Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Sabtu, 29 April 2023

Soal PAT/UAS Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) Kelas 5 Semester 2

Lingkungan merupakan hal yang sangat penting untuk kita jaga kelestariannya. Adanya perubahan iklim global dan kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini menjadi bukti betapa pentingnya peran kita dalam menjaga kelestarian lingkungan. Berikut ini adalah beberapa materi lingkungan yang bisa menjadi sahabat kita:

Pemanfaatan energi terbarukan Pemanfaatan energi terbarukan seperti energi matahari, air, dan angin sangat penting untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang tidak terbarukan dan berdampak pada emisi gas rumah kaca yang merusak lingkungan.

Pengolahan limbah yang ramah lingkungan Limbah yang dihasilkan oleh manusia harus diolah dengan baik agar tidak merusak lingkungan. Dalam hal ini, teknologi pengolahan limbah yang ramah lingkungan seperti sistem daur ulang dan pengolahan limbah organik dapat menjadi solusi yang baik.

Pengurangan penggunaan plastik sekali pakai Penggunaan plastik sekali pakai yang berlebihan sangat merusak lingkungan. Oleh karena itu, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan beralih ke bahan yang ramah lingkungan seperti kantong belanja reusable dapat membantu mengurangi kerusakan lingkungan.

Penghijauan kota Penghijauan kota seperti menanam pohon dan taman kota dapat membantu mengurangi polusi udara dan memperbaiki kualitas udara di sekitar kita.

Konservasi air Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting dan harus dijaga kelestariannya. Kita dapat melakukan konservasi air dengan mengurangi penggunaan air di rumah dan menggunakan teknologi yang efisien dalam penggunaan air seperti toilet berteknologi rendah dan shower dengan sistem penghemat air.

Mendukung program daur ulang Program daur ulang sangat penting untuk menjaga lingkungan. Dengan mendukung program daur ulang, kita dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir dan memperpanjang usia pakai barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi Penggunaan kendaraan pribadi berkontribusi besar pada polusi udara. Kita dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dengan menggunakan transportasi umum, berjalan kaki, atau bersepeda.

Semoga materi lingkungan di atas dapat membantu kita dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menjadi sahabat kita.

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban yang dianggap paling benar!
1. Indonesia terdidiri dari berbagai suku bangsa sehingga memiliki keaneka ragaman budaya, salah satu keragaman budaya yang ada di Indonesia adalah….
A. rumah adat
B. agama
C. warna kulit
D. pekerjaan

2. Keragaman budaya yang kita miliki harus dilestarikan supaya tetap lestari, Salah satu upaya melestarikan tarian daerah dapat dilakukan dengan cara….
A. mempelajari tarian daerah
B. mempelajari semua budaya asing
C. menolak semua budaya asing tanpa kecuali
D. mengganti semua budaya dengan budaya asing

3. Letak geografis wilayah Indonesia menyebabkan Indonesia memiliki banyak suku bangsa sehingga Indonesia terkenal akan keragaman….
A. budaya
B. agama
C. suku
D. sosial

4. Sikap toleransi dapat menciptakan kerukunan dimasyarakat, berikut ini yang mencerminkan sikap toleransi atas keragaman sosial ditunjukkan dengan tindakan….
A. ikut festival pakaian adat
B. mempelajari bahasa daerah lain
C. menonton pertunjukan tarian daerah
D. memberi kesempatan beribadah kepada umat beragama lain

5. Sebagai makhluk sosial manusia tidak dapat hidup sendiri, oleh sebab itu manusia harus hidup rukun dengan sesamanya, salah satunya adalah dengan menghargai usaha orang lain. Menghargai usaha orang lain mencerminkan sikap…atas keberagaman sosial dalam masyarakat.
A. bersyukur
B. toleransi
C. kreatif
D. rendah hati

6. Indonesia terkenal akan banyak budaya, jika dilihat dari jenisnya kebudayaan di Indonesia dikelompokan menjadi 2 jenis kebudayaan, yaitu kebudayaan jasmani dan kebudayaan rohani. Contoh kebudayaan rohani adalah….
A. ideologi
B. arsitektur bangunan
C. alat musik tradisional
D. pakaian adat daerah

7. Salah satu sikap yang dikembangkan untuk menghadapi keberagaman adalah toleransi. Toleransi atas keragaman sosial ditunjukkan dengan tindakan….
A. mengikuti festival pakaian adat
B. mempelajari bahasa daerah lain
C. menonton pertunjukan tarian daerah
D. memberi kesempatan beribadah kepada umat lain

8. Di lingkungan masyarakat keragaman sosial budaya memberikan banyak manfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Berikut ini salah satu pentingnya keragaman sosial budaya dalam kehidupan bermasyarakat adalah….
A. menunjukkan perbedaan
B. menguatkan prilaku diskriminasi
C. mempererat persatuan dan kesatuan
D. memberikan kesempatan untuk bersaing

9. Keberagaman sosial budaya di Indonesia merupakan kekayaan bangsa yang harus kita jaga karena mampu menciptakan pengaruh yang positif dalam bermasyarakat oleh sebab itu diperlukan kesadaran akan arti penting keberagaman sosial budaya, di bawah ini yang bukan merupakan arti penting keragaman sosial budaya adalah….
A. menjunjung nilai kebersamaan
B. menumbuhkan rasa cinta tanah air
C. mempererat persatuan dan kesatuan
D. menumbuhkan persaingan usaha yang sehat

10. Dilihat secara geografis Indonesia merupakan negara kepulauan, hal tersebut menyebabkan Indonesia memiliki berbagai macam perbedaan seperti pakaian adat, rumah adat, senjata tradisional, dan tari-tarian merupakan bentuk keragaman….
A. ras
B. agama
C. sosial
D. budaya

11. Pada teks fiksi dan nonfiksi terdapat tahapan peristiwa yang berurutan dari awal cerita hingga akhir. Tahapan urutan peristiwa pada teks fiksi yang benar berikut ini adalah ….
A. pengenalan situasi, pengungkapan peristiwa, puncak konflik, penyelesaian konflik, akhir cerita, pemunculan konflik.
B. pengungkapan peristiwa, pemunculan konflik, pengenalan situasi, puncak konflik, penyelesaian konflik, akhir cerita
C. pengenalan situasi, pengungkapan peristiwa, pemunculan konflik, puncak konflik, penyelesaian konflik, akhir cerita
D. pengungkapan peristiwa, pemunculan konflik, puncak konflik, pengenalan situasi, penyelesaian konflik, akhir cerita

Perharikan paragraf berikut untuk menjawab soal no. 12 dan 13!
Alat Pembuat Garam

Alat pembuat garam berhasil dibuat oleh Putu. Alat tersebut dapat digunakan meskipun cuaca mendung. Alat tersebut memiliki aki yang berfungsi untuk menyimpan energi matahari. Oleh karena itu, meskipun cuaca mendung, alat tersebut tetap mampu menghasilkan garam.
12. Teks tersebut merupakan jenis teks….
A. fiksi karena teks berisi khayalan
B. nonfiksi karena teks berisi kejadian faktual
C. fiksi karena teks hanya berupa opini
D. nonfiksi karena teks bersumber dari dongeng

13. Apa manfaat alat yang diceritakan pada teks tersebut?
A. untuk menyimpan panas matahari
B. sebagai menampung garam saat cuaca mendung
C. untuk menahan matahari supaya tidak mendung
D. tempat membuat garam walaupun cuaca mendung

14. Setiap karangan yang berasal dari pemikiran dan pengamatan sesorang harus didukung oleh sesuatu yang nyata kemudian disusun secara rapi dan sistematis. Karangan yang disusun berdasarkan fakta, realita, atau peristiwa yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari hari disebut….
A. teks fiksi
B. cerita
C. teks non fiksi
D. dongeng

15. Rangkaian cerita dari sebuah buku, film, atau drama harus menarik agar pembaca tertarik terhadap cerita yang disajikan. Jalan sebuah cerita menjadi pengiring untuk mengembangkan imajinasi yang disajikan. Melalui lika-liku kejutan dalam cerita, menjadi kekuatan terbesar dari buku atau drama. Urutan peristiwa dalam suatu cerita disebut….
A. tokoh
B. alur
C. tema
D. latar

16. Pemecahan masalah adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan cara mendefinisikan masalah, menentukan penyebab utama dari suatu permasalahan, mencari sebuah solusi dan alternatif untuk pemecahan masalah, mengimplementasikan solusi tersebut sampai masalah benar-benar dapat terselesaikan. Tahapan alur berupa solusi atas masalah yang terjadi disebut….
A. perkenalan
B. penyelesaian
C. masalah
D. pemunculan masalah

Perhatikan bacaan berikut untuk menjawab soal no. 17 sampai 19!
Persedian air bersih semakin berkurang dikarenakan beberapa faktor. Pertama, banyak lahan yang kini dibangun untuk permukiman dan industri. Kedua, banyak industri yang membuang limbah ke sungai. Ketiga, banyak pohon ditebangi. Perilaku tersebut membuat air tidak bisa diserap oleh tanah. Dengan demikian, persedian air di dalam tanah akan berkurang.

17. Paragraf di atas menunjukkan urutan peristiwa berdasarkan….
A. kausal
B. kronologi
C. tema cerita
D. urutan waktu

18. Ide pokok paragraf di atas adalah….
A. lahan hijau semakin berkurang
B. limbah industri dibuang ke sungai
C. perilaku yang menyebabkan berkurangnya persedian air bersih
D. beberapa faktor yang menyebabkan berkurangnya persedian air bersih

19. Informasi penting yang terdapat dalam paragraf tersebut kecuali….
A. pohon banyak ditebangi
B. persedian air bersih berlimpah
C. lahan hijau dibangun untuk permukiman
D. banyak industri yang membuang limbah ke sungai

20. Perhatikan contoh teks di bawah ini!
i. skripsi 
ii. makalah
iii. komik
iv. artikel
v. legenda
vi. dongeng

Dari contoh teks di atas yang termasuk contoh teks fiksi adalah….
A. i, ii, v
B. i, ii, iv
C. ii, iii, vi
D. iii, v, vi

21. Siklus air atau siklus hidrologi merupakan sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui proses kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi. Tahapan siklus air yang terjadi pada air laut yang disinari cahaya matahari adalah….
A. evaporasi
B. presipitasi
C. kondensasi
D. transpirasi

22. Reboisasi adalah kegiatan menanam pohon kembali agar alam menjadi hijau dan biasanya dilakukan di hutan yang sudah menjadi gundul agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kegiatan reboisasi di lahan-lahan kosong dapat memengaruhi siklus air karena….
A. proses infiltrasi semakin optimal
B. mengurangi cadangan air di dalam tanah
C. memperlambat proses terjadinya siklus air
D. mempercepat aliran air di permukaan tanah

23. Beberapa kegiatan manusia dapat mengakibatkan terjadinya kekeringan pada musim kemarau. Akibatnya, siklus air menjadi terganggu. Jenis kegiatan manusia yang dapat mengakibatkan peristiwa tersebut adalah….
A. pemanfaatan air sesuai dengan kebutuhan
B. penebangan hutan sehingga hutan menjadi gundul
C. membangun daerah resapan air di daerah perkotaan
D. menanami lahan kosong dengan berbagai jenis tumbuhan

24. Perhatikan gambar berikut!
Soal sumatif/PAT/UAS tema 8 (lingkungan sahabat kita) kelas 5 semester 2
Peristiwa yang ditunjukan oleh angka 4 disebut….
A. infiltrasi
B. penguapan
C. pengembunan
D. presipitasi

25. Kita ketahui bahwa sumber air merupakan komponen penting untuk penyediaan air bersih, karena tanpa sumber air maka suatu system penyediaan air bersih tidak akan berfungsi. Sumber air dapat dibedakan menjadi dua yaitu sumber air alami dan buatan. Berikut ini yang termasuk sumber air buatan adalah….
A. sungai
B. waduk
C. danau
D. laut

26. Perhatikan bagan siklus air berikut!
Soal sumatif/PAT/UAS tema 8 (lingkungan sahabat kita) kelas 5 semester 2
Secara umum siklus air terjadi melalui 3 tahapan, yaitu evaporasi, kondensasi, dan presipitasi. Pada bagan di atas ketiga proses tersebut secara berturut-turut ditunjukkan oleh huruf….
A. P – Q – R
B. Q – P – R
C. R – P – Q
D. R – Q – P

27. Perhatikan ciri-ciri air berikut!
i. Suhu 10-25 C
ii. Jernih dan tidak keruh
iii. pH air antara 6,5 dan 9,0
iv. Tidak mengandung bahan kimiawi beracun
v. Tidak meninggalkan endapan

Air yang sehat memiliki tiga komponen persyaratan yaitu persyaratan fisik, kimia, dan biologi. Berdasarkan ciri-ciri di atas, yang termasuk pernyaratan fisik adalah . . . .
A. i, ii, v
B. i, ii, iv
C. ii, iii, v
D. ii, iv, v

28. Pembangunan yang tidak berwawasan lingkungan menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di daerah perkotaan. Contohnya penutupan permukaan tanah dengan lapisan beton. Kegiatan tersebut dapat menyebabkan….
A. meluapnya air sungai
B. penguapan air terganggu
C. meningkatkan air yang meresap
D. berkurangnya daerah resapan air

29. Air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi ini. Air memiliki peranan penting dalam hidup manusia, kita semua bergantung pada air, untuk itu air harus dipelihara dan dikelola sebagaimana mestinya. Ketersediaan air bersih harus dijaga dengan baik. Berikut yang merupakan cara menjaga ketersediaan air bersih adalah….
A. menutup kawasan resapan air hujan.
B. menebangan pohon secara liar.
C. menambah penggunaan pupuk kimia dan pestisida pada pertanian.
D. melakukan reboisasi hutan gundul dan penghijauan di lingkungan sekitar.

30. Dalam siklus air tumbuhan memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga ketersediaan air tanah karena….
A. batangnya berguna untuk bahan bangunan.
B. daunnya mampu menyaring air hujan menjadi air bersih.
C. tumbuhan mampu menghasilkan air untuk kebutuhan manusia.
D. akarnya menyerap dan menahan air hujan sehingga air tersimpan dalam tanah.

31. Perhatikan jenis usaha ekonomi yang dikelola berikut!
i. pedagang sayur 
ii. pembuat tas kulit 
iii. usaha salon
iv. tukang pijat
Jenis usaha yang termasuk usaha jasa adalah….
A. i) dan ii)
B. i) dan iii)
C. ii) dan iv)
D. iii) dan iv)

32. Wayan adalah seorang pengusaha yang berasal dari Bali. Ia memiliki lahan yang luas yang digunakan untuk menanam pohon cengkih. Ketika panen, akan ada pengepul yang datang untuk membeli cengkih dari kebunnya. Usaha yang dilakukan Wayan termasuk dalam jenis usaha….
A. jasa
B. pertanian
C. perdagangan
D. perindustrian

33. Suatu perusahaan besar di Kalimantan menebang kayu jati di hutan untuk dijual kepada pengerajin mebel. Perusahaan tersebut bergerak di bidang....
A. perkebunan
B. pertanian
C. perhutanan
D. pertambangan

34. Bisnis jasa banyak diminati karena modal yang harus dikeluarkan relatif lebih sedikit daripada bisnis di bidang komoditi, bahkan beberapa usaha jasa tidak membutuhkan ongkos produksi sama sekali. Di bawah ini yang termasuk dalam usaha jasa adalah….
A. tukang pos
B. perkebunan teh
C. pedagang asongan
D. pembuat sepatu kulit

35. Salah satu jenis usaha di masyarakat yaitu mengolah sumber daya alam dari lingkungan. Kita mengenal berbagai bentuk kegiatan manusia dalam mengolah sumber daya alam untuk mencukupi kebutuhan hidup. Jenis usaha bidang produksi yang bergerak dalam pengolahan sumber daya alam hewan dan tumbuhan disebut usaha….
A. agraris
B. perkebunan
C. ekstraktif
D. perikanan

36. Perhatikan ciri-ciri usaha berikut!
i. Mimiliki ijin usaha
ii. Tenaga kerja banyak
iii. Modal usaha yang tidak besar
iv. Diproduksi menggunakan alat sederhana
Dari pernyataan di atas, yang sesuai dengan ciri-ciri usaha yang dikelola sendiri adalah….
A. i dan ii
B. i dan iii
C. ii dan iv
D. iii dan iv

37. Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-orang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi yang menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari bagi anggota dan masyarakat sekitar disebut koperasi….
A. jasa
B. produksi
C. konsumsi
D. serba usaha

38. Kegiatan ekonomi adalah aktivitas manusia yang bertujuan untuk mendapatkan barang dan jasa atau dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupanya. Berikut ini merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat, kecuali….
A. profesi
B. produksi
C. konsumsi
D. distribusi

39. Saat ini Indonesia menjadi sangat bergantung pada satu jenis tanaman pangan, yaitu padi yang menghasilkan beras sebagai bahan pokok pangan. Apalagi dengan jumlah penduduk Indonesia yang kurang lebih dari 200 juta orang tentu saja bukan hal mudah untuk memastikan ketersediaan pangannya. Peran petani pada kegiatan ekonomi yaitu….
A. produsen
B. konsumen
C. distributor
D. profesional

40. Pasangan yang tepat antara kegiatan ekonomi dan pelaku ekonomi terdapat pada pilihan….
Soal sumatif/PAT/UAS tema 8 (lingkungan sahabat kita) kelas 5 semester 2

41. Tangga nada adalah susunan nada-nada yang bertingkat-tingkat, mulai yang terendah hingga tertinggi atau sebaliknya. Tangga nada dengan nada ke tujuh dinaikkan setengah laras disebut tangga nada minor….
A. pelog
B. harmonis
C. melodis
D. asli

42. Pola lantai adalah sebuah pola yang dibentuk sebagai cara penari untuk berpindah, bergerak, atau bergeser dari satu posisi ke posisi lainnya. Pola lantai dalam tarian dibagi menjadi dua macam, yaitu….
A. lurus dan berbelok
B. diagonal dan lurus
C. lurus dan lengkung
D. segitiga dan lengkung

43. Bentuk penyajian tari dapat berupa tari tunggal, tari berpasangan, dan tari berkelompok. Pengolahan pola lantai pada setiap bentuk penyajian tari akan berbeda. Fungsi pola lantai dalam tarian adalah….
A. mengetahui ciri khas dari sebuah tarian
B. menentukan jenis properti tari yang digunakan
C. membuat posisi dalam ruang gerak sebuah tarian
D. menentukan jenis tarian yang akan dipentaskan

44. Pola lantai dalam melakukan tarian banyak menggunakan unsur ruang. Jika digambarkan, pola tersebut berupa lintasan garis diagonal, vertikal, horizontal. Di bawah ini yang merupakan bentuk pengembangan pola lantai garis lengkung adalah….
A. lingkaran
B. zig zag
C. diagonal
D. segitiga

45. Tangga nada terbagi menjadi beberapa macam. Setiap jenis tangga nada memiliki wujud bunyi khas yang berbeda. Hal ini yang membuat musik didengarkan dengan fungsi khusus, sesuai situasi, kondisi, dan kebutuhan. Tangga nada yang terdiri dari lima nada pokok disebut….
A. diatonis
B. pentatonis
C. harmonis
D. asli

46. Tanpa adanya tangga nada, suara yang dapat dimengerti dan dipahami tidak akan pernah ada. Nada tersebut hanya akan menjadi suara biasa, tidak terdengar indah dan tidak bisa disebut sebagai seni. Ciri lagu bersifat riang dan bersemangan dan diawali dan diakhiri dengan nada Do adalah tangga nada….
A. diatonis mayor
B. diatonis minor
C. pentatonis pelog
D. pentatonis slendro

47. Perhatikan gambar berikut ini!
Soal sumatif/PAT/UAS tema 8 (lingkungan sahabat kita) kelas 5 semester 2
Tarian pada gambar di atas menggunakan pola lantai garis ….
A. zig-zag
B. diagonal
C. vertikal
D. lengkung

48. Pola lantai pengembangan yang membentuk garis lengkung yang dibuat oleh formasi penari kelompok adalah ….
A. 
Soal sumatif/PAT/UAS tema 8 (lingkungan sahabat kita) kelas 5 semester 2

B. 
Soal sumatif/PAT/UAS tema 8 (lingkungan sahabat kita) kelas 5 semester 2

C. 
Soal sumatif/PAT/UAS tema 8 (lingkungan sahabat kita) kelas 5 semester 2

D. 
Soal sumatif/PAT/UAS tema 8 (lingkungan sahabat kita) kelas 5 semester 2

49. Gambar cerita adalah suatu cerita dalam bentuk lukisan atau gambar yang lebih mengutamakan hubungan subyek dengan tulisan. Bentuk seni yang menggunakan gambar tidak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita adalah….
A. lukisan
B. cover
C. komik
D. dongeng

50. Teknik menggambar adalah sebuah cara yang digunakan dalam proses pembuatan suatu gambar. Dengan adanya teknik menggambar, dapat memudahkan dan mempercepat pengerjaan dalam menciptakan suatu gambar. Contoh alat yang digunakan menggambar dengan teknik basah adalah….
A. crayon
B. pensil warna
C. spidol
D. cat air

II. Selesaikan soal - soal berikut dengan jawaban yang benar!
1. Sikap persatuan dan kesatuan adalah sikap yang harus dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Sikap persatuan adalah berkumpulanya individu menjadi satu tanpa memandang ras, suku, agama, warna kulit dan keturunan untuk mencapai tujuan tertentu. Maka dari itu kita sebagai anak bangsa harus menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan. Tuliskan 3 Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dilingkungan masyarakat!

2. Sebagai mahluk sosial kita tidak bisa hidup sendiran, oleh karena itu kita harus saling menghormati dan menghargai, Tuliskan 3 contoh sikap saling menghargai dan menghormati yang telah kamu lakukan sehari-hari dalam menghadapi keberagaman di lingkungan tempat tinggalmu!

3. Pada teks fiksi dan nonfiksi terdapat tahapan peristiwa yang berurutan dari awal cerita hingga akhir. Sebutkan tahapan urutan peristiwa pada teks fiksi yang benar!

4. Karya tulis merupakan hasil karangan dalam bentuk tulisan yang merupakan hasil pikiran, hasil pengamatan seseorang, dan disusun secara sistematis atau urut. Karya tulis dibagi menjadi dua jenis teks, yaitu teks fiksi dan teks non-fiksi. Jelaskan perbedaan antara teks fiksi dan non fiksi!

5. Terdapat beberapa tahapan dalam siklus air diantaranya evaporasi dan presipitasi. Jelaskan perbedaan antara evaporasi dan presipitasi!

6. Sumber daya air adalah sumber daya berupa air yang berguna atau potensial bagi manusia. Kegunaan air meliputi penggunaan di bidang pertanian, industri, rumah tangga, rekreasi, dan aktivitas lingkungan. Sebutkan 3 sumber mata air alami yang ada di bumi!

7. Kegiatan ekonomi adalah aktivitas manusia yang bertujuan untuk mendapatkan barang dan jasa. Kegiatan ekonomi ada tiga yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi, jelaskan pengertian dari kegiatan ekonomi tersebut!

8. Usaha ekonomi adalah usaha yg di kembangkan untuk membantu mencukupi kebutuhan hidup manusia. Jelaskan yang dimaksud dengan usaha ekonomi yang dikelola sendiri!

9. Pola lantai dalam melakukan tarian banyak menggunakan unsur ruang. Jika digambarkan, pola tersebut berupa lintasan garis diagonal, vertikal, horizontal, dan lingkaran sehingga membentuk pola lantai gerak tari. Apa yang dimaksud dengan pola lantai gerak tari? Teknik pewarnaan adalah pewarnaan bahan dengan larutan berwarna. Menggambar cerita dapat dilakukan dengan dua teknik menggambar. Jelaskan dua teknik pewarnaan dalam membuat gambar cerita!

0 comments:

Posting Komentar