Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Jumat, 15 Oktober 2021

Peran Energi Listrik Di Era Globalisasi, Tema 4 (Globalisasi) Subtema 1 (Globalisasi di Sekitarku) Pembelajaran 3 Kelas 6

Peran energi listrik di era globalisasi
Informasi yang berasal dari berbagai belahan dunia dapat diakses dengan cepat melalui benda elektronik canggih. Akan tetapi kecanggihan benda tersebut membutuhkan daya sebagai energi utama. Daya yang dignakan sanagt bergantung pada listrik. Mau tau peran listrik di era globalisasi? yuk temukan informasi dan praktik baiknya berikut ini!

Salam Sehat dan Cerdas!

Kembali lagi sobat solusi menyapa insan cerdas yang kreatif dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur.

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca cerita fiksi dan informasi, motivasi, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.

Baca juga cerita fiksi insfirasi yang berjudul Pengembala Kena Batunya

Sebelum pembelajaran daring dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Topik Pembelajaran kali ini membahas Muatan Pelajaran Tematik Tema 4 (Globalisasi) Subtema 1 (Globalisasi di Sekitarku) Pb 3 Tentang Peran Energi Listrik untuk kelas 6 SD, dengan penguasaan kompetensi dasar (KD):
Bahasa Indonesia KD. 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
IPA KD. 3.6 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya.

"Percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca bahan ajar, berdiskusi, dan menggali informasi di berbagai sumber, peserta didik dapat memahami materi ajar dan mengembangkan kompetensi diri melalui kolaborasi praktik baik dalam penerapan kehidupan sehari-hari dengan tepat

+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa membaca di buku paket Tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.

Tema 4 (Globalisasi) Subtema 1 (Globalisasi di Sekitarku) Pb 3 Tentang Peran Energi Listrik

Di era globalisasi, terjadi percepatan pergerakan, pertukaran, komunikasi, dan interaksi antar manusia di seluruh dunia. Sumber daya energi (salah satunya listrik) berkontribusi pada globalisasi dunia karena dapat menciptakan keterkaitan antarnegara yang kuat. Listrik berperan sangat penting di era globalisasi karena merupakan sumber energi untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Listrik adalah sumber energi utama manusia untuk menyalakan berbagai produk global dan juga jaringan internet untuk menghubungkan manusia.

Produk global yang memerlukan listrik adalah produk global yang merupakan perangkat elektronika. Contoh produk global yang memerlukan energi listrik adalah lampu (baik lampu bohlam maupun lampu LED), alat rumah tangga (seperti kulkas, microwave, penanak nasi, kompor listrik, dan pendingin ruangan), alat kedokteran (seperti CT Scan, MRI, dan electrocardiograf), mesin otomasi (seperti ATM, mesin industri, dan sensor keamanan).

Alat transportasi seperti mobil, motor, dan bus juga menggunakan listrik dari aki mesinnya yang harus diisi ulang dalam jangka waktu tertentu. Kereta listrik, kapal selam, dan pesawat juga merupakan produk global yang bergantung pada listrik.

listrik juga memfasilitasi globalisasi dengan cara memungkinkan manusia mengakses internet. Internet menghubungkan lebih dari setengah populasi dunia, menciptakan kemudahan akses informasi secara global.

Internet hanya bisa diakses oleh telepon seluler, laptop, dan juga perangkat komputer, di mana ketiga memerlukan listrik sebagai sumber energinya. Aplikasi media sosial dan media digital juga merupakan produk global yang perlu menggunakan listrik dan internet untuk bisa diakses.

Sekarang ayo kita bahas maksud dari peran listrik di era globalisasi
1. Sumber energi dunia
Yup! seperti yang kita ketahui hampir semua perusahaan dan penduduk dunia menggunakan energi listrik dalam kebutuhan sehari mula dari sistem penerangan samapi dengan penggerak dll.contohny suatu pabrik elektronik yang membutuhkan daya listrik yang kuat untuk menjalankan operasi perusahaanya.

2. Sumber penerangan
Pernahkah kalian berfikir dari mana asalnya lampu dapat menyala?lampu dapat menyala dikarenakan adany energi listrik yang mengelarinya sehingga ia mampu meneragi sistem kehidupana manusia.

3. Penghasil gerak
Di dalam kehidupan sehari hari kita sering menjumpai yang namanya kipas angin mengapa berputar dan bergerak itu dikarenakan ia juga dialiri oleh energi listrik sehingga ia mampu bergerak sama halnya dengan robot.

4. Memudahkan kegiatan sehari hari
Di era sekarang ini hapir keseluruhan penduduk dunia bisa dikatakan sanagt santai mengapa demikian?itu dikarenakan 80% kegiatannya dibantu oleh mesin bukan tenaga manusia lagi, misalnya menggunakan mesin cuci otomatis.

5. Penghasil energi panas
Tahuka kalian bahwa energi listrik tdk hanya mampu menghasilkan cahaya atau gerak melainkan ia mampu menghasilkan energi panas misalnya pada lampu pijar yang mampu menghangati telur pada umumnya.

Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dipungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Listrik dapat dihasilkan dengan memanfaat sumber energi yang tersedia di alam, seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi (PLTU), aliran angin (PLTA), dsb.

Setelah energi listrik dihasilkan di pusat pembangkit, energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan hingga 500 kv, baru kemudian disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi yang dinamakan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), yang menyalurkan energi listrik dari pusat pusat pembangkit. Setelah melalui SUTET yang melintasi wilayah pegunungan atau hutan-hutan, energi listrik kemudian masuk ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 volt, tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhimyo, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Dengan adanya listrik, kini masyarakat dapat mengakses informasi yang berasal dari berbagai belahan dunia. Tanpa listrik, tentunya hal tersebut tidak akan bisa terjadi. Lalu bagaimana dengan daerahmu? Apakah kamu telah merasakan manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari di rumah?


Mikrohidro atau yang dimaksud dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), adalah suatu pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air.

Temukan info lebih lanjut terkait pembangkit listrik tenaga mikro hidro disini!

Kolaborasi dan Praktik Baik
Kerjakan pertanyaan berikut untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan kompetensi literasimu dalam penerapan kehidupan sehari-hari! (Kerjakan di buku latihanmu dengan menyertai tanda tangan orang tua!)
  1. Mengapa energi listrik dari pusat pembangkit listrik perlu dinaikkan lalu diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah?
  2. Sebutkan jenis sumber daya alam yang bisa digunakan untuk pembangkit energi listrik?
  3. Temukan informasi penting dari teks "Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?" ke bentuk struktur teks eksplanasi (Pernyataan umum, deretan penjelas, dan Interpretasi)!
  4. Tuliskan 3 aksi nyata penggunaan energi listrik secara bijak!
+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+-+

Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : 
Apa yang sudah saya pelajari hari ini? 
Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? 
Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut?

Demikian tayangan materi singkat Pembelajaran Jarak Jauh Tematik Tema 4 (Globalisasi) Subtema 1 (Globalisasi di Sekitarku) Pb 3 Tentang Peran Energi Listrik untuk Kelas 6 SD. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menjawab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form.

“Lakukan dengan sungguh-sungguh seolah-olah ini adalah penilaian kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri"

Baca dan ikuti petunjuk soal yang disediakan. Jawab soal berikut dengan cermat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki.

Waktu pengerjaan dari Liang Solusi: 90:00 Menit!

Klik Saja untuk kalian yang ingin mengembangkan kompetensi melalui materi, penugasan dan penilaian soal formatif pada setiap pembelajaran

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Pembelajaran Tema 4 (Globalisasi) Subtema 1 (Globalisasi di Sekitarku) Pb 3 Tentang Peran Energi Listrik untuk Kelas 6 SD. Isi postingan ini tentu belum lengkap dan memberikan pembelajaran bermakna. 

Untuk itu, kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas situs www.liangsolusi.com ini. Semoga materi dan evaluasi yang kami sajikan bermanfaat untuk kita semua. Salam solusi!

Kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan postingan ini di media sosial kalian! Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#Belajardarimanasaja

1 komentar:

  1. NAMA:IKADEK BAGUS MAHENDRA PUTRA
    NO:13
    KLS:VIA
    TGL:15-10-2021

    1.Mengapa energi listrik dari pusat pembangkit listrik perlu dinaikkan lalu diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah?
    jawab:Karena jarak antara pusat pembangkit dengan rumah penduduk sangat jauh.dengan menaikkan tegangannya,
    energi listrik tidak kehilangan daya terlalu banyak ketika proses transmisi

    2.Sebutkan jenis sumber daya alam yang bisa digunakan untuk pembangkit energi listrik?
    SDA yang bisa digunakan untuk pembangkit energi listrik
    -nukli
    -angin
    -panas bumi
    -matahari

    3Temukan informasi penting dari teks "Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?" ke bentuk struktur teks eksplanasi (Pernyataan umum, deretan penjelas, dan Interpretasi)!
    Paragraf 1 topik masalah:peran listrik dalam mendukung terjadinya era globalisasi

    Paragraf 2 deret penjelas:tegangan listrik dari pusat pembangkit dinaikkan
    oleh transpormator hingga 500kv,lalu disalurkan melalui sistem tranmisi bernama Sutet ke bebagai tempat.

    Paragraf 3 kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis:kini masyarakat dapat mengakses informasi dari berbagai belahan dunia karena adanya listrik


    4.Tuliskan 3 aksi nyata penggunaan energi listrik secara bijak!
    3 aksi nyata penggunaan energi listrik secara bijak
    -jika sudah tidak pakai sebaiknya dimatikan
    -jika hendak bepergian jauh,matikan seluruh sumber listrik
    -mengganti lampu dengan lampu hemat energi

    BalasHapus