Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Jumat, 06 November 2020

Materi dan Soal Tematik Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4 Tentang Teknologi Hijau dan Cinta Produksi Indonesia Untuk SD Kelas 6

Cinta Produksi Indonesia
Salam Cerdas dan berkarakter. Semangat pagi insan cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur. 

Sebelum pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta lakukan selalu 3 M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta menggunkan masker jika terpaksa harus keluar rumah) di masa pandemi covid-19, agar kita terhindar dari paparannya.

Sebelum pembelajaran dilanjutkan terlebuh dahulu isi dan lengkapi presensi atau absensi melalui aplikasi google form berikut!

Lihatlah rekap absen yang sudah direkam secara otomatis pada form berikut!

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

Sebelum pembelajaran hari ini dilanjutkan, ayo dengar dan nyanyikan lagu wajib Indonesia Raya untuk membangun rasa nasionalisme sebagai generasi cerdas bangsa. Nyanyikanlah dengan khidmat dan penuh semangat secara mandiri di tempat masing-masing.
"percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Pembiasaan selanjutnya yang wajib peserta didik lakukan adalah juga adalah menyanyikan lagu mars Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Lagu ini sangat bermanfaat untuk membangun karakter-karakter yang bermanfaat di masa mendatang. Nyanyikan dengan penuh semangat dan hayati isi lagunya.
Selain pembiasaan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Mars PPK, ada baiknya juga peserta didik melakukan kegiatan LITERASI sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawan diri, juga Menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Topik Pembelajaran kali ini membahas tentang "Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4 Tentang Teknologi Hijau dan Cinta Produksi Indonesia", dengan KOMPETENSI DASAR 
  1. PPKn KD. 3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.
  2. Bahasa Indonesia KD. 3.2 Menggali isi teks penjelasan(eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.
  3. IPA KD. 3.6 Menjelaskan cara menghasilkan,menyalurkan, dan menghemat energi listrik.
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi kalimat efektif dari teks ekplanasi yang dibaca dengan benar 
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis informasi dalam bentuk tulisan dan visual penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan menggunakan kalimat efektif dengan sistematis 
  3. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya cinta produk Indonesia untuk meningkatkan perekonomian bangsa dengan terperinci 
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman cinta produk Indonesia dengan terperinci
  5. Dengan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa mampu menjelaskan manfaat sumber alternatif energi listrik dengan tepat.
  6. Dengan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa mampu menyajikan karya tentang cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik dengan mandiri. 
Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa memebaca di buku paket tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.
Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4 Tentang Teknologi Hijau dan Cinta Produksi Indonesia

Cermati teks eksplanasi berikut ini! 
Teknologi Hijau di Era Globalisasi 
Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kegiatan manusia. Pada era globalisasi ini, kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia karena saling terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia. Disadari atau tidak, kita sering mengabaikan masalah lingkungan. Persoalan lingkungan akibat proses teknologi sudah menjadi masalah yang mendunia. 

Teknologi hijau adalah salah satu jawaban untuk permasalahan ini. Teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). ......................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Fakta membuktikan bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin memburuk. Oleh sebab itu, harus dicari cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.

Ayo mencoba dan berlatih
Lengkapi teks eksplanasi tersebut sehingga menjadi satu teks yang utuh!

Ingat kembali ciri-ciri dari teks eksplanasi:
  • Paragraf 1: Pernyataan umum dari topik masalah yang akan disajikan. 
  • Paragraf 2: Deret penjelas, berisi fakta, pembuktian, proses dari masalah yang disajikaan secara berurutan dan sistematis.
Ayo bekreasi dan bereksplorasi
Nah, sekarang mengapa kita tidak mencoba untuk membuat kompor tenaga surya?
Bukankah negara kita cukup merata limpahan sinar mataharinya? Meskipun tidak bisa menggantikan sepenuhnya energi minyak dan gas bumi, setidaknya bisa menghemat dan mengurangi konsumsi minyak atau gas.

Perhatikan langkah-langkah berikut.
langkah membuat Kompor Sederhana Tenaga Surya 1
langkah membuat Kompor Sederhana Tenaga Surya 2
langkah membuat Kompor Sederhana Tenaga Surya 3
Kalian boleh bereksplorasi mencari di berbagai sumber!

Aku Cinta Produksi Indonesia
Lihat di sekitarmu. Perhatikan baju, sepatu olahraga, atau tas yang kamu dan temanmu gunakan. Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang-barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Terutama kalian yang tinggal di kota-kota besar. Apakah barang-barang yang kalian pakai ada yang dibuat di dalam negeri? Banyak lho, baju-baju, sepatu-sepatu, atau tas-tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri.

Globalisasi membawa kemudahan dalam pertukaran produk. Kemajuan teknologi memotong berbagai biaya yang dibutuhkan dalam pengiriman produk ke negara lain. Dahulu, untuk melindungi produk dalam negerinya dari serbuan produk negara lain, pemerintah memberlakukan pajak yang tinggi untuk produk impor. Oleh karena itu, dahulu produk impor tidak terjangkau oleh masyarakat luas. Harganya mahal. Hanya segelintir masyarakat yang mampu membelinya. Di era globalisasi, tuntutan perdagangan bebas antarnegara mengecilkan kemungkinan untuk memberlakukan pajak yang tinggi. Akibatnya, produk dalam negeri harus rela bersaing dengan berbagai merek produk luar negeri. 

Siapa yang dirugikan jika produk luar negeri lebih diminati oleh masyarakat? Tentunya para pengrajin kreatif dari berbagai pelosok negeri. Teman, kerabat, saudara, atau mungkin orang tua kita sendiri dapat menjadi pengrajin yang merugi.

Siapa yang dapat memelihara kelangsungan produksi dalam negeri? Tentu hanya kita, sang anak negeri. Sudah sepatutnya kita menghargai kreativitas saudara sendiri. Sehingga, ketika suatu hari kamu berbelanja di toko sepatu, dan dihadapkan pada pilihan sepatu buatan Indonesia atau sepatu buatan Amerika, mana yang akan kamu beli? Hanya anak Indonesia yang cinta produksi Indonesia yang akan memilih sepatu produksi dalam negeri.

Identifikasi kalimat tidak efektif. Ubahlah ke dalam kalimat efektif.

Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : Apa yang sudah saya pelajari hari ini? Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut? 

Demikian tayangan materi singkat Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4 Tentang Teknologi Hijau dan Cinta Produksi Indonesia. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menajwab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Materi dan Soal Tematik Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4 Tentang Teknologi Hijau dan Cinta Produksi Indonesia Untuk SD Kelas 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Kalian yang ingin tau dan mengembangkan kompetensi diri terhadap pembelajaran sebelumnya dapat melihat dan mengerjakannya disini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar