Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Kamis, 28 Oktober 2021

Penggunaan Energi Hijau Wujud Cinta Tanah Air, Materi dan Soal Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4

Teknologi hijau, energi ramah lingkungan

Mengembangkan penggunaan energi alternatif adalah salah satu wujud nyata sikap cinta tanah air. Apa manfaatnya mengembangkan energi alternatif? Bukankah negara kita cukup merata limpahan sinar mataharinya? Meskipun tidak bisa menggantikan sepenuhnya energi minyak dan gas bumi, setidaknya bisa menghemat dan mengurangi konsumsi minyak atau gas. Penasaran dan ingin tau lebih banyak, yuk baca ulasan materi dan latihan soal berikut ya!!!

Salam Sehat dan Cerdas!

Kembali lagi sobat solusi menyapa insan cerdas yang kreatif dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur.

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca cerita fiksi dan informasi, motivasi, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.


Sebelum pembelajaran daring dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Topik Pembelajaran kali ini membahas Muatan Pelajaran Tematik Tema 4 (Globalisasi) Subtema 3 (Globalisasi dan Cinta Tanah Air) Pb 3 dan 4 Tentang Penggunaan Energi Hijau Wujud Cinta Tanah Air untuk kelas 6 SD, dengan penguasaan kompetensi dasar (KD):
PPKn KD. 3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
Bahasa Indonesia KD. 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
IPA KD. 3.6 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya.

"Percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca bahan ajar, berdiskusi, dan menggali informasi di berbagai sumber, peserta didik dapat memahami materi ajar dan mengembangkan kompetensi diri melalui kolaborasi praktik baik dalam penerapan kehidupan sehari-hari dengan tepat

+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa membaca di buku paket Tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.

Tema 4 (Globalisasi) Subtema 3 (Globalisasi dan Cinta Tanah Air) Pb 3 dan 4 Tentang Penggunaan Energi Hijau Wujud Cinta Tanah Air

Perkembangan teknologi sudah merambah ke berbagai bidang. Mulai dari bidang pertanian, industri besar, bahkan industri terkecil dalam lingkup rumah tangga juga membutuhkan teknologi.

Namun, pemanfaatan teknologi yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Untuk mengatasinya, dibuatlah suatu teknologi yang disebut teknologi hijau.

Apa Itu Teknologi Hijau?

Teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energi dan/atau produk yang tidak mencemari lingkungan hidup. Teknologi hijau bertujuan menghasilkan berbagai produk dan jasa dengan memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbarui dan tidak menghasilkan limbah yang membahayakan lingkungan.
Teknologi hijau ramah lingkungan
Teknologi hijau juga banyak menggunakan bahan yang didaur ulang. Hal itu tentu saja berperan besar untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Teknologi hijau yang telah diterapkan dalam berbagai bidang merupakan bentuk penerapan teknologi yang memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan. Oleh sebab itu, hendaknya masyarakat turut berpartisipasi dengan menggunakan teknologi hijau yang sudah ada.

Prinsip-prinsip yang diterapkan pada konsep teknologi hijau, yaitu:
  1. Refine, yang berarti menggunakan bahan ramah lingkungan dan melalui proses yang lebih aman dari teknologi sebelumnya.
  2. Reduce, artinya mengurangi jumlah limbah dengan mengoptimalkan penggunaan bahan.
  3. Reuse, artinya menggunakan kembali bahan-bahan yang sudah tak terpakai atau sudah berupa limbah dan diproses dengan cara yang berbeda.
  4. Recycle, yaitu menggunakan kembali bahan atau limbah dan diproses dengan cara yang sama.
  5. Recovery, yang berarti pemanfaatan material tertentu dari limbah untuk diproses demi keperluan lain.
  6. Retrieve energy, yaitu penghematan energi dalam suatu proses produksi.
Contoh energi hijau
1. Biopestisida
Biopestisida adalah semua bahan hayati berupa makhluk hidup, seperti hewan, tumbuhan, bakteri, jamur, atau protozoa, yang dapat digunakan untuk membunuh hama dan penyakit. Biopestisida termasuk teknologi hijau karena menggunakan bahan aktif dari organisme hidup dan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.

2. Biogas
Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas bakteri secara anaerobik atau fermentasi bahan-bahan organik. Bahan baku biogas antara lain kotoran sapi, kotoran unggas, kotoran ayam, dan limbah rumah tangga.

Biogas dapat digunakan sebagai gas alternatif untuk memanaskan dan menghasilkan energi listrik. Gas ini bersifat ramah lingkungan dan dapat mengurangi efek rumah kaca hingga penggunaan kayu bakar.

3. Mobil Listrik
Mobil listrik ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar fosil yang menghasilkan emisi gas berbahaya sehingga dapat mengurangi efek rumah kaca. Mobil ramah lingkungan ini menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya.

4. Biobag
Biobag adalah tas ramah lingkungan yang terbuat dari tepung singkong atau kulit ari jagung dengan polimer sintetik. Biobag menggunakan bahan-bahan yang mudah terurai dan tidak mencemari lingkungan.

Cermati teks eksplanasi berikut ini!
Teknologi Hijau di Era Globalisasi

Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kegiatan manusia. Pada era globalisasi ini, kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia karena saling terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia. Disadari atau tidak, kita sering mengabaikan masalah lingkungan. Persoalan lingkungan akibat proses teknologi sudah menjadi masalah yang mendunia.

Teknologi hijau adalah salah satu jawaban untuk permasalahan ini. Teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) .......................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Fakta membuktikan bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin memburuk. Oleh sebab itu, harus dicari cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.

***
Era globalisasi membuat banyak sekali produk asing yang beredar di Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus mencintai produk dalam negeri. Mengapa kita harus mencintai produk Indonesia? Apa dampaknya bagi perekonomian Indonesia?

Aku Cinta Produksi Indonesia
Lihat di sekitarmu. Perhatikan baju, sepatu olahraga, atau tas yang kamu dan temanmu gunakan. Tentu ada sebagian dari kalian yang memakai banyak barang-barang produksi luar negeri dengan berbagai merek terkenal. Terutama kalian yang tinggal di kota-kota besar. Apakah barang-barang yang kalian pakai ada yang dibuat di dalam negeri? Banyak lho, baju-baju, sepatu-sepatu, atau tas-tas produksi dalam negeri yang kualitasnya sama, bahkan lebih baik dari barang sejenis produksi luar negeri.

Globalisasi membawa kemudahan dalam pertukaran produk. Kemajuan teknologi memotong berbagai biaya yang dibutuhkan dalam pengiriman produk ke negara lain. Dahulu, untuk melindungi produk dalam negerinya dari serbuan produk negara lain, pemerintah memberlakukan pajak yang tinggi untuk produk impor. Oleh karena itu, dahulu produk impor tidak terjangkau oleh masyarakat luas. Harganya mahal. Hanya segelintir masyarakat yang mampu membelinya. Di era globalisasi, tuntutan perdagangan bebas antar negara mengecilkan kemungkinan untuk memberlakukan pajak yang tinggi. Akibatnya, produk dalam negeri harus rela bersaing dengan berbagai merek produk luar negeri.

Siapa yang dirugikan jika produk luar negeri lebih diminati oleh masyarakat? Tentunya para pengrajin kreatif dari berbagai pelosok negeri. Teman, kerabat, saudara, atau mungkin orang tua kita sendiri dapat menjadi pengrajin yang merugi.

Siapa yang dapat memelihara kelangsungan produksi dalam negeri? Tentu hanya kita, sang anak negeri. Sudah sepatutnya kita menghargai kreativitas saudara sendiri. Sehingga, ketika suatu hari kamu berbelanja di toko sepatu, dan dihadapkan pada pilihan sepatu buatan Indonesia atau sepatu buatan Amerika, mana yang akan kamu beli? Hanya anak Indonesia yang cinta produksi Indonesia yang akan memilih sepatu produksi dalam negeri.

Kolaborasi dan Praktik Baik
Kerjakan pertanyaan berikut untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan kompetensi literasimu dalam penerapan kehidupan sehari-hari! (Kerjakan di buku latihanmu dengan menyertai tanda tangan orang tua!)

Ingat kembali ciri-ciri dari teks eksplanasi:
Paragraf 1: Pernyataan umum dari topik masalah yang akan disajikan.
Paragraf 2: Deret penjelas, berisi fakta, pembuktian, proses dari masalah yang disajikaan secara berurutan dan sistematis.
Pargraf 3: simpulan dan pesan/kesan penulis tentang topik tersebut.
  1. Lengkapi teks eksplanasi pada teks "Teknologi Hijau di Era Globalisasi" sehingga menjadi satu teks yang utuh!
  2. Mengapa pengembangan teknologi hijau sangat penting, bukankan itu membutuhkan biaya yang mahal? Langkah apa yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan energi hijau di lingkungan terdekatmu!
+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : 
Apa yang sudah saya pelajari hari ini? 
Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? 
Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut?

Demikian tayangan materi singkat Pembelajaran Jarak Jauh Tematik Tema 4 (Globalisasi) Subtema 3 (Globalisasi dan Cinta Tanah Air) Pb 3 dan 4 Tentang Penggunaan Energi Hijau Wujud Cinta Tanah Air untuk Kelas 6 SD. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menjawab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form.

“Lakukan dengan sungguh-sungguh seolah-olah ini adalah penilaian kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri"

Baca dan ikuti petunjuk soal yang disediakan. Jawab soal berikut dengan cermat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki.

Waktu pengerjaan dari Liang Solusi: 90:00 Menit!

Klik Saja untuk kalian yang ingin mengembangkan kompetensi melalui materi, penugasan dan penilaian soal formatif pada setiap pembelajaran

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Pembelajaran Tema 4 (Globalisasi) Subtema 3 (Globalisasi dan Cinta Tanah Air) Pb 3 dan 4 Tentang Penggunaan Energi Hijau Wujud Cinta Tanah Air untuk Kelas 6 SD. Isi postingan ini tentu belum lengkap dan memberikan pembelajaran bermakna. 

Untuk itu, kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas situs www.liangsolusi.com ini. Semoga materi dan evaluasi yang kami sajikan bermanfaat untuk kita semua. Salam solusi!

Kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan postingan ini di media sosial kalian! Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#Belajardarimanasaja

2 komentar:

  1. NAMA:IKADEK BAGUS MAHENDRA PUTRA
    NO:13
    KLS:VIA
    TGL:28-10-2021

    Paragraf 1: Pernyataan umum dari topik masalah yang akan disajikan.
    Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kegiatan manusia

    Paragraf 2: Deret penjelas, berisi fakta, pembuktian, proses dari masalah yang disajikaan secara berurutan dan sistematis.
    Teknologi hijau adalah salah satu jawaban untuk permasalahan ini.
    teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah pembangkit listrik tenaga Surya(PLTS)


    Pargraf 3: simpulan dan pesan/kesan penulis tentang topik tersebut.
    Fakta membuktikan bahwa permasalahan
    lingkungan semakin lama semakin memburuk.oleh sebab itu,harus dicari cara untuk mengatasi,salah satunya dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.





    1.Lengkapi teks eksplanasi pada teks "Teknologi Hijau di Era Globalisasi" sehingga menjadi satu teks yang utuh!
    PLTS menggunakan energi tanpa batas yaitu cahaya matahari untuk menghasilkan energi listrik


    2.Mengapa pengembangan teknologi hijau sangat penting, bukankan itu membutuhkan biaya yang mahal? Langkah apa yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan energi hijau di lingkungan terdekatmu?
    Karena dapat mengurangi jumlah limbah agar tidak berlebihan,sehingga bisa mencegah pencemaran lingkungan

    BalasHapus
  2. Nama:Dinda devi ayu Noviyanti
    No:3
    Kelas:VIA
    Sekolah: SD Negri 12 Sanur
    Tgl:28-10-2021
    Jawaban
    Paragraf 1: pernyataan umum
    Teknologi dan lingkungan adalah dua hal penting dalam kegiatan manusia.pada era globalisasi seperti sekarang ini,kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia karena saling terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia.

    Paragraf 2:Deret penjelas
    Teknologi hijau merupakan salah satu jawaban dalam permasalahan ini. Teknologi hijau yang terus di bicarakan saat ini adalah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki tenaga surya yang berlimpah.

    Paragraf 3: simpulan dan pesan
    Fakta membuktikan bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin memburuk.Maka dari itu,harus dicari cara untuk mengatasinya seperti dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.



    1, Teknologi hijau adalah salah satu jawaban untuk permasalahan ini teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah pembangkit listrik tenaga surya
    2.karena dapat mengrangi polusi udara,

    BalasHapus