Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Kamis, 12 November 2020

Materi dan Soal HOTS Matematika Tentang Keliling dan Luas Bangun Gabungan Lingkaran Untuk SD Kelas 6

keliling dan luas gabungan lingkaran
Salam Cerdas dan berkarakter. Semangat pagi insan cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur. 

Sebelum pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta lakukan selalu 3 M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta menggunkan masker jika terpaksa harus keluar rumah) di masa pandemi covid-19, agar kita terhindar dari paparannya.

Sebelum pembelajaran dilanjutkan terlebuh dahulu isi dan lengkapi presensi atau absensi melalui aplikasi google form berikut!

Lihatlah rekap absen yang sudah direkam secara otomatis pada form berikut!

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

Sebelum pembelajaran hari ini dilanjutkan, ayo dengar dan nyanyikan lagu wajib Indonesia Raya untuk membangun rasa nasionalisme sebagai generasi cerdas bangsa. Nyanyikanlah dengan khidmat dan penuh semangat secara mandiri di tempat masing-masing.
"percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Pembiasaan selanjutnya yang wajib peserta didik lakukan adalah juga adalah menyanyikan lagu mars Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Lagu ini sangat bermanfaat untuk membangun karakter-karakter yang bermanfaat di masa mendatang. Nyanyikan dengan penuh semangat dan hayati isi lagunya.
Selain pembiasaan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Mars PPK, ada baiknya juga peserta didik melakukan kegiatan LITERASI sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawan diri, juga Menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Topik Pembelajaran kali ini membahas tentang Keliling dan Luas Bangun Gabungan Lingkaran, dengan KOMPETENSI DASAR 3.3 Menjelaskan unsur-unsur lingkaran (titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring) dan taksiran keliling dan luas lingkaran.

Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui eksplorasi dari berbagai sumber tentang konsep keliling dan luas bangun gabungan lingkaran, peserta didik dapat menghitung 1 keliling dan luas bangun gabungan lingkaran dengan benar dan terperinci.
Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa memebaca di buku paket tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.
Keliling dan Luas Bangun Gabungan Lingkaran

Konsep dan Keliling Lingkaran 
Pemahaman tentang keliling lingkaran berguna bagi kehidupan sehari hari. Misalnya pemasangan pagar rumah berbentuk lingkaran, menghitung panjang lintasan sepeda atau mengelilingi lapangan yang berbentuk lingkaran termasuk juga menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Keliling lingkaran adalah jarak dari suatu titik pada lingkaran dalam satu putaran hingga kembali ke titik semula. Menghitung keliling lingkaran sama seperti menghitung seluruh tepian suatu lingkaran.

Secara konsep bahwa keliling lingkaran merupakan penjumlahan dari seluruh panjang sisi. jika bangunnya berbentuk lingkaran maka dapat dituliskan rumusnya 2 x Л x r, namun jika bangunya berbentuk 1⁄2 lingkaran, 1⁄4 lingkaran, atau 3⁄4 lingkaran maka tinggal dikalikan saja dengan bagian lingkaran yang dimaksud kemudian ditambahkan dengan ukuran sisi yang bukan bagian lingkaran (bisa berupa jari-jari atau diameter)

Keliling bangun 1⁄2 lingkaran
Keliling 1⁄2 lingkaran = r + r + 1⁄2 (2 x Л x r)
atau 
Keliling 1⁄2 lingkaran = d + 1⁄2 (Л x d)

Contoh 1
Sebuah lingkaran mempunyai jari-jari 14 cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut?

Penyelesaian
Diketahui jari-jari atau r = 14 cm atau d = 2 x r = 28 cm
Л = 22⁄7
Ditanyakan Keliling Lingkara?

K = 2 x Л x r
K = 2 x 22⁄7 x 14 cm
K = 2 x 44 cm
K = 88 cm

Atau

K = Л x d
K = 22⁄7 x 28 cm
K = 22 x 4 cm
K = 88 cm
Jadi keliling lingkaran tersebut adalah 88 cm

Contoh 2
Perhatikan gambar gabungan bangun datar berikut!
Soal keliling gabungan lingkaran
Keliling bangun gabungan sesuai gambar tersebut adalah .... 

Pembahasan
Diketahui diameter 1⁄2 lingkaran besar = 14 cm
Diameter 1⁄2 lingkaran kecil = 7 cm
Ditanyakan keliling?
K = Л x d
K 1⁄2 lingkaran besar = 1⁄2 x Л x d
K 1⁄2 lingkaran besar = 1⁄2 x 22⁄7 x 14 cm
K 1⁄2 lingkaran besar = 22 cm

K 1⁄2 lingkaran kecil = 1⁄2 x Л x d
K 1⁄2 lingkaran kecil = 1⁄2 x 22⁄7 x 7 cm
K 1⁄2 lingkaran kecil = 11 cm

1⁄2 keliling lingkaran adalah garis lengkung

Keliling bangun = 1⁄2 K. lingkaran besar + (2 x 1⁄2 K. lingkaran kecil)
Keliling bangun = 22 cm + (2 x 11 cm ) = 44 cm
Jadi, keliling bangun adalah 44 cm

Luas lingkaran
Luas lingkaran adalah besarnya daerah yang berada di dalam sebuah lingkaran. Untuk menghitung sebuah lingkaran diperlukan konstanta π “phi”. Phi merupakan konstanta dari perbandingan keliling lingkaran K dengan diameter d yang bernilai 22⁄7 atau biasa dibulatkan menjadi 3,14.

Keterangan :
K = keliling lingkaran
d = diameter
r = jari-jari
π = phi (22⁄7 atau 3,14)

Rumus luas lingkaran ditentukan oleh jari-jari yang dimiliki sebuah lingkaran dimana rumusnya adalah
L = π x r²
dimana
r² = r x r

Rumus luas lingkaran ditentukan juga oleh diameter yang dimiliki sebuah lingkaran dimana rumusnya adalah
L = 1⁄4 x π x d²

Contoh 1 :
Perhatikan gambar gabungan bangun datar berikut!
soal luas bangun gabungan lingkaran
Luas daerah yang diarsir sesuai gambar bangun tersebut adalah ....

Penyelesaian
Untuk menentukan luas daerah yang diarsir sesuai gambar tersebut sangatlah mudah. jika diamati lebih teliti, maka gabungan bangun tersebut adalah setengah lingkaran besar + setengah lingkaran kecil - setengah lingkaran kecil yang ukurannya sama

Itu artinya luas daerah yang diarsir = Luas setengah lingkaran besar saja dengan r = 14 cm
Luas setengah lingkaran = ½.π.r²
Luas setengah lingkaran = 1⁄2 x 22⁄7 x 14 cm x 14 cm
Luas setengah lingkaran = 1⁄2 x 22⁄1 x 14 cm x 2 cm
Luas setengah lingkaran = 1⁄1 x 11⁄1 x 14 cm x 2 cm
Luas setengah lingkaran = 11 x 14 cm x 2 cm
Luas setengah lingkaran = 308 cm²

Jadi Luas total bangun gabungan tersebut adalah 308 cm²

Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : Apa yang sudah saya pelajari hari ini? Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut? 

Demikian tayangan materi singkat Keliling dan Luas Bangun Gabungan Lingkaran. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menajwab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. 

Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 
Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Materi dan Soal HOTS Matematika Tentang Keliling dan Luas Bangun Gabungan Lingkaran Untuk SD Kelas 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Kalian yang belum mengerjakan pembelajaran sebelumnya dapat melihat dan mengerjakannya disini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar