Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Jumat, 15 April 2022

Soal AKM Numerasi Tentang Bilangan Untuk Sekolah Dasar

Soal akm numerasi tentang bilangan
Berikut ini adalah soal numerasi matematika tentang bilangan. Semoga soal numerasi ini dapat dijadikan referensi untuk belajar khususnya adik-adik kelas tinggi serta dapat meningkatkan kemampuan bernalar!

Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D di depan jawaban yang paling benar!
1. Perhatikan info grafis berikut.
Soal akm numerasi tentang bilangan
Komang Eka adalah seorang pedagang kain di sebuah pasar tradisional dekat pantai. Saat ini, persediaan kain tinggal sedikit. Komang Eka akan membeli kain di pasar besar terletak di pusat kota. la mengunjungi tiga toko yang menawarkan kain dengan harga seperti gambar tersebut.

Komang Eka memastikan kain yang ditawarkan oleh ketiga toko tersebut memiliki merk, ukuran, dan bahan yang sama. Di toko mana sebaiknya Komang Eka membeli kain agar memperoleh keuntungan terbesar dan toko mana yang sebaiknya dihindari karena memperoleh keuntungan terkecil secara berturut-turut?
A. Toko Liang dan Toko Solusi.
B. Toko Liang dan Toko Cerdas.
C. Toko Solusi dan Toko Cerdas.
D. Toko Solusi dan Toko Liang.

2. Seorang atlet lompat jauh sedang berlatih untuk persiapan lomba seperti pada gambar berikut.
Soal akm numerasi tentang bilangan
la melakukan enam kali lompatan. Jarak lompatan yang telah dicapai atlet tersebut dari lompatan pertama hingga keenam berturut turut adalah 653 cm, 645 cm, 643 cm, 635 cm, 634 cm, dan 654 cm. Berdasarkan informasi pada teks tersebut, lompatan terpendek yang dicapai atlet tersebut saat latihan terjadi pada lompatan ....
A. ketiga
B. keempat
C. kelima
D. keenam

3. Seorang atlet lompat jauh sedang berlatih untuk persiapan lomba seperti pada gambar berikut.
Soal akm numerasi tentang bilangan
la melakukan enam kali lompatan. Jarak lompatan yang telah dicapai atlet tersebut dari lompatan pertama hingga keenam berturut turut adalah 653 cm, 645 cm, 643 cm, 635 cm, 634 cm, dan 654 cm. Pernyataan yang benar sesuai informasi yang terdapat pada teks tersebut adalah ....
▢ Selisih posisi lompatan di antara jarak lompatan yang merupakan bilangan genap jika disajikan pada garis bilangan adalah 5 satuan.
▢ Jarak lompatan terpendek pertama hingga ketiga jika ditotal menjadi 12,19 dm.
▢ Jarak lompatan terpendek dan lompatan terjauh jika ditotal menjadi 12,88 dm.
▢ Perbedaan jarak lompatan kedua terpendek dengan terjauh adalah 19 dm.

4. Ibu membuat pizza sebanyak dua loyang. Kedua pizza tersebut masing-masing dipotong sama besar dengan pembagian seperti tampak pada gambar berikut.
Soal akm numerasi tentang bilangan
Di rumah terdapat Ibu, Ayah, Gauri, Arkanza, dan Eka. Ibu berkata kepada Eka bahwa pizza pertama dibagi rata untuk anak-anak. Sementara, pizza kedua dibagi rata untuk Ibu, Ayah, dan Eka.

Pernyataan yang benar sesuai informasi yang terdapat pada teks dan gambar tersebut adalah ....
▢Jika pizza untuk Ibu, Ayah, dan Eka diberikan kepada Gauri untuk dibagikan kepada teman-temannya, besar pizza Gauri adalah 1 2⁄10 bagian.
▢ Jumlah pizza yang diperoleh Ibu dan Ayah sebesar 2⁄3 bagian dari pizza kedua.
▢ Dari pizza kedua, setiap orang memperoleh 2⁄3 bagian
▢ Arkanza memperoleh 1⁄2 bagian dari pizza pertama

5. Sekelompok perkumpulan keluarga mengadakan arisan yang diikuti oleh beberapa anggota. Peserta arisan ada 8 orang dengan iuran sebesar Rp200.000,00 per bulan. Arisan tersebut akan diundi setiap bulan untuk satu orang pemenang. Oleh karena pandemi Covid-19, uang arisan dikumpulkan dengan cara mentransfer uang ke rekening Bank A milik Pak Gede Sumerta yang merupakan pemegang uang arisan. Ada tiga peserta yang tidak memiliki rekening Bank A, sehingga uang arisan ditransfer kepada Pak Gede Sumerta melalui rekening bank lain. Saat Pak Ngurah memperoleh arisan, ia berencana membeli sebuah gawai canggih seharga Rp3.200.000,00.

Nyatakan benar atau salah pada setiap pernyataan yang sesuai informasi teks tersebut.
Soal akm numerasi tentang bilangan

👇👇👇

Terima kasih sudah memahami dan berlatih mengerjakan Soal AKM Numerasi Tentang Bilangan Untuk Sekolah Dasar. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bermanfaat disertai lebih cerdas dan berkarakter.

0 comments:

Posting Komentar