Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Selasa, 10 November 2020

Materi dan Soal Tematik Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 5 dan 6 Tentang Kerja Sama Indonesia Dengan Negara-Negara ASEAN Di Beberapa Bidang Untuk SD Kelas 6

kerja sama indonesia dengan negara asean
Salam Cerdas dan berkarakter. Semangat pagi insan cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur. 

Sebelum pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta lakukan selalu 3 M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta menggunkan masker jika terpaksa harus keluar rumah) di masa pandemi covid-19, agar kita terhindar dari paparannya.

Sebelum pembelajaran dilanjutkan terlebuh dahulu isi dan lengkapi presensi atau absensi melalui aplikasi google form berikut!

Lihatlah rekap absen yang sudah direkam secara otomatis pada form berikut!

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

Sebelum pembelajaran hari ini dilanjutkan, ayo dengar dan nyanyikan lagu wajib Indonesia Raya untuk membangun rasa nasionalisme sebagai generasi cerdas bangsa. Nyanyikanlah dengan khidmat dan penuh semangat secara mandiri di tempat masing-masing.
"percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Pembiasaan selanjutnya yang wajib peserta didik lakukan adalah juga adalah menyanyikan lagu mars Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Lagu ini sangat bermanfaat untuk membangun karakter-karakter yang bermanfaat di masa mendatang. Nyanyikan dengan penuh semangat dan hayati isi lagunya.
Selain pembiasaan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Mars PPK, ada baiknya juga peserta didik melakukan kegiatan LITERASI sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawan diri, juga Menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Topik Pembelajaran kali ini membahas tentang Kerja Sama Indonesia Dengan Negara-Negara ASEAN Di Beberapa Bidang, dengan KOMPETENSI DASAR :
  1. Bahasa Indonesia KD. 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang di dengar dan dibaca.
  2. IPS KD. 3.3 Menganalisis posisi dan peranIndonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik,sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
  3. SBdP KD. 3.1 Memahami reklame.
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan bentuk kerja sama Indonesia dalam lingkup ASEAN dengan benar. 
  2. Setelah mencari informasi, siswa mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di lingkup ASEAN dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
  3. Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca dengan tepat.
  4. Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan kalimat efektif dan kosakata baku dengan tepat. 
  5. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster berdasarkan poster yang baik dan menarik.
Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa membaca di buku paket tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.
Kerja Sama Indonesia Dengan Negara-Negara ASEAN Di Beberapa Bidang
Kerja Sama Indonesia Dengan Negara-Negara ASEAN Di Beberapa Bidang
Indonesia telah melakukan kerja sama dengan negara-negara ASEAN di beberapa bidang. Apa tujuan dari kerja sama tersebut? Sikap apa yang harus kita kembangkan dengan adanya kerja sama tersebut?

ASEAN (Association of South East Asia Nations) adalah sebuah organisasi dari negara-negara yang terletak di asia tenggara. Organisasi yang terbentuk pada tanggal 8 agustus 1967 ini, sudah mempunyai jumlah anggota sebanyak sepuluh negara, termasuk salah satunya adalah negara Indonesia. Perlu kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu dari lima negara yang memprakarsai terbentuknya perhimpunan negara-negara asia tenggara ini. Indonesia menjadi bagain dari organisasi ASEAN salah satunya yaitu untuk membangun hubungan internasional dan juga organisasi internasional dengan negara-negara yang ada dikawasan asia tenggara.

ASEAN disebut juga sebagai Perbara yang merupakan singkatan dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Gedung sekretarian ASEAN berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia. ASEAN didirikan tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. ASEAN diprakarsai oleh 5 menteri luar negeri dari wilayah Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura
  1. Perwakilan Indonesia : Adam Malik
  2. Perwakilan Malaysia : Tun Abdul Razak
  3. Perwakilan Thailand : Thanat Koman
  4. Perwakilan Filipina : Narcisco Ramos
  5. Perwakilan Singapura : S. Rajaratnam
Tujuan terbentuknya ASEAN tercantum dalam naskah Deklarasi Bangkok, antara lain sebagai berikut.
  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan kebudayaan di kawasan ASEAN melalui usaha bersama dalam semangat dan persahabatan untuk memperkukuh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan ketertiban hukum di dalam negara-negara di kawasan ASEAN. Selain itu, juga mematuhi prinsip-prinsip Piagam PBB.
  3. Meningkatkan kerja sama yang aktif serta saling membantu satu dengan yang lain di dalam menangani masalah kepentingan bersama yang menyangkut berbagai bidang. Misalnya, di bidang ekonomi, sosial, kebudayaan, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.
  4. Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana pelatihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, profesional, teknik, dan administrasi.
  5. Meningkatkan kerja sama yang lebih efektif dalam meningkatkan penggunaan pertanian serta industri, perluasan perdagangan komoditas internasional, perbaikan sarana pengangkutan dan komunikasi, serta peningkatan taraf hidup mereka.
  6. Memelihara kerja sama yang lebih erat dan bergabung dengan organisasi internasional dan regional lainnya untuk menjajaki segala kemungkinan saling bekerja sama secara lebih erat di antara mereka sendiri.
Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi
Adapun bentuk-bentuk kerja sama ASEAN dalam bidang ekonomi ialah sebagai berikut :
  • Pembukaan Pusat Promosi ASEAN 
Meskipun ASEAN telah dikenal oleh sebagai negara di dunia melalui PBB, ASEAN tetap perlu mempromosikan dirinya pada dunia luar. Promosi yang dillakukan oleh ASEAN meliputi sektor perdagangan, pariwisata, dan juga investasi.
  • Penyedian Cadangan Pangan 
Indonesia, thailan, dan juga kamboja dikenal sebagai lumbung pada ASEAN. Sampai sekarang ini, negara-negara tersebut konsisten dalam penyediaan cadangan pengan bagi negara-negara anggota ASEAN. Bentuk kerjasama dalam penyediaan cadangan pangan tidak hanya dilakuan guna kerjasama yang saling menguntungkan, akan tetapi juga dalah keadaan darurat, misalnya ialah saat negara slah satu negara ASEAN sedang mengalami krisis pangan karena bencana.
  • Penyenggaraan Proyek Industri
Sektor industri yang dinaungi oleh negara-negara ASEAN sangat lah beragam. Semua bentuk kerjasama dalam proyek industri yang guna kemajuan bersama negara-negara anggota ASEAN.
  • Kawasan Perdadangan Bebas
AFTA (ASEAN free trade area) adalah bentuk kerja sama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi yang merupakan salah satu persetujuan dalam penggelolaan sektor produksi lokal yang ada di negara-negara ASEAN tanpa terkecuali.
  • Koperasi ASEAN
ASEAN cooperative organization (ACO) adalah salah satu bentuk kerjasama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. Organisasi ini ialah organisasi yang bergerak dalam bidang koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan negara-negara ASEAN.

Negara-Negara Anggota ASEAN
Sekarang, ASEAN beranggotakan semua negara di Asia Tenggara. Berikut ini adalah negara-negara anggota ASEAN.
  1. Filipina (negara pendiri ASEAN)
  2. Indonesia (negara pendiri ASEAN)
  3. Malaysia (negara pendiri ASEAN)
  4. Singapura (negara pendiri ASEAN)
  5. Thailand (negara pendiri ASEAN)
  6. Brunei Darussalam bergabung pada (7 Januari 1984)
  7. Vietnam bergabung pada (28 Juli 1995)
  8. Laos bergabung pada (23 Juli 1997) (Laos dan Myanmar bergabung pada waktu yang sama)
  9. Myanmar bergabung pada (23 Juli 1997) (Laos dan Myanmar bergabung pada waktu yang sama)
  10. Kamboja bergabung pada (30 April 1999)
Kerja sama ASEAN di Bidang Politik
Adapun kerja sama ASEAN dibidang politik ialah sebagai berikut ini:
  • Defense Ministers Meeting
ASEAN defense ministers meeting (ADMM) merupakan bentuk kerjasama di bidang politik negara-negara asean yang merupakan pertemuan rutin diantara menteri keamanan yang ada di negara anggota ASEAN. Pertemuan ini diadakan untuk membahas mengenai kerjasama dan juga diplomasi politik bidang pertahanan dan juga keamanan negara ASEAN.
  • Pengiriman Duta dan Konsulat
Sebagai negara-negara yang menjalin hubungan seccara internasional, perlu adanya pengiriman duta dan juga konsulat sebagai wakil negara di negara-negara ASEAN. Keberadaan duta dan juga konsulat diperlukan untuk mewakili negara asal duta dan konsulat tersebut dalam berdiskusi dan juga menjalankan peran sertanya dalam stabilitas politik di ASEAN.
  • Perjanjian Ektradisi ASEAN
Perjanjian ekstradisi negara ASEAN adalah bentuk kerjasama di bidang politik dalam menangani tersangka kejahatan yang melarikan diri ke kawasan negara-negara di ASEAN. Melalui adanya perjanjian ekstradisi, negara-negara ASEAN bisa melakukan kerja sama untuk mengembalikan tersangka ke negara asalnya untuk menjaga stabilitas politik di negara-negara ASEAN.

Kerja sama di bidang Politik dan Keamanan (militer)
  1. Usaha untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia tenggara ditempuh melalui beberapa penandatanganan dokumen atau kesepakatan berikut ini :ZOPFAN merupakan perjanjian mengenai Kawasan Damai, Bebas, Netral, atau bila di bahasa inggriskan menjadi Zone of Peace, Fredom, ant Naturality. Perjanjian ini dikenalkan dengan Deklarasi Kuala lumpur pada tanggal 27 November 1971.
  2. Perjanjian persahabatan dan kerja sama di Asia Tenggara yang diadakan pada tanggal 24 Februari tahun 1976 di Bali.
  3. Perjanjian kawasan Bebas Senjata Nuklir pada tanggal 15 Desember tahun 1997 di Bangkok, thailand.
  4. Komunitas keamanan ASEAN pada tanggal 7 Oktober tahun 2003 di Bali, Indonesia.
Kerja sama di Bidang Sosial dan Budaya
Kerja sama antar negara ASEAN di bidang sosial dan budaya antara lain bisa mengadakan kegiatan pesta olahraga antar negara di Asia tenggara Seperti Sea Games. Sesuai dengan Deklarasi Kesepakatan ASEAN,  ditetapkan kerja sama yang lebih baiK untuk bidang berikut ini.

Kerja sama di bidang sosial meliputi :
  1. Bidang pembangunan sosial dengan menekan pada kesejahteraan golongan berpendapatan rendah, perluasan kesempatan kerja, serta pembayaran (upah) yang wajar.
  2. Bantuan terutama kepada kaum wanita, dan pemuda dalam usaha usaha pembangunan
  3. Menanggulangi masalah masalah perkembangan penduduk dengan bekerja sama dengan badan badan internasional yang bersangkutan.
  4. Pengembangan sumber daya manusia
  5. peningkatan kesejahteraan
Kerja sama di bidang Kebudayaan dan Penerangan 
  1. Kerja sama di bidang kebudayaan dan penerangan meliputi bantuan kepada para cendekiawan, penulis, artis, dan media massa yang memungkinkan mereka memainkan peranan yang lebih aktif dalam menumpuk rasa kepribadian dan persahabatan regional. Pertukaran atau festival kebudayaan, kesenian dan film.
  2. Perkenalan ASEAN dan negara negara anggotanya melalui sekolah sekolah dan lembaga lembaga pendidikan. Menyebarluaskan pengkajian masalah masalah asia tenggara melalui kerja sama yang lebih erat antara lembaga-lembaga nasional.
  3. Kerja sama ASEAN dalam bidang sosial budaya dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup dengan melibatkan pertisipasi aktif dan semua kalangan terutama wanita, pemuda dan komunitas lokal. Kerja sama ini antara lain dalam bidang kesehatan pengembangan sumber daya manusia, pengembangan budaya dan penanganan masalah sosial.
Ayo Berlatih dan Bereksplorasi!
Tulislah pada peta pikiran berikut. 
Bagan kerja sama indonesia dengan negara asean
Indonesia menjalin kerja sama dengan ASEAN supaya Indonesia semakin berkembang. Indonesia mengenalkan budaya melalui berbagai pertunjukan. Indonesia juga menjalin kerja sama di bidang politik untuk memberantas kejahatan narkoba. Sebagai warga negara yang cinta tanah air, kita harus memberikan dukungan yang positif.

Semangat kerja keras adalah hal yang perlu terus kita kembangkan dalam menghadapi era globalisasi ini. Sebagai pelajar, salah satu kerja keras adalah giat belajar. Belajarlah untuk mencapai cita-citamu. Giat belajar untuk menghadapi era globalisasi.

Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : Apa yang sudah saya pelajari hari ini? Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut? 

Demikian tayangan materi singkat Kerja Sama Indonesia Dengan Negara-Negara ASEAN Di Beberapa Bidang. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menajwab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 90:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

erima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Materi dan Soal Tematik Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 5 dan 6 Tentang Kerja Sama Indonesia Dengan Negara-Negara ASEAN Di Beberapa Bidang Untuk SD Kelas 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Kalian yang belum mengerjakan pembelajaran sebelumnya dapat melihat dan mengerjakannya disini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

2 komentar: