Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Selasa, 25 Mei 2021

Cara Menghindari Pergaulan Bebas di Masa Remaja

Cara menghindari pergaulan bebas di masa remaja
Pergaulan bebas remaja
Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang. Kata “Bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengar baik dilingkungan maupun dari media masa. Remaja adalah individu labil yang emosionalnya sangat rentan, pengetahuan yang minim dan ajakan teman yang bergaul bebas membuat makin berkurangnya potensi generasi muda dalam kemajuan zaman.

Remaja adalah generasi penerus yang akan membangun bangsa kearah yang lebih baik yang mempunyai pemikiran jauh ke depan dan kegiatannya yang dapat menguntungkan diri sendiri,keluarga,dan lingkungan sekitar. Maka dari itu remaja tersebut harus mendapatkan perhatian khusus, baik oleh dirinya sendiri, orang tua, dan masyarakat sekitar.

Masa remaja memang dapat dikatakan sebagai masa peralihan atau masa di mana sedang dalam tahap mencari jati diri yang sebenarnya serta selalu merasa penasaran terhadap segala sesuatu.

Banyak kita temukan di media massa maupun media elektronik adanya remaja yang berprestasi juga ada remaja yang melakukan tindakan atau perbuatan yang merugikan dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar.

Hal inilah yang membuat para remaja sering kali sangat mudah terjerat dalam pergaulan bebas yang berdampak pada hancurnya masa depan, tentu hal ini tidak ingin dialami semua orang kan?

Berikut cara menghindari pergaulan bebas di masa remaja
1. Bangunlah hubungan baik dengan orangtua
Banyak sekali aspek yang menyebabkan remaja terjerumus pada pergaulan bebas, salah satunya adalah kurang komunikasi serta kurangnya kedekatan dengan orangtua.

Hal inilah yang harus disiasati, yaitu dengan cara membangun hubungan serta komunikasi yang baik dengan orangtua sehingga dapat memproteksi anak dari pergaulan yang tidak semestinya.

2. Kuatkan nilai agama dan bermoral pancasila pada diri
Sekeras apa pun orangtua mencoba memproteksi anak-anak mereka dari bahaya pergaulan bebas, namun tetap saja harus ada kesadaran diri terhadap hal tersebut. Remaja saat ini harus terus menguatkan diri mereka dengan nilai agama serta moral yang ada sehingga dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan melalui pergaulan bebas di lingkungan sosial.

3. Mengikuti berbagai kegiatan yang positif
Melalui kegiatan positif tersebut, maka kita akan memiliki waktu yang berharga untuk melakukan hal yang bermanfaat pula serta dapat menghindari hal-hal yang bersifat negatif.

4. Selektif dalam berteman
Remaja harus pintar dalam memilih teman agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang telah merusak aqidah dan moral sebagian remaja di negeri ini

Oleh karena itu remaja itu perlu mengikuti kegiatan-kegiatan seperti olahraga, pelatihan-pelatihan kecakapan hidup, karang taruna, membaca buku, dan kegiatan bermanfaat lainnya

5. Bijak dan batasi penggunaan media sosial
Anak remaja masa kini memang seakan dituntut untuk mampu menguasai teknologi, namun tentu saja selalu ada dampak buruk yang dihasilkan dari kecanggihan teknologi. Hal inilah yang mau tidak mau harus membuat para remaja lebih selektif dan hati-hati lagi dalam menggunakan media sosial. Lebih baik membatasi penggunaannya apalagi untuk sesuatu yang dirasa tidak terlalu penting.

Perlu kiranya remaja melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan yang positif baik di sekolah maupun di lingkungannya yang tentunya harus mendapatkan dorongan dan restu dari orang tua

Jika kalian mempunyai tips lainnya dalam menghindari pergaulan bebas di masa remaja, silakan postkan pendapat kalian di kolom kementar! Nanti kita diskusikan!

0 comments:

Posting Komentar