pun mesti menjadi perhatian agar tidak sampai kata yang kamu tulis ternyata tidak tepat ejaannya
  4. Tidak Ambigu. Dengan susunan kata yang ringkas, sistemastis, dan sesuai kaidah kebahasaan; pembaca tidak akan kesulitan mengartikan ide dari kalimat kalian sehingga tidak ada kesan rancu.
Carilah kalimat yang masih belum efektif dari berbagai sumber! Ubahlah menjadi kalimat efektif!
tabel kalimat efektik dan tidak efektif

Demikian tayangan materi singkat tentang Pelaksanaan Kewajiban, Hak, dan Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara Dalam Teks Eksplanasi Ilmiah. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 150:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan PJJ (Materi dan Soal) Tematik Tentang Pelaksanaan Kewajiban, Hak, dan Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara Dalam Teks Eksplanasi Ilmiah Untuk SD Kelas 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

1 komentar:

  1. Rumah : saya akan membuang sampah di tempat yang telah kami sediakan di luar maupun di dalam rumah

    Sekolah : saya akan mengajak teman teman di sekolah untuk membuang sampah di tempat yang telah disediakan dan tidak mengandalkan petugas kebersihan

    Masyarakat : saya akan mengajak warga sekitar untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

    BalasHapus