Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Sabtu, 09 Juli 2022

Aplikasi Daftar Kelas, Hari Libur, Analisis Hari Efektif, dan Kalender Pendidikan Sekolah Tahun Pelajaran 2022/2023

Aplikasi daftar kelas
Salam sehat, bahagia dan selalu cerdas untuk sobat solusi dimanapun berada.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti daftar kelas adalah daftar yang memuat catatan tentang hal ihwal murid atau peserta didik, seperti Nomor Induk Sekolah (NIS), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), identitas diri (nama dan tempat tanggal lahir) dan orang tua sesuai akta kelahiran, alamat peserta didik sesuai kartu keluarga (KK), kesehatan dan daftar hadir.

Tahun pelajaran baru sudah tiba. Sebagai seorang guru tentu mempersiapkan administrasi menjadi sebuah kewajiban khususnya dalam mendata peserta didik. Proses penginputan data peserta didik harus valid sesuai dengan dokumen yang dimiliki agar identitas di dokumen resmi benar dan sesuai dikemudian hari.

Daftar kelas merupakan salah satu dari sekian banyak kelengkapan administrasi guru kelas yang harus dimiliki. Tujuannya tentu untuk melakukan pencatatan data penting sehingga lebih mudah dalam melakukan pengecekan dan membangun komunikasi dengan orang tua/wali peserta didik.

Secara umum sebuah daftar kelas terdiri dari beberapa kolom penting seperti No. absen, Nama Peserta didik yang sesuai dengan akta kelahiran, Nomor Induk Sekolah (NIS), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Alamat tempat tinggal, Data Orang Tua/wali, Data periodik peserta didik seperti tinggi badan dan berat badan serta data lainnya yang dianggap penting. Absen harian selama 1 tahun pelajaran serta dilengkapi dengan rekapan absensi dan grafik.

Daftar kelas tahun pelajaran 2022/2023 yang disediakan sudah dalam bentuk aplikasi sederhana. Penggunaanyapun sangat mudah dan mengakomodir dokument yang diperlukan. Daftar kelas berikut juga dilengkapi dengan kalender pendidikan sekolah, kegiatan sekolah, hari libur nasional, khusus, dan hari ko-kurikuler, selain itu juga dilengkapi dnegan analisis hari efektif dalam tahun pelajaran baru yang terintegrasi dengan halaman lain.

Dalam pengisian daftar kelas, bapak/ibu tidak perlu mengetik secara manual satu persatu data peserta didik tersebut. Namun kita bisa meminta data ke operator dapodik terkait data peserta didik. Jadi segala keperluan sudah ada disana, tinggal copy paste kan saja sudah selesai. Namun alangkah lebih detail dan sahih jika di cocokkan dengan dokumen resmi peserta didik, yaitu KK dan Akta Kelahiran.

Adapun tips pengisiannya adalah usahakan jangan sampai merubah kolom yang ada. Jika terdapat nama peserta didik panjang diketik saja karna range sudah menyesuaikan. Namun jika data lainnya yang memerlukan isian panjang cukup pengisiannya disingkat saja. Kenapa demikian? Jawabannya adalah agar kerapian kolom tetap terjaga karena memang sudah di desain sedemikian rupa.

Sedangkan cara print format daftar kelas tersebut dikondisikan untuk kertas yang bolak-balik seperti daftar kelas pada umumnya. Nah, demikian penjelasan terkait format daftar kelas dan cara pencetakannya. Jika sudah dipahami dengan benar silahkan bapak/ibu download format daftar kelas SD dalam bentuk Aplikasi Daftar Kelas, Hari Libur, Analisis Hari Efektif, dan Kalender Pendidikan Sekolah Tahun Pelajaran 2022/2023 pada link berikut. "Selamat mencoba semoga bermanfaat".


Demikian seputar daftar kelas berupa aplikasi yang terintegrasi dengan Hari Libur, Analisis Hari Efektif, dan Kalender Pendidikan Sekolah Tahun Pelajaran 2022/2023 yang dapat kami bagikan. Kami juga sangat mengharapkan masukan, kritik dan saran yang membangun jika ada yang salah atau kurang sesuai. Mohon kolaborasikan di kolom komentar dengan sopan.
Location: 97M9+FF9, Gg. Batu Ngonjol, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582, Indonesia

7 komentar:

  1. untuk mengisi kolom tanggal lahir dll yg baris kekanan perlu mengisi password. Passwordnya apa ya kak? terimakasih

    BalasHapus
  2. untuk hari lahir anak kenapa selalu false ya?

    BalasHapus
  3. Kolom yang berwarna abu itu akan otomatis terisi jika kolom lainnya diisi sesuai format yang terliat ketikan di sorot celnya.

    BalasHapus
  4. Maaf untuk password aplikasi ini apa ya pa? Terima kasih

    BalasHapus
  5. Berarti pakai password ya? untung belum download

    BalasHapus