Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Kamis, 24 Maret 2022

Soal Seleksi Lomba Siswa Berprestasi Tingkat SD Tahun 2022

Soal latihan seleksi lomba sispres 5 mapel
Seleksi Siswa Berprestasi adalah salah satu lomba yang dilaksanakan setiap tahunnya. Lomba Siswa Berprestasi sering disebut juga Lomba Sispres. Lomba ini salah satu perlombaan yang sangat bergengsi, peserta didik diukur capaian kompetensi akademiknya dari 5 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PKn.

Pelaksanaan seleksi sispres di jaring pada tingkat kecamatan dan kabupaten/kota disetiap daerah. Penasaran seperti apa contoh soal yang sering keluar dalam lomba Siswa Berprestasi, yuk cermati soalnya berikut ini!

Soal berikut terdiri dari soal pilihan ganda dan pilihan ganda jopleks. Untuk pilihan ganda kompleks  memungkinkan menyediakan lebih dari 1 (satu) pilihan jawaban yang benar!

Matematika
1. Bagian yang diarsir dari keseluruhan bagian pada gambar berikut menunjukkan sebuah pecahan. Pecahan yang senilai dengan gambar berikut adalah ….
soal siswa berprestasi
1⁄3
8⁄20
2⁄4
8⁄24

2. Ibu Luna mempunyai 40 apel dan 30 jeruk. Buah-buah tersebut akan dimasukkan ke dalam kantong dengan jumlah sama banyak setiap kantongnya. Banyaknya apel dan jeruk pada masing-masing kantong adalah ….
A. 20 apel dan 15 jeruk
B. 8 apel dan 6 jeruk
C. 4 apel dan 3 jeruk
D. 2 apel dan 2 jeruk

3. Made dan Wayan sedang mengadakan penelitan tentang kupu-kupu. Made mengunjungi Taman Kupu-Kupu di Tabanan setiap 12 hari sedangkan Wayan mengunjungi Taman Kupu-Kupu setiap 15 hari sekali. Made dan Wayan akan bertemu di Taman Kupu-kupu pada hari ke ….
A. 12
B. 27
C. 47
D. 60

4. Komang Mita mempunyai pita merah sepanjang 74,8 cm dan pita biru sepanjang 70,4 cm. Kira-kira panjang seluruh pita Komang Mita setelah dibulatkan ke cm terdekat adalah ....
A. 144
B. 145
C. 146
D. 147

5. Bangun berikut dibentuk dari 4 persegi yang kongruen. Jika luas masing-masing persegi 16 cm², maka pernyataan yang benar adalah ….
Keliling bangun ABCD adalah 64 cm.
Keliling bangun ABCD adalah 32 cm.
Luas bangun ABCD adalah 32 cm².
Luas bangun ABCD adalah 64 cm².



Kami menyadari isi postingan ini tentu belum lengkap dan memberikan pembelajaran bermakna. Untuk itu, kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas situs www.liangsolusi.com ini. Semoga soal latihan yang disajikan dapat mengukur capaian kompetensi serta bermanfaat untuk kita semua. Salam Cerdas!

Kami sangat berterima kasih jika pembelajar berkenan membagikan postingan ini di media sosial! Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat. Semoga semakin cerdas dan berkarakter.

2 komentar:

  1. Bagus sih menarik bagus tapi mending dikasih kunci jawaban agar lebih mudah

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas tersedianya media ini. saya dengan mudah mengakses contoh soal untuk pembelajaran siswa

    BalasHapus