Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Kamis, 28 Januari 2021

Pembelajaran Jarak Jauh Matematika Tentang Volume Prisma dan Tabung Untuk Kelas 6 SD

volume prisma dan tabung
Semangat pagi sobat liang dimanapun berada.

Salam Cerdas dan Berkarakter.
Semangat pagi insan cerdas, kolaboratif, dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur.

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca cerita fiksi dan informasi, motivasi, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.

Baca juga cerita isnfirasi yang berjudul Semangkuk Bakso Berlian

Sebelum pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta lakukan selalu 3 M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta menggunkan masker jika terpaksa harus keluar rumah) di masa pandemi covid-19, agar kita terhindar dari paparannya.

Topik Pembelajaran kali ini membahas Mata Pelajaran Matematika Tentang Volume Prisma dan Tabung untuk kelas 6 SD, dengan penguasaan kompetensi dasar 3.4 Menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok.

"Percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca bahan ajar, berdiskusi, dan menggali informasi di berbagai sumber, peserta didik dapat memahami materi ajar dan menentukan 1 volume prisma dan tabung dalam penerapan kehidupan sehari-hari dengan tepat

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa membaca di buku paket tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.

Baca juga materi tentang:

Volume Prisma
Berbagai bangun ruang ini terbentuk dari bangun datar yang berbeda. Nah, kali ini kita cari tahu tentang bangun ruang prisma segitiga, yuk!

Bangun ruang prisma merupakan bangun ruang 3 dimensi yang dibatasi pada dua sisi-sisi segi banyak yang sejajar dan kongruen.
  • Sifat pertama prisma segitiga adalah sebuah bangun ruang dengan dua sisi berhadapan yang berbentuk segitiga yang sama dan sebangun.
  • Kemudian sifat berikutnya dari prisma segitiga adalah memiliki tiga sisi berbentuk persegi panjang.
  • Rusuknya yang berjumlah sembilan dengan titik sudut sebanyak enam titik juga merupakan sifat lain dari prisma segitiga.
Berikut ini adalah beberapa rumus volume prisma segitiga dan panduan dalam mengerjakan soal.
volume prisma segitiga
Rumus Volume = Luas alas x Tinggi Prisma
Rumus Volume = (1/2 x alas segitiga x tinggi segitiga) x Tinggi Prisma

Volume Prisma Persegi = (sisi x sisi) x Tinggi Prisma
Volume Prisma Segiempat = (panjang x lebar) x Tinggi Prisma
Volume Prisma Segilima = (5 x (1/2 x alas segitiga x tinggi segitiga)) x Tinggi Prisma

Contoh soal 1
Sebuah prisma alasnya berbentuk segitiga siku-siku. Tinggi segitiga 18 cm, alasnya 24 cm, dan tinggi prisma tersebut 35 cm. Tentukan volume prisma tersebut!

Penyelesaian
Diketahui t = 18 cm, a = 24 cm, tp = 35 cm

Ditanyakan volume?
V = ½ x alas x tinggi x tinggi prisma
V = ½ x 24 cm x 18 cm x 35 cm
V = 7.560 cm³

Jadi, volume prisma tersebut 7.560 cm³

Contoh soal 2
Sebuah prisma tegak memiliki volume 7.680 cm³. Alas prisma berbentuk segitiga dengan alas 30 cm dan tinggi 16 cm. Tentukan tinggi prisma tersebut?

Penyelesaian
Diketahui V = 7.680 cm³, a = 30 cm, t = 16 cm

Ditanyakan tinggi prisma?
V = ½ x alas x tinggi x tinggi prisma
7.680 cm³ = ½ x 30 cm x 16 cm x tp
7.680 cm³ = 240 cm² x tp
tp = 7.680 cm³ : 240 cm²
tp = 32 cm

Jadi, tinggi prisma tersebut 32 cm

Volume Tabung
Tabung adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki alas dan tutup berupa lingkaran yang sama dan sejajar serta memiliki selimut berupa persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut.
Ketika kalian melihat benda-benda seperti kayu yang terpotong, drum, pipa, bambu dan benda dengan bentuk yang sama termasuk dalam bentuk tabung.
menentukan volume tabung
Bentuk tabung memiliki ciri-ciri yang berbeda dari bentuk lainnya yaitu:
  • Memiliki 2 buah rusuk.
  • Memiliki alas dan tutup yang berbentuk lingkaran.
  • Memiliki 3 bidang sisi yaitu alas, tutup dan selimut.
Rumus volume tabung
Jika sebuah tabung diisikan air, maka jumlah air yang dibutuhkan untuk mengisi tabung tersebut sampai penuh dinyatakan sebagai volume tabung.

Volume tabung adalah kapasitas ruang yang mampu ditampung oleh tabung. Rumus volume tabung yaitu :
Volume Tabung = Luas Alas x Tinggi Tabung
Karena alas tabung berupa lingkaran, maka
Volume Tabung = Luas lingkaran x Tinggi Tabung
Volume Tabung = Luas lingkaran x Tinggi Tabung

Volume Tabung = π x r² x t

Keterangan :
π   = (phi) = 22/7 atau 3,14
v   = volume tabung
r    = jari-jari = 1/2 dari diameter
t    = tinggi tabung

Contoh soal 1
Perhatikan gambar berikut!
soal volume tabung
Volume bangun ruang sesuai gambar tersebut adalah ....

Penyelesaian
Diketahui d = 14 cm, r = 7 cm, dan tinggi = 35 cm
Ditanyakan volume?
V = π x r² x t
V = 22/7 x (7 cm)² cm x 35 cm
V = 5.390 cm³

Jadi, volume tabung tersebut 5.390 cm³

Contoh soal 2
Putu Gunawan memiliki kaleng berdiameter 14 cm dan tingginya 21 cm. Kaleng tersebut diisi dengan minyak tanah sebanyak 10 liter. Banyaknya minyak tanah yang tumpah adalah ....

Penyelesaian
Diketahui d = 14 cm, r = 7 cm, dan tinggi = 21 cm
Minyak tanah = 10 liter
Ditanyakan minyak yang tumpah?

Volume kaleng = Volume tabung
Volume kaleng = π x r² x t
Volume kaleng = 22/7 x (7 cm)² x 21 cm
Volume kaleng = 3.234 cm³
Volume kaleng = 3,234 liter

Minyak tanah yang tumpah = 10 liter - 3,234 liter
Minyak tanah yang tumpah = 6,766 liter
Jadi, minyak tanah yang tumpah sebanyak 6,766 liter

Penugasan individu untuk meningkatkan keterampilan numerasi dalam penerapan kehidupan sehari-hari (Kerjakan di buku latihanmu!)
  1. Sebuah prisma alasnya berbentuk segitiga siku-siku. Tinggi segitiga 24 cm, alasnya 36 cm, dan tinggi prisma tersebut 49 cm. Tentukan volume prisma tersebut!
  2. Luh Pratiwi memiliki drum berdiameter 28 cm dan tingginya 35 cm. Drum tersebut diisi dengan minyak tanah sebanyak 21 liter. tentukan banyaknya minyak tanah yang tumpah!
Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : Apa yang sudah saya pelajari hari ini? Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut?

Demikian tayangan materi singkat Pembelajaran Jarak Jauh Matematika Tentang Volume Prisma dan Tabung Untuk Kelas 6 SD. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menjawab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form.

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir. Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri"

Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!

Klik Saja untuk kalian yang penasaran dan tertantang mengerjakan soal formatif tentang :

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!


Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Pembelajaran Jarak Jauh Matematika Tentang Volume Prisma dan Tabung Untuk Kelas 6 SD, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar