Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Kamis, 26 November 2020

Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Daring Tema 4 (Globalisasi), Kelas 6, Semester I, Tahun Pelajaran 2020/2021

Soal PAS Tema 4 Globalisasi kelas 6
Salam Cerdas dan Berkarakter.
Semangat pagi insan kreatif, kolaboratif, dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur. 

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca dongeng, motivasi, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.

3M Ingat pesan ibu
Ingat Pesan Ibu!
Sebelum kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD). Mari melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta lakukan selalu 3 M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah) di masa pandemi covid-19, agar kita terhindar dari paparannya.

Sebelum pembelajaran dilanjutkan terlebih dahulu isi dan lengkapi presensi atau absensi melalui aplikasi google form berikut!

Lihatlah rekap absen yang sudah direkam secara otomatis pada form berikut!

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

Sebelum pembelajaran hari ini dilanjutkan, ayo dengar dan nyanyikan lagu wajib Indonesia Raya untuk membangun rasa nasionalisme sebagai generasi cerdas bangsa. Nyanyikanlah dengan khidmat dan penuh semangat secara mandiri di tempat masing-masing.
"percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Pembiasaan selanjutnya yang wajib peserta didik lakukan adalah juga adalah menyanyikan lagu mars Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Lagu ini sangat bermanfaat untuk membangun karakter-karakter yang bermanfaat di masa mendatang. Nyanyikan dengan penuh semangat dan hayati isi lagunya.
Selain pembiasaan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Mars PPK, ada baiknya juga peserta didik melakukan motivasi belajar seperti membaca motivasi, tepuk semangat, atau melakukan gerakan lainnya.

Pembelajaran yang dilakukan dimasa pandemi Covid-19 baik secara daring maupun luring dilakukan sekolah dengan sangat optimal. Beragam cara dilakukan guru-guru untuk memotivasi siswa agar memiliki semangat belajar sebagai kesadaran dan kewajiban peserta didik. Pemberian materi dan penugasan dilakukan setiap hari efektif. Pemanfaatan teknologi dan media sosial sebagai media penghubung dan koordinasi antar guru dengan siswa dan guru dengan orang tua. Peningkatan hubungan kolaborasi tersebut tentu bertujuan baik untuk mengetahui keadaan psykologis dan perkembangan belajar siswa.

Kegiatan Penilaian atau assesmen yang dilakukan guru terhadap perkembangan siswa dapat dilakukan dengan beragam bentuk. Salah satu bentuk evaluasi berupa sebuah penugasan kepada siswa dengan cara membuat berbagai macam karya ilmiah, keterampilan, dan karya lainnya.

Bentuk penilaian lainnya dengan menggunakan kegiatan tes kemampuan peserta dengan memberikan soal baik berupa pilihan ganda, isian, menjodohkan, maupun uraian berdasarkan kisi-kisi yang sudah disusun. 

Penilaian yang dilakukan sekolah berupa Penilain Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk mengetahui hasil capaian kompetensi belajarnya yang dilakukan peserta didik selama ini. 

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan proses evaluasi sumatif untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, memantau kemajuan, melakukan pengayaan dan perbaikan pembelajaran serta menentukan keberhasilah belajar peserta didik dalam bidang kognitif.

Hasil penilaian baik yang diperoleh dari tes atau penugasan, dapat memberikan kemudahan seorang guru. Kemudahan tersebut berupa perbaikan strategi pembelajaran dan pemahaman materi yang akan diberikan pada peserta didik di program belajar selanjutnya. 

"Ingat, yang terpenting dari penilaian atau evaluasi itu sendiri bukanlah lomba untuk meraih peringkat yang tertinggi. Melainkan sebuah tes yang dilakukan untuk membuat tolak ukur atas kemampuanmu sendiri untuk melangkah ke jenjang pendidikan serta kesuksesan yang lebih tinggi"

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester atau PAS di masa pandemi covid-19 dilakukan secara daring dan luring. PAS Daring (dalam jaringan) dilakukan dengan menggunakan aplikasi google form yang hasilnya bisa dilihat secara langsung atau real time. Akan tetapi pelaksanaan PAS daring ini harus diimbangin dengan sarana peserta didik dan Sumber Daya Pendidik yang mengelola penilaian tersebut. Selain Daring, PAS juga dapat dilakukan secara luring (luar jaringan) dengan mengambil lembaran soal ke sekolah oleh siswa atau perwakilannya. Menimbang besarnya resiko paparan covid-19 yang diindikasikan menjadi klaster sekolah atau pendidikan, maka pelaksanaan PAS dapat dilakukan secara daring dengan mendownload kumpulan soal-soal PAS lengkap kelas 1, 2, 3, 4 ,5, dan 6 baik tematik maupun mata pelajaran disini!
Soal PAS Tema 4 Globalisasi

Topik Penilaian Akhir Semester (PAS) Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 hari ini dilakukan secara daring untuk siswa kelas VI. PAS daring ini menggunakan aplikasi google form yang terdiri dari 50 butir soal pilihan ganda. PAS kali ini berisikan Tematik Tema 4 (Globalisasi) Kelas 6 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 Sesuai dengan jadwal yang sudah disusun sekolah dengan Kompetensi Dasar :
  1. PPKn KD. 3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.
  2. Bahasa Indonesia KD. 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
  3. IPA KD. 3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.
  4. IPS KD. 3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. 
  5. SBdP KD. 3.1 Memahami reklame
Tujuan Pembelajaran
Dengan menyelesaiakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tema 4 (Globalisasi), Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021, Peserta didik dapat memahami dan menguasai kompetensi yang dipelajari dengan tepat.
semangat mengerjakan PAS

Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 
Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 90:00 Menit!

Download Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) lengkap semua tema dan mata pelajaran dari kelas 1 s.d. 6 untuk Sekolah Dasar.

Kerjakan juga : Penilaian Akhir Semester (PAS) Daring Kelas 6 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 berikut ini dengan mengkliknya!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah mengerjakan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Daring Tema 4 (Globalisasi), Kelas 6, Semester I, Tahun Pelajaran 2020/2021, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#IngatPesanIbu
#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar