Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Rabu, 22 September 2021

Pelajar Wajib Tau! Trik Belajar Efektif Menghadapi Penilaian Atau Evaluasi

Cara belajar efektif menghadapi penilaian atau evaluasi
Mendengar kata ujian atau evaluasi membuat hati teras berdebar-debar dan pikiran khawatir. Hal tersebut dirasakan hampir semua orang. Apalagi kalangan pelajar, kegiatan evaluasi menjadi hal yang ditakuti. Nah, bagaimana tips agar hasil evaluasi sangat memuaskan dan menyenangkan? Yuk, simak infonya berikut ini!

Jangan Belajar dengan SKS (Sistem Kebut Semalam)
Ketika pelajar akan menghadapi ujian, usahakan tidak melakukan belajar dengan “sistem kebut semalam”. Sebab, hal itu hanya akan membuatmu kekurangan waktu istirahat. Kekurangan waktu istirahat pastinya akan berdampak saat esok harinya pelajar mengerjakan soal-soal.

Mulai diganggu rasa kantuk hingga kehilangan fokus akan pelajar rasakan saat ujian. Bahkan, tubuh yang kurang istirahat akan membuatmu cepat panik sehingga ketika menghadapi soal-soal yang mudah akan terasa sulit.

Hal itu kiranya terjadi lantaran otakmu bekerja tidak maksimal. Kurang istirahat mengakibatkan asupan oksigen ke otak berkurang dan kinerja otakmu pun melambat. Kurangnya kinerja otak itu akan membuatmu sering blank dan bingung saat membaca soal. Pelajar pun jadi kerja dua kali untuk membaca ulang dan memahami pertanyaan pada soal ujian.

Persiapkan Diri Dengan Belajar Efektif Sebelum Waktu Ujian
Biar pelajar tenang dan fokus saat menghadapi ujian, ada baiknya pelajar mempersiapkan diri jauh-jauh hari dengan metode belajar efektif.

Ada banyak cara untuk melakukannya, kok. Misalnya, pelajar bisa belajar bersama teman-teman seperjuanganmu atau pelajar bisa minta waktu tambahan belajar bersama gurumu di sekolah.

Atau, pelajar bisa belajar dengan mengakses materi dan Latihan di berbagai sumber digital, seperti google, youtube atau situs belajar lainnya. Hal tersebut dapat membantumu memahami materi-materi ujian dengan optimal. Selain itu, dapat membantumu mempersiapkan diri menghadapi beragam soal yang akan muncul pada saat ujian.

Tentunya, belajar efektif ini harus pelajar lakukan secara rutin dan terjadwal. Agar ada lengang waktu yang cukup untuk otakmu memproses segala materi pembelajaran dengan seksama.

Istirahat yang Cukup
Tips tenang dan fokus saat ujian nanti adalah pelajar harus memiliki tubuh yang fit. Oleh sebab itu, istirahat yang cukup sangat pelajar perlukan. Jangan sering begadang dan juga jangan melakukan kegiatan yang kiranya akan menguras energimu secara berlebihan.

Usahakan, seminggu sebelum ujian, pelajar sudah memiliki pola tidur yang benar. Cobalah untuk tidur dan bangun tepat waktu. Pelajar tidur lebih awal, yakni jam 9 malam sehingga pelajar bisa bangun pukul 6 pagi dengan kondisi segar.

Lalu, ketika bangun tidur nanti, usahakan pelajar melakukan sedikit pemanasan sebelum mandi. Hal itu perlu pelajar lakukan agar tubuhmu bisa lebih rileks. Biasakanlah jam tidur tersebut dua minggu sebelum ujian. Dengan begitu, saat hari ujian tiba nanti tubuhmu telah beradaptasi dengan pola tidur yang baru.

Persiapkan Segala Keperluan Ujian Jauh-Jauh Hari
Belajar memang wajib pelajar lakukan untuk dapat menghadapi ujian dengan mudah. Namun, ada persiapan lain yang tak kalah penting, yakni segala perlengkapan ujian, mulai dari alat tulis hingga kartu ujian. Jika ujian dilakukan secra daring tentu pelajar mempersipkan perangkat yang memadai. Seperti gawai canggih, sarana computer ataupun computer jinjing atau laptop. Selia itu tidak kalah pentingnya juga disertai dengan jaringan internet yang stabil. Hal ini bisa pelajar lakukan dnegan mencari wi fi, berbagi hotspot atau mengisi kuota full.

Pelajar harus sudah mempersiapkan segala keperluan ujianmu agar tidak ada yang tertinggal saat akan berangkat ke tempat ujian. Pastikan segala keperluanmu sudah lengkap dan berada di dalam tasmu.

Akan lebih baik, segala perlengkapan ini sudah pelajar siapkan di dalam tas seminggu sebelum ujian. Dengan begitu, pelajar tidak perlu lagi mencari-cari di mana letak benda-benda penting tersebut. Ketika pagi hari menjelang ujian, pelajar hanya cukup mengambil tas dan langsung berangkat ke sekolah dengan tenang.

Pelajari Teknik Rileksasi Diri
Tips tenang dan fokus saat ujian selanjutnya adalah dengan belajar rileksasi diri. Mempelajari teknik merileksasikan diri kiranya cukup berguna agar dapat menenangkan pikiranmu menjelang ujian. Dengan melakukannya, pelajar bisa lebih tenang dan rileks sehingga segala ketakutanmu saat akan menghadapi ujian bisa sirna.

Kiranya banyak varian teknik rileksasi diri yang bisa pelajar terapkan. Namun, cobalah teknik yang kiranya sesuai dengan karakter dirimu. Sebab, setiap orang memiliki titik rileksasi yang berbeda-beda. Bila pelajar menerapkan teknik rileksasi yang salah, justru teknik itu tidak akan berguna untukmu.

Kenali dulu hal apa saja yang bisa membuat dirimu rileks. Untuk dapat mengenalinya, pelajar cukup mengingat kebiasaanmu saat sedang panik. Ada beberapa teknik umum yang bisa pelajar terapkan saat akan panik. Teknik tersebut seperti menarik napas panjang, memejamkan mata, dan berhenti berpikir sejenak, ataupun berdoa.

Makan & Minum yang Cukup Sebelum Ujian
Sebelum pelajar menghadapi ujian, jangan sampai lupa sarapan ya. Dengan asupan makanan dan minuman yang cukup, pelajar jadi punya cukup energi untuk mengerjakan soal ujian. Saat perut kenyang dan rasa haus hilang, konsentrasi jadi lebih baik.

Tapi ingat jangan berlebihan juga ya. Kalau kondisimu kekenyangan, bukannya mengerjakan soal dengan optimal malah pelajar jadi mengantuk. Jangan pula minum berlebihan kalau pelajar nggak mau bolak-balik ke kamar kecil.

Cukupkanlah sarapanmu dengan menu yang ideal dan minum seperlunya, misalnya dengan dua buah roti dan segelas susu. Dengan porsi seperti ini, perut pun setidaknya ‘terganjal’ tapi tidak terlalu penuh.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca informasi solusi dan motivasi yang berjudul “Pelajar Wajib Tau Trik Belajar Efektif Menghadapi Penilaian Atau Evaluasi”. Semoga dengan adanya solusi ini dapat memberikan sebuah referensi kita semua dan semoga memberikan pembelajaran bermakna.

Kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas situs www.liangsolusi.com ini. Semoga postingan yang disajikan bermanfaat untuk kita semua. Salam Solusi!

Kami sangat berterima kasih jika kalian berkenan membagikan postingan ini di media sosial kalian! Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah membacanya.

0 comments:

Posting Komentar