Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Senin, 14 Desember 2020

Soal Numerasi Pengukuran Tentang Volume dan Debit Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) SD Level 3 Kelas 5 dan 6

Salam Cerdas dan Berkarakter.

Budaya Literasi
(Cerita insfirasi) Melakukan kegiatan literasi cukup dengan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga Menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Semangat pagi insan kreatif, kolaboratif, dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur.

Kegiatan Penilaian atau assesmen yang dilakukan guru terhadap perkembangan siswa dapat dilakukan dengan beragam bentuk. Salah satu bentuk evaluasi berupa sebuah penugasan kepada siswa dengan cara membuat berbagai macam karya ilmiah, keterampilan, dan karya lainnya.

Bentuk penilaian lainnya dengan menggunakan kegiatan tes kemampuan peserta dengan memberikan soal baik berupa pilihan ganda, isian, menjodohkan, maupun uraian berdasarkan kisi-kisi yang sudah disusun. 

Hasil penilaian baik yang diperoleh dari tes atau penugasan, dapat memberikan kemudahan seorang guru. Kemudahan tersebut berupa perbaikan strategi pembelajaran dan pemahaman materi yang akan diberikan pada peserta didik di program belajar selanjutnya. 

"Ingat, yang terpenting dari penilaian atau evaluasi itu sendiri bukanlah lomba untuk meraih peringkat yang tertinggi. Melainkan sebuah tes yang dilakukan untuk membuat tolak ukur atas kemampuanmu sendiri untuk melangkah ke jenjang pendidikan serta kesuksesan yang lebih tinggi"

Asesmen Nasional resmi menjadi pengganti Ujian Nasional alias UN. Asesmen Nasional nantinya tidak hanya menguji kemampuan siswa saja. Asesmen Nasional akan mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, serta hasil.

Sebagaimana diketahui bahwa Asesmen Kompetensi Mininum (AKM) dilaksanakan tidak berdasarkan atas penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam Ujian Nasional. Ada pula aspek yang masuk dalam Asesmen Nasional di antaranya: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Kerja. 

Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi.

Asesmen kompetensi pengganti Ujian Nasional akan dirancang untuk memberi dorongan lebih kuat ke arah pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan penalaran, bukan sekadar hapalan.

Literasi dan Numerasi merupakan kompetensi yang sifatnya general dan mendasar. Kemampuan berpikir tentang, dan dengan, bahasa serta matematika diperlukan dalam berbagai konteks, baik personal, sosial, maupun profesional. Literasi tidak hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka.

Dua hal tersebut sebagai komponen yang disederhanakan pada pelaksanaan AKM yang rencananya akan dimulai tahun 2021. Literasi dan numerisasi menjadi kompetensi minimum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan peserta didik untuk bisa belajar.

Topik Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kali ini adalah latihan soal numerasi yang dilakukan secara daring untuk siswa level 3 atau kelas 5 dan 6. Latihan soal numerasi daring ini terdiri dari 5 butir soal dengan jenis soal yang beragam. Jenis soal yang disediakan berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, benar salah, menjodohkan, isian singkat dan uraian. Latihan soal numerasi kali ini menyajikan Pengukuran dengan representasi kompetensi yang dikur antar lain:
  1. Mengenal dan menggunakan satuan Luas dan Volume
  2. Mengenal dan menggunakan satuan kecepatan dan debit
Tujuan Kegiatan Numerasi
Asesmen kemampuan numerasi ditujukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam hal numerasi. Siswa akan diuji untuk melihat kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika.

Berikut disediakan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi sebanyak 5 soal. Pastikan memahami pertanyaan terlebih dahulu kemudian tentukan jawaban dengan tepat sesuai petunjuk agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!
1. Uraian
Gede Juli menemukan sebongkah logam tak beraturan, dan ia penasaran ingin mengetahui volume bongkahan logam tersebut. Untuk itu Gede Juli memasukkan bongkahan logam tersebut ke dalam gelas ukur. Ternyata ada perubahan ketinggian permukaan air di dalam gelas ukur seperti gambar berikut.
soal numerasi pengukuran
Untuk menentukan volume bongkahan logam itu, Gede Juli teringat percobaan di sekolah yaitu cara mengukur volume benda tak beraturan. Bagaimanakah cara Gede Juli menghitung volume bongkahan logam tersebut ? Tulislah langkah penyelesaiannya!

2. Pilihan Ganda
Perhatikan gambar berikut!
soal AKM Numerasi pengukuran debit
Volume air yang terbuang seandainya keran air dinyalakan selama setengah menit adalah ....
A. 3000 m3
B. 0,03 m3
C. 0,003 m3
D. 0,006 m3

3. Uraian
Perhatikan gambar berikut!
soal AKM Numerasi pengukuran debit
Seandainya air yang dibiarkan mengalir selama 1 jam tersebut ditampung di dalam sebuah wadah/ember, wadah/ember manakah yang akan kamu gunakan agar dapat menampung seluruh air tersebut?
A. Wadah/ember berkapasitas lebih dari 350 liter.
B. Wadah/ember berkapasitas kurang dari 350 liter.

Jelaskan dengan perhitungan!

4. Uraian Tertutup
Perhatikan gambar berikut!
soal pengukuran luas dan volume
Jika gayung = P dan Gelas = Q, maka isian yang tepat dari pernyataan berikut:
a. Isi 2P + 3Q sama dengan ... gelas.
b. Isi 1⁄2 P x 2Q sama dengan ... gelas

5. Uraian
Perhatikan gambar berikut!
soal pengukuran luas dan volume
Pada sebuah wadah gayung tertulis isi 1.500 ml dan wadah sebuah gelas bertuliskan isi 550 ml. Berapa banyak gelas yang diperlukan untuk menampung lima setengah gayung air di dalamnya?

Temukan jawaban dari pertanyaan tersebut dengan melakukan perhitungan di atas kertas terlebih dahulu, kemudian salin di lembar latihan kalian dilengkapi dengan cara dan jawaban pada setiap nomor pertanyaan!


Terima kasih sudah menyimak dan mengerjakan Soal Numerasi Pengukuran Tentang Volume dan Debit Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) SD Level 3 Kelas 5 dan 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Jika gayung = P dan Gelas = Q, dan 1 gayung = 4 gelas
      maka isian yang tepat dari pernyataan berikut:
      a. Isi 2P + 3Q sama dengan ... gelas.
      (2 x 4) + (3 x 1) = 8 + 3 = 11 gelas

      b. Isi 1⁄2 P x 2Q sama dengan ... gelas
      (1⁄2 x 4) x (2 x 1) = 2 x 2 = 4 gelas

      semoga mengerti dan bermanfaat

      Hapus
  2. Nomor 2 sama 3 gimana caranya?

    BalasHapus
  3. No 3 bagaimana caranya?

    BalasHapus
  4. Nomor 2 bagaimana caranya?

    BalasHapus