Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Sabtu, 30 April 2022

Cerita fiksi persahabatan kancil dan babi hutan

Cerita fiksi persahabatan kancil dan babi hutan
Pertemanan membantu kita dalam mengatasi rasa stres serta membantu memulihkan berbagai masalah kesehatan dengan cepat. Menghabiskan waktu dengan teman secara positif juga bisa membuat ikatan persaudaraan lebih erat karena hal tersebut membuat kita merasa lebih dekat.

Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan, afeksi dan perasaan. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain. Mereka juga terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sama halnya dengan cerita fiksi berikut. Yuk simak serunya cerita fiksi Persahabatan Kancil dan babi Hutan berikut ya!!!


Di zamah dahulu di satu hutan yang lebat, seekor Kancil bersahabat baik dengan Babi Hutan mulai dari mencari makan sampai bermain di padang rumput, mereka selalu bersama-sama.

Suatu hari, ketika mereka sedang bermain di padang rumput, tiba-tiba Raja Raksasa datang. Rupanya ia ingin menangkap Kancil dan Babi Hutan. Namun, karena Kancil sudah berlari menyelamatkan diri, hanya Babi Hutan yang tertangkap.

Tertangkapnya Babi Hutan membuat Kancil merasa sedih. Ia takut jika ia akan kehilangan sahabatnya untuk selama-lamanya.

“Bagaimana ini? Aku harus menyelamatkan Babi Hutan,” gumam Kancil, khawatir.

Kancil terus berpikir, bagaimana cara menyelamatkan Babi Hutan. Tapi, tak mungkin ia melawan Raja Raksasa. Tubuh Raja Raksasa sangat besar, bahkan melebihi tubuh Babi Hutan.

“Ah, aku akan mencoba menemui Raja Raksasa. Siapa tahu, aku bisa meminta dengan baik-baik dan Raja Raksasa akan mendengarkanku,” pikir Kancil. Demi menyelamatkan sahabatnya, Kancil memberanikan diri menemui Raja Raksasa di istana guanya.

Sesampainya di gua istana Raja Raksasa, Kancil bersembunyi di luar gua. Ia mengintip apa yang terjadi di dalam gua. Raja Raksasa terlihat sangat senang, sementara Babi Hutan tampak ketakutan dari dalam kandangnya yang sangat besar.

“Mimpiku selalu benar. Semalam, aku bermimpi akan memakan daging Babi Hutan. Sekarang mimpi itu akan menjadi kenyataan. Hmm, malam ini pasti aku akan sangat kenyang,” ucap Raja Raksasa sambil mengelus perutnya yang buncit.

Mendengar ucapan Raja Raksasa, Kancil mendapat ide. Ia pun segera menemui Raja Raksasa.

“Aku bermimpi menikahi Permaisuri raja raksasa. Mungkin itu juga akan menjadi kenyataan.” teriak Kancil.

Raja Raksasa yang tak menyadari kedatangan Kancil pun kaget. Ia hendak marah, namun tiba-tiba ia terdiam. Ia memikirkan mimpi Kancil. Selama ini, ia sangat percaya dengan mimpi.

“Kau tak boleh menikahi istriku!” Teriak Raja Raksasa.

“Jika aku tak boleh menikahi Permaisuri, maka kau juga tak boleh memakan Babi Hutan,” balas Kancil.

Raja Raksasa menjadi bingung. Ia ingin sekali makan daging Babi Hutan. Tapi, ia juga sangat mencintai istrinya. Akhirnya, Raja Raksasa mengalah. Ia melepaskan Babi Hutan agar Kancil tak menikahi permaisuri. Babi Hutan pun bebas dan bisa kembali ke hutan bersama Kancil.

“Ternyata kau sangat cerdik, Kancil. Terima kasih telah menolongku,” ucap Babi Hutan ketika mereka kembali ke hutan.

“Sama-sama, Babi Hutan. Itulah gunanya sahabat,” jawab Kancil. Ia senang karena bisa menolong Babi Hutan, sahabatnya.

Sementara itu, Raja Raksasa baru sadar. Tak seharusnya ia percaya terhadap mimpi, karena mimpi hanya bunga tidur. Ia pun menyesal. Karena percaya mimpi, ia tak jadi menyantap Babi Hutan.


Terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita fiksi insfirasi yang berjudul “Persahabatan Kancil dan Babi Hutan”. Semoga dengan adanya cerita fiksi tersebut dapat memberikan sebuah hikmah positif bagi kita semua dan semoga memberikan pembelajaran bermakna.

Kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas situs www.liangsolusi.com ini. Semoga postingan yang disajikan bermanfaat untuk kita semua.

Mari berkolaborasi dan tebarkan perilaku baik dengan membagikan postingan ini di media sosial kalian! Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah membacanya.

2 komentar: