Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Selasa, 18 Mei 2021

Soal Ujian Sekolah (US) Daring Matematika Kelas 6 Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2020/2021

Soal ujian sekolah matematika
Soal US Matematika
Semangat pagi sobat solusi dimanapun berada.

Salam Cerdas dan Berkarakter
Kembali lagi kami menyapa insan cerdas yang kompeten dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur.

Dalam setiap jenjang pendidikan, peserta didik akan mengalami fase ujian atau penilaian. Fase ini merupakan kewajiban yang harus diikuti untuk menentukan penguasaan kompetensi yang diajarkan. Selain itu penilaian atau ujian juga untuk menentukan kenaikan kelas ke jenjang selanjutnya. Bisa dikatakan ujian sebagai pengulangan materi yang telah diberikan oleh guru. Maka tidaklah heran ketika memasuki fase ini banyak dari siswa atau peserta didik giat belajar untuk mencapai target yang diinginkan.

Ujian Sekolah/Madrasah adalah kegiatan penilaian dalam bentuk ujian tulis dan/atau praktik untuk mengetahui pencapaian standar kompetensi lulusan pada semua mata pelajaran yang tidak diujikan dalam Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) dan Ujian Nasional (UN).

Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2020/2021 ditiadakan dan akan digantikan dengan Assesment nasional (AN), akan tetapi pelaksanaan ujian sekolah diserahkan ke sekolah masing-masing.

Sesuai surat yang dikeluarkan Direktur Sekolah Dasar dengan nomor 0468/C3/PD.00.00/2021 tertanggal 31 Maret 2021 pelaksanan ujian sekolah pada tahun ajaran 2020/2021 dilandasi oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional; Surat Edaran Nomor I Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19); serta peraturan lain yang relevan.

Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan (ujian sekolah) bertujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. Ujian dilakukan sesuai kurikulum yang digunakan satuan pendidikan, dan dapat dilaksanakan pada semester genap dan/atau ganjil oleh satuan pendidikan masing-masing.

Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah: menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi СOVID-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester; memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan mengikuti ujian sekolah.

Ujian sekolah dapat berbentuk: portofolio; penugasan; tes tertulis; dan/atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan Satuan Pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

Berhubung situasi pandemi covid-19 masih mewabah dan untuk mengurangi penyebarannya maka sekolah berinisiasi dengan melaksakannya secara daring (dalam jaringan).
Ujian sekolah daring
ujian sekolah
Pada umumnya, siswa yang sedang mengikuti ujian diwajibkan memakai seragam. Peserta ujian bisa menggunakan komputer, laptop maupun Ponsel. Saat ujian, orangtua perlu mendampingi anak-anak mengoperasikan perangkat ujian, khususnya bagi putra-putrinya yang masih duduk di bangku SD. Kehadiran orangtua diperlukan termasuk untuk membantu mengatasi kendala teknis ujian online.

Berikut 3 hal yang mesti diperhatikan saat ujian online:
1. Pastikan Jaringan Internet Lancar
Memastikan kesiapan jaringan internet, kuota internet mencukupi atau menggunakan Wifi. Jaringan internet Wifi yang kurang stabil dapat mempengaruhi kelancaran ujian. Disarankan tetap menyiapkan kuota internet di perangkat masing-masing untuk mengantisipasi gangguan teknis.

2. Sediakan Alat Tulis
Meski ujian berlangsung secara daring, alat tulis tetap diperlukan khususnya untuk menjawab soal ujian yang perlu perhitungan dan analisis seperti mata pelajaran matematika.

3.Pelajari Materi Ujian
Orangtua perlu mendampingi anak-anak mempelajari materi pelajaran yang akan diujikan, sebelum ujian berlangsung.

"Ingat, yang terpenting dari penilaian atau ujian itu sendiri bukanlah lomba untuk meraih peringkat yang tertinggi. Melainkan sebuah tes yang dilakukan untuk membuat tolak ukur atas kemampuanmu sendiri untuk melangkah ke jenjang pendidikan serta kesuksesan yang lebih tinggi"

Kegiatan Ujian Sekolah (US) setiap tahun pelajaran merupakan proses evaluasi sumatif untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, memantau kemajuan, melakukan perbaikan pembelajaran dan menentukan keberhasilah belajar peserta didik dalam bidang akademik.

Ujian Sekolah (US) kali ini dilakukan secara daring untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar. US daring ini menggunakan aplikasi google form yang terdiri dari 40 butir soal terbagi atas 30 butir soal pilihan ganda dan 10 butir soal isian. Sesuai jadwal Ujian Sekolah hari ini dengan Mata Pelajaran Matematika Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan Kompetensi Dasar sebagai berikut :
  1. KD. 3.1 Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.
  2. KD. 3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.
  3. KD. 3.3 Menjelaskan unsur-unsur lingkaran (titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring) dan taksiran keliling dan luas lingkaran.
  4. KD. 3.4 Menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok.
  5. KD. 3.5 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk menentukan nilai mana yang paling tepat mewakili data.
Baca dan ikuti petunjuk soal yang disediakan. Jawab soal berikut dengan cermat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki.

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!


Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!


Terima kasih sudah mengikuti dan mengerjakan Soal Ujian Sekolah (US) Daring Matematika Kelas 6 Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga semakin cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar