Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Jumat, 19 Maret 2021

Manfaat Mengenalkan Lagu Daerah pada Anak

Manfaat Mengenalkan Lagu Daerah pada Anak
Berbagai penelitian ilmiah membuktikan bahwa mengenalkan musik dapat memberikan manfaat positif bagi tumbuh kembang si kecil. Salah satu riset mengungkapkan bahwa siswa yang ikut pelajaran musik mengalami peningkatan kecerdasan intelektual dan emosional. Untuk itu, penting mengenalkan musik sejak dini pada anak.

Musik klasik dinilai memberi rangsangan yang paling baik terhadap sel otak. Namun stimulasi dari jenis musik lainnnya juga diperlukan, salah satunya musik tradisional. Sebagai negara multietnis, kita memiliki begitu banyak lagu daerah dengan beragam musikalitas, di antaranya lagu

Putri Cening Ayu, Bungan Sandat, Ampar-ampar Pisang, Injit-injit Semut, Cublak-cublak Suweng, dan masih banyak lagu daerah lainnya kurang lebih 439 lagu daerah dari seluruh Indonesia.

Dengan mengenalkan lagu daerah kepada generasi penerus, Kita turut melestarikan warisan budaya leluhur. Beberapa manfaat dari mengenalkan lagu daerah pada anak berikut ini:

1. Mengenalkan ragam budaya
Melalui lagu daerah dan musik tradisional, kalian bisa sekaligus mengenalkan ragam budaya negeri ini. Sambil mengajarkan lagu daerah tertentu, kalian bisa menceritakan pula tentang adat istiadat daerah tersebut, termasuk alat musik, tarian, dan pakaian adat.

2. Memetik pesan positif
Sambil mengajarkan lagu daerah kepada si kecil, Anda bisa menjelaskan cerita atau pesan di balik syair lagu tersebut. Salah satu contohnya adalah lagu “Si Patokaan” dari Minahasa yang menceritakan tentang kisah seorang ibu yang harus meninggalkan anak kesayangannya untuk mencari nafkah.

3. Memperkaya musikalitas anak
Dengan mendengarkan lagu daerah dan musik tradisional kepada anak, berarti Anda mengenalkan beragam jenis musik. Sehingga wawasan musikalitas anak semakin kaya.

4. Tumbuhkan percaya diri dan kreativitas
Saat bernyanyi, anak bebas mengekspresikan diri dan mengasah kreativitasnya. Dengan kemampuan mengekspresikan diri, kelak anak menjadi percaya diri.

5. Meningkatkan kecerdasan emosi
Dengan membiasakan anka mendengarkan musik daerah, orang tua dapat membantu kemampuan anak dalam mengelola rasa dan emosi yang berdampak positif pada psikologisnya. Bila anak mendengarkan musik yang riang, maka suasana hati menjadi riang.

Sebagai referensi lagu daerah beserta asal daerahnya dapat kalian temukan disini!

Terima kasih sudah berkunjung di halaman blog ini serta membaca Manfaat Mengenalkan Lagu Daerah pada Anak. Semoga isi halaman blog ini menginsfirasi dan menjadi referensi belajar yang positif. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter!

0 comments:

Posting Komentar