Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Senin, 02 November 2020

Materi dan Soal PJJ Tematik Online Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 SD Kelas 6

keberagaman ekonomi
Salam Cerdas dan berkarakter. Semangat pagi insan cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur. 

Sebelum pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta lakukan selalu 3 M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta menggunkan masker jika terpaksa harus keluar rumah) di masa pandemi covid-19, agar kita terhindar dari paparannya.

Sebelum pembelajaran dilanjutkan terlebuh dahulu isi dan lengkapi presensi atau absensi melalui aplikasi google form berikut!

Lihatlah rekap absen yang sudah direkam secara otomatis pada form berikut!

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

Sebelum pembelajaran hari ini dilanjutkan, ayo dengar dan nyanyikan lagu wajib Indonesia Raya untuk membangun rasa nasionalisme sebagai generasi cerdas bangsa. Nyanyikanlah dengan khidmat dan penuh semangat secara mandiri di tempat masing-masing.
"percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Pembiasaan selanjutnya yang wajib peserta didik lakukan adalah juga adalah menyanyikan lagu mars Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Lagu ini sangat bermanfaat untuk membangun karakter-karakter yang bermanfaat di masa mendatang. Nyanyikan dengan penuh semangat dan hayati isi lagunya.
Selain pembiasaan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Mars PPK, ada baiknya juga peserta didik melakukan kegiatan LITERASI sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawan diri, juga Menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Topik Pembelajaran kali ini membahas tentang "Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2", dengan KOMPETENSI DASAR: 
  1. PPKn KD.3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.
  2. SBdP KD 3.1 Memahami reklame.
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca bahan ajar “keberagaman ekonomi masyarakat” di blog pembelajaran www.liangsolusi.com, menyimak video pembelajaran, dan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa dapat menganalisis 1 sikap kerja keras dalam keberagaman ekonomi dengan benar secara tepat. 
  2. Dengan membaca bahan ajar “keberagaman ekonomi masyarakat” di blog pembelajaran www.liangsolusi.com, menyimak video pembelajaran, dan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa dapat menuliskan 1 potensi dan usaha yang perlu dilakukan terkait dengan keberagaman ekonomi dengan terperinci. 
  3. Dengan membaca bahan ajar “poster” di blog pembelajaran www.liangsolusi.com, menyimak video pembelajaran, dan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa dapat mengidentifikasi 1 reklame (poster) berdasarkan ciri-ciri reklame secara tepat. 
  4. Dengan membaca bahan ajar “poster” di blog pembelajaran www.liangsolusi.com, menyimak video pembelajaran, dan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa dapat membuat atau menggambar 1 poster dan maknanya secara terperinci.
Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!

Bahan ajar dapat dibaca pada ulasan berikut atau download disini! 

PPKn 
Keberagaman Ekonomi Masyarakat. 
Keanekaragaman ekonomi berarti ekonomi tersebut bermacam-macam dan dapat dilihat dari berbagai aspek, contohnya aspek peralatan dan perlengkapan hidup manusia, sistem ekonomi, sistem kemasyarakatan, sistem pengetahuan, mata pencaharian hidup, kesejahteraan dan kemampuan hidupnya. Tingkat ekonomi juga disebabkan karena tingkat kemampuan diri dan usaha dan kerja keras. 

Berdasarkan jenisnya keberagaman ekonomi dibagi menjadi dua yaitu yang menghasilkan jasa dan barang. 
Pekerjaan yang menghasilkan jasa yaitu: 
Pekerjaan yang menghasilkan jasa

Pekerjaan yang menghasilkan barang yaitu : 
Pekerjaan yang menghasilkan barang

Sikap yang harus dikembangkan dalam keberagaman ekonomi antara lain. 
  1. Kita harus saling menghargai semua orang dengan keberagaman ekonomi yang berbeda. 
  2. Ketika keluarga kita cukup berada, janganlah sombong, bantulah yang membutuhkan.
  3. Jika keluarga kita masih kekurangan, jangan malu dan iri dengan mereka yang mampu. 
  4. Teruslah berusaha dan tingkatkan kemampuan diri. 
SBdP 
Poster 
poster

Poster adalah media pemberitahuan suatu ide, gagasan atau hal penting kepada orang banyak. Poster merupakan karya seni hasil desain grafis yang mengandung teks, gambar atau keduanya yang bertujuan memberikan pesan atau informasi pada masyarakat. Poster biasanya ditempel pada media datar seperti dinding atau permukaan datar, ia berisi warna-warna dan gambar yang mencolok serta kalimat dalam bentuk slogan. Namun, tak hanya berbentuk cetak di jaman sekarang poster banyak yang digunakan dalam bentuk digital. 

Tujuan Poster 
Poster adalah sebagai media penyampai informasi, maka tujuan poster adalah memastikan bahwa informasi tersebut tersampaikan dengan baik ke benak para pembacanya. 
Tujuan poster diantaranya adalah: 
  • Masyarakat menjadi tahu tentang kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan. Misalnya kegiatan bazaar, donor darah, peringatan sumpah pemuda dll. 
  • Menjadikan produk atau jasa kita dikenal dan digunakan oleh masyarakat. 
  • Mengingatkan masyarakat tentang hal yang seharusnya dilakukan. Misalnya ajakan untuk memakai masker di masa covid 19, tertib berlalu lintas, datang ke posyandu dll. 
  • Mengingatkan masyarakat agar menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Misalnya berhenti merokok, membuang sampah sembarangan. 
Ciri-ciri Poster 
Seperti media penyampaian informasi lainnya, poster juga memiliki ciri-ciri khusus. Ciri ciri poster, antara lain: 
  • Langsung menarik perhatian ketika terlihat orang 
  • Menggunakan bahasa yang padat, singkat, jelas dan mudah dipahami. 
  • Mengandung kalimat-kalimat persuasif atau bersifat ajakan. 
  • Menggunakan gambar/sketsa/lukisan dan perpaduan warna 
  • Dapat meninggalkan kesan meskipun dibaca sambil berlalu. 
  • Isi tidak bertele tele 
  • Dipasang pada permukaan yang rata dan di lokasi yang strategis di tempat umum. 
  • Terdiri dari huruf, angka, simbol, gambar atau perkombinasiannya. 
  • Didesain di atas sebuah kertas atau kain 
Langkah-langkah membuat poster 
1. Tentukan Tema dan Tujuan 
Tentukan judul atau tema dari poster yang akan dibuat apakah anda akan membuat poster pendidikan, poster kegiatan atau poster iklan kemasyarakatan. Pikirkan desain seperti apa yang akan dibuat untuk menarik perhatian orang. Tentukan juga tujuan pembuatan poster, apakah anda ingin orang datang ke suatu acara, membeli produk anda atau mengajak orang untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu. Misalnya mengajak untuk hidup bersih atau mengajak orang berhenti buang sampah sembarangan. 

2. Merumuskan Pesan yang Ingin Disampaikan 
Apalah gunanya membuat poster jika pesan yang ingin kita sampaikan tidak sampai dengan baik kepada para pembaca. Merumuskan pesan berguna agar kita tahu output apa yang ingin kita capai ketika orang membaca poster kita. Contoh pesan misalnya ada pada iklan Rinso yang ingin memberi pesan pada orang yang melihat iklannya ditelevisi bahwa kita gak usah takut kotor-kotoran toh kalo sudah kotor baju masih bisa dibersihkan. “Berani kotor itu baik”. 

3. Membuat Kata-Kata Menarik 
Buatlah kata-kata singkat jelas padat yang dapat diingat orang secara langsung meskipun hanya dilihat sepintas. Bahasa yang digunakan pun jangan terlalu kaku dan formal. Gunakanlah bahasa sehari-hari sesuai dengan target pembaca anda. Gunakan bahasa persuasif atau yang sifatnya mengajak. Jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele yang tidak langsung mengarah pada inti pesan. 

4. Proses Pembuatan Poster 
Gunakan gambar pendukung dan kombinasi pewarnaan pada tampilan poster, padukan dengan slogan yang telah kita rumuskan sebelumnya. Proses ini menuntut skill dari pembuat poster atau desainer grafis. 

5. Pemilihan Media Setelah proses pembuatan poster selesai, selanjutnya poster harus dicetak pada kertas atau kain. Gunakan bahan yang tidak cepat pudar atau rusak. Untuk proses pemilihan media cetak sebaiknya anda berkonsultasi pada orang-orang dipercetakan karena bagaimana pun mereka lebih paham tentang hal tersebut. Selain memilih media untuk pencetakan poster. Kita juga harus berpikir di media apa poster akan diletakan. Apakah di dinding, seng ataupun papan yang luas. Kemudian dimana poster akan diletakan apakah di persimpangan jalan, di gang-gang, di halte atau ditempat umum lain. Sebagai tambahan, pikirkan juga dampak setelah peletakan poster. Jangan sampai poster yang kita tempelkan malah merusak atau merusak pemandangan di lingkungan masyarakat.

Ayo Mencoba
Setelah memahami ulasan materi pembelajaran hari ini, peserta didik dipersilakan untuk berdiskusi secara daring melalui aplikasi whatsapp group. Kegiatan diskusi ini dilakukan secara mandiri atau berpasasangan yang ditentukan oleh siswa itu sendiri. Setelah mendapatkan pasangan kemudian unduh atau download Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berikut ini. Baca panduan atau petunjuk yang sudah disediakan dengan cermat, kemudian kerjakan. Apabila siswa mengalami kendala, dipersilakan menanyakan atau berdiskusi di whatsapp group kelasnya. Selamat bekerja!

Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : Apa yang sudah saya pelajari hari ini? Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut? 

Demikian tayangan materi singkat Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menajwab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 105:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Materi dan Soal PJJ Tematik Online Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 2 SD Kelas 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Download RPP daring kurikulum 2013 yang mengacu Pada Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 14 Tahun 2019 Tema 4 (Globalisasi) Subtema 2 (Globalisasi dan manfaatnya) Pembelajaran 2


Siswa yang belum mengerjakan pembelajaran sebelumnya dapat melihat dan mengerjakannya disini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

2 komentar:

  1. https://www.canva.com/design/DAFIc8Cg560/GqL1r_i0n4clIrBZJjyfpw/view?utm_content=DAFIc8Cg560&utm_campaign=designshare&utm_medium=link&utm_source=publishsharelink&mode=preview
    Ayolah jaga keberagaman ekonomi di sekitar

    BalasHapus
  2. Maaf pak jika ada kesalah tolong komentar makasih pak

    BalasHapus