Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Senin, 19 April 2021

Omang-omang Pemberani

Sudahkan kalian mempunyai sifat pemberani? 

Pemberani yang dimaksud tentu berkaitan dengan karakter diri untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Sifat pemberani sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari diikuti dengan sifat jujur dan benar. 

Jika salah menempatkan sifat pemberani tentu akan membawa petaka bagi diri sendiri juga. misalnya, berani pada semua orang meskpun posisi kita salah. hal inilah yang akan membuat masalah baru serta menurunkan moral diri dimata masyarakat.

Sifat pemberani yang diharapkan bermanfaat terhadap khalayak umum. seperti berani membatu teman yang sedang mengalami kesusahan, berani menghadapi masalah, dan penerapan sifat pemberani lainnya. Seperti cerita fiksi berikut ini! silakan dibaca dengan intensif dan temukan hikmahnya.
literasi cerita fiksi anak "Omang-omang Pemberani"
literasi cerita fiksi anak
Diceritakan suatu ketika sekumpulan anak Omang-omang laut lari kencang dan langsung bersembunyi. Mereka cemas akan bahaya menimpanya. Hujan turun sangat lebat dan cuaca sedang buruk. Gelombang air laut yang tinggi membuat para penghuni laut ketakutan.

Omang-omang laut dalam bahaya, mereka semua akan terombang-ambing oleh hantaman air laut. Diperkirakan cuaca akan sangat buruk dan akan terjadi gempa di dalam laut.

Omang-omang laut teringat akan perkataan ikan paus yang sudah memperingati teman-temannya bahwa akan ada bencana.

Ayah Omang-omang menyuruh yang lain agar tetap bersembunyi dibalik batu karang yang besar. Malam itu yang ditakutkan pun terjadi, gempa terjadi di darat dan dalam lautan. Serasa jagat raya bergoyang. Seketika para penghuni laut berusaha menyelamatkan diri.

Omang-omang laut berusaha melidungi dirinya dan teman-teman lainnya, salah satu Omang-omang mengalami luka pada cangkangnya, cangkang itu hancur oleh gempa dan ia kehilangan pelindung tubuhnya.

Si Omang-omang pemberani tidak mau ada teman lain yang terluka lagi, ia mencoba meminta bantuan ikan lumba-lumba untuk melindungi teman-temannya.

Ikan lumba-lumba yang terkenal suka membantu manusia dan hewan lainnya pasti bisa membantu kita serunya!. Ia pun bergerak perlahan menuju tempat ikan lumba-lumba berada.

Ikan lumba-lumba yang suka membantu sudah mengetahui bahwa teman-temannya butuh bantuan. Omang-omang pemberani menceritakan semuanya dan ikan lumba-lumba memerintahkan agar teman-temannya tetap bersembunyi di dasar batu atau batu karang besar agar terlindungi.

Gempa susulanpun terjadi di dasar laut, sementara itu ikan lumba-lumba akan memberikan berita sampai keadaan menjadi aman.

Tiga hari berturut keadaan sangat mencekam, gelombang air laut yang tinggi dan gempa-gempa susulan dalam laut membuat mereka semua cemas.

Masing-masing mencoba menyelamatkan diri agar tidak terhempas oleh gelombang laut yang dahsyat karena gempa.

Si Omang-omang pemberani mengajak teman-temannya untuk tidak boleh takut dan berdoa kepada Tuhan sang pencipta agar diselamatkan dari mara bahaya.

Ikan lumba-lumba datang menemui teman-temannya dan menyampaikan bahwa keadaan sudah membaik dan tidak akan terjadi lagi bencana.

Semua Omang-omang bersorak gembira dan mereka tidak perlu takut lagi. Mereka tak lupa mengucapkan terimakasih pada ikan lumba-lumba yang telah membantu mereka dan si Omang-omang pemberani sudah bisa kembali bermain bersama teman-temannya di daratan.

Temukan cerita inspiratif terbaik kami lainnya pada postingan berikut ini:

Cerita dengan judul "Omang-omang Pemberani" merupakan cerita fiksi yang tokoh dan jalan ceritanya merupakan khayalan semata. Cerita tersebut bertujuan agar menjadi cerminan moral dalam berprilaku sehari-hari di dunia nyata baik dalam berpikir, berkata, maupun berprilaku.

Layakkah karakter omang-omang kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari? berikan tanggapannya ya!

2 komentar:

  1. Layak, karena omang2 memiliki sifat pemberani dan peduli kepada sesama.

    BalasHapus
  2. Layak, karena omang2 memiliki sifat pemberani dan peduli kepada sesama.

    BalasHapus