Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Kamis, 21 April 2022

Cara Astronaut Bertahan Hidup Di Pesawat ISS: Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 6

Cara astronaut bertahan hidup di pesawat iss
Bertahan hidup di Bumi menjadi sesuatu yang biasa. Bahkan di tempat ekstrem seperti hutan, pegunungan, laut, dan gurun pun, manusia masih bisa bertahan hidup dengan berbagai cara. Tapi bagaimana kalau para astronaut harus bertahan hidup di luar Bumi?

Tinggal di luar Bumi tidak selalu sulit. Di sisi lain, ada banyak pengalaman menarik yang bisa didapat seorang astronaut. Selain merasakan tinggal di luar angkasa, para astronaut juga bisa melihat pemandangan yang tidak biasa. Sekadar informasi, pesawat International Space Station mengelilingi Bumi dengan cepat yaitu sekitar 17.000 mph. Karena itu tidak heran jika di ISS, siang dan malam datang dengan cepat. Dalam satu hari, para astronaut bisa melihat matahari terbit setiap 92 menit sekali.

Mereka hanya menyantap makanan kering dan beku. Mereka tidak bisa memasak, tim dari NASA akan menyiapkan makanan tersebut dan dibawa saat astronaut pergi ke ISS. Agar tetap awet, makanan dibekukan dan kering. Ketika akan memakannya, para astronaut akan menambahkan sedikit air dan memasukkannya ke oven untuk dihangatkan sebelum dimakan.

Sedangkan minum, astronaut meminum satu liter setengah air dan satu liter lagi dalam makanan. Yang mengejutkan adalah, setengah air yang mereka minum merupakan urine dan keringat yang sudah didaur ulang sehingga bisa diminum lagi.

Aktivitas di kamar mandi adalah yang paling sulit. Aktivitas di kamar mandi jadi sangat berbeda. Selain ukuran yang lebih kecil, mereka juga mandi tanpa menggunakan air. Kamar mandi di ISS dilengkapi dengan sabun dan shampo khusus yang tidak membutuhkan air. Setelah bersih, tubuh dilap dengan handuk kering.

Untuk urusan buang air, kamar mandi ISS tidak memiliki saluran pembuangan sehingga kotoran para astronaut akan dibuang bersama sampah lain ke Bumi. Tenang, sampah-sampah tersebut tidak akan pernah menyentuh daratan Bumi karena begitu dibuang, sampah akan masuk ke atmosfer dan terbakar dengan sendirinya.

Nah itulah sekilah cara para astronaut bertahan hidup di pesawat luar angkasa. Yuk temukan informasi dan kegiatan seru berikut ya!!!

Salam Sehat dan Cerdas!

Kembali lagi sobat solusi menyapa insan cerdas yang kreatif dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur.

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca cerita fiksi dan informasi, motivasi, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.


Sebelum pembelajaran daring dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Topik Pembelajaran kali ini membahas Muatan Pelajaran Tematik Tema 9 (Menjelajah Angkasa Luar) Subtema 3 (Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa) Pembelajaran 6 untuk kelas 6 SD, dengan penguasaan kompetensi dasar (KD):
  1. PPKn KD. 3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
  2. Bahasa Indonesia KD. 3.10 Mengaitkan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita fiksi dengan pengalaman pribadi
  3. IPA KD. 3.7 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya. 
  4. IPS KD. 3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. 
  5. SBdP KD. 3.4 Memahami patung

Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca bahan ajar, berdiskusi, dan menggali informasi di berbagai sumber, peserta didik dapat memahami materi ajar dan mengembangkan kompetensi diri melalui kolaborasi praktik baik dalam penerapan kehidupan sehari-hari dengan tepat

+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa membaca di buku paket Tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.

Tema 9 (Menjelajah Angkasa Luar) Subtema 3 (Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa) Pembelajaran 6
Kehidupan di angkasa luar sangat memerlukan kerja sama baik antar anggota di dalam misi angkasa luar maupun dengan tim yang ada di Bumi. Setiap keputusan diambil bersama untuk memastikan semua rencana dapat dilaksanakan dengan baik.

Bentuk-bentuk kerja sama ada di mana-mana di dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu bentuk kerja sama masyarakat yang paling mudah ditemukan adalah kegiatan kerja bakti. Pernahkah kamu mengalaminya? Simak cerita fiksi berikut ya!

Lingkungan Bersih
Adzan Subuh menggema, aku langsung bangun pada waktu itu juga. Setelah salat Subuh aku langsung ganti pakaian dan lekas berolahraga pagi. Setelah tadi malam hujannya sangat deras, pagi ini udaranya sangat dingin dan sejuk. Pagi ini cerah tanpa adanya polusi udara dan udara makin sejuk. Waktu sudah menunjukkan pukul 05:00 aku langsung pulang. Bertepatan hari ini adalah hari Minggu, aku dan teman-temanku akan bersepeda bersama sama menikmati Minggu pagi yang sejuk.

Setiap Minggu, jalan utama di kotaku selalu diadakan Car Free Day. Hanya sepeda yang boleh berkendara. Kendaraan bermotor tidak boleh melewati jalan itu. Semua orang mendukung kegiatan itu, karena dapat mengurangi polusi lingkungan.

Waktu sudah menunjukkan pukul 08:00 aku langsung pulang. Setelah sampai di rumah, warga kampung melakukan kerja bakti membersihkan kampung. Aku dan teman-teman langsung membantu kerja bakti. Ternyata sampah-sampah banyak menyumbat selokan. Setelah dibersihkan alirannya menjadi lancar, dan tidak akan khawatir terkena banjir. Kampungku juga melakukan penghijauan dengan menanam tumbuhan di pot-pot, setiap rumah harus memiliki minimal satu atau dua tanaman Kampungku menjadi bersih dan hijau.

Di kotaku juga dilakukan kegiatan membersihkan sungai agar aliran sungai-sungai menjadi lancar dan tidak terkena banjir seperti kota-kota besar lainnya. Pemerintah dan masyarakat juga semangat dengan kegiatan itu. Bahkan walikota juga turun membersihkan lingkungan. Selain sungai-sungai, pemerintah kota juga mengadakan penghijauan lingkungan. Nanti jika kampung itu bagus, bersih, dan hijau, kampung itu akan didatangi oleh walikota. Penghijauan itu berfungsi sebagai penghasil oksigen dan mengurangi polusi udara.

+-+-+-+-+
Untuk dapat bekerja sama, setiap anggota kelompok perlu untuk memiliki keterampilan dan berperan aktif di dalamnya. Beberapa keterampilan harus dilatih dan dikembangkan. Kali ini kamu akan mengembangkan keterampilan untuk membuat patung seperti yang telah kamu pelajari sebelumnya. Simaklah bacaan dan petunjuk di bawah ini.

Membuat Patung dengan Teknik Konstruksi
Teknik konstruksi adalah cara membuat patung dengan cara menyusun bahannya, baik dengan kerangka maupun tanpa kerangka, sehingga dihasilkan bentuk yang diinginkan. Cara menyusunnya dapat direkatkan dengan lem, dilepa, atau dipatri. Bahannya seperti semen, pasir, kawat besi, plastisin, bubur kertas, dan sebagainya. Teknik ini biasa digunakan dalam pembuatan rumah, candi, miniatur, dan sebagainya.

Patung-patung yang kamu lihat di sekelilingmu biasanya dibuat dengan tema-tema tertentu seperti tema manusia, tumbuhan, binatang, dan sebagainya. Setiap tema dibuat sesuai para seniman atau pengrajinnya masing-masing. Beragamnya tema tentu akan beragam pula bentuk patung yang dibuat. Misalnya, patung konstruksi bertema manusia dapat dibuat menyerupai manusia. Sebagai contoh yaitu robot.

Membuat Patung Konstruksi Berdasarkan Tema
Patung-patung yang kamu lihat di sekelilingmu biasanya dibuat dengan tema-tema tertentu. Ada yang temanya manusia, tumbuhan, binatang, benda langit, atau bahkan bertema kontemporer. Para seniman memilih tema tertentu sesuai dengan keinginannya. Kadang-kadang mereka membuatnya sesuai dengan keinginan orang lain yang meminta bantuannya untuk membuat patung tersebut. Lihatlah sekelilingmu, apakah kamu dapat menjelaskan tema patung-patung yang ada di sekitarmu?

Tema manusia, binatang dan tumbuhan merupakan tema yang telah dikembangkan bahkan ejak zaman purbakala. Hal ini disebabkan tema ini merupakan tema yang paling lekat dengan kehidupan manusia dari zaman ke zaman. Demikian juga dengan seni kerajinan patung yang menggunakan teknik konstruksi. Tema-tema manusia, binatang, dan tumbuhan sering digunakan, tentu saja dalam bentuk yang berbeda. Misalnya, patung konstruksi manusia dapat berupa robot yang menyerupai manusia.
patung konstruksi
Jika kamu perhatikan dengan baik, patung robot tersebut dibuat dengan menggunakan bahan dari botol plastik, tutup botol plastik, dan bola ping pong. Patung tersebut dirangkai tanpa menggunakan lem, tetapi menggunakan pengikat dari plastik. Gambar kedua berupa kepala binatang, dibuat dengan bahan kertas kardus yang dibentuk dan kemudian dirangkai seperti puzzle. Biasanya teknik ini tidak memerlukan lem, hanya dirangkai dan dikaitkan satu dengan yang lain. Sedangkan gambar ketiga berbahan kertas dengan teknik yang kurang lebih sama dengan teknik yang digunakan pada Gambar 2.

+-+-+-+-+
Persatuan dan kesatuan bangsa selayaknya harus dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Artinya apa yang kita lakukan baik di dalam keluarga, sekolah, atau masyarakat tidak boleh menimbulkan perpecahan. Kita harus sadar akan pentingnya pergaulan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan ataupun kedudukan sosial.

Dengan demikian, persatuan dan kesatuan akan semakin kukuh dan mantap. Contoh perilaku menjunjung persatuan dan kesatuan yaitu berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan teman. Jika kita melakukan hal ini, maka kita akan memiliki banyak teman. Usaha untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dapat dilakukan dengan meningkatkan pertemanan tidak hanya di sekolah, melainkan di lingkungan masyarakat ataupun di tempat yang lain.

Kolaborasi dan Praktik Baik
Kerjakan pertanyaan berikut untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan kompetensi literasimu dalam penerapan kehidupan sehari-hari! (Kerjakan di buku latihanmu dengan menyertai tanda tangan orang tua!)
  1. Amatilah lingkungan di sekolahmu! Adakah perbedaan suku, ras, maupun agama antar temanmu? Apakah kalian saling menjaga persatuan dan kesatuan? Dari hasil pengamatanmu tersebut, analisislah hal-hal yang kalian lakukan yang dapat menjaga adanya rasa persatuan dan kesatuan di sekolah! Analisis juga hal-hal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan antarteman di sekolah!
  2. Kamu sudah membaca cerita dengan judul Lingkungan Bersih tersebut dengan baik, bukan? Peristiwa apa yang terjadi dalam cerita tersebut? Apakah kamu memiliki pengalaman pribadi yang serupa dengan cerita fiksi tersebut? Tuliskan pengalaman pribadi yang serupa dengan cerita fiksi tersebut pada buku tugasmu! Setelah itu ceritakan kepada teman-temanmu!
  3. Buatlah sebuah patung konstruksi dengan tema manusia atau hewan. Gunakan bahan-bahan bekas!
+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : 
Apa yang sudah saya pelajari hari ini? 
Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? 
Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut?

Demikian tayangan materi singkat Pembelajaran Jarak Jauh Tematik Tema 9 (Menjelajah Angkasa Luar) Subtema 3 (Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa) Pembelajaran 6 untuk Kelas 6 SD. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menjawab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form.


Baca dan ikuti petunjuk soal yang disediakan. Jawab soal berikut dengan cermat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki.

Waktu pengerjaan: 90:00 Menit!


Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Pembelajaran Tema 9 (Menjelajah Angkasa Luar) Subtema 3 (Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa) Pembelajaran 6 untuk Kelas 6 SDIsi postingan ini tentu belum lengkap dan memberikan pembelajaran bermakna. 

Untuk itu, kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas situs www.liangsolusi.com ini. Semoga materi dan evaluasi yang kami sajikan bermanfaat untuk kita semua. Salam solusi!

Kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan postingan ini di media sosial kalian! Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#Belajardarimanasaja

0 comments:

Posting Komentar