Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Minggu, 16 Oktober 2022

Soal AKM Numerasi Tingkat SD Tentang Bilangan

Soal akm numerasi sd tentang bilangan pecahan
Berikut ini adalah contoh latihan Soal AKM Numerasi Tingkat SD Tentang Bilangan (Memahami Pecahan dan Pecahan Campuran). Soal ini hanya sebagai bahan untuk belajar karena mungkin soal yang diujikan nantinya tidak sama dengan yang ada di postingan ini.


Semoga soal yang admin bagikan ini bermanfaat dan membantu sahabat solusi yang sedang mencari referensi belajar.

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C atau D di depan jawaban yang paling benar!
1. Ibu datang dari pasar membawa 1 1⁄2 kg gula dan 2 1⁄4 kg tepung. Berat keseluruhan barang bawaan Ibu adalah ….
A. 3 1⁄2 kg
B. 3 3⁄4 kg
C. 4 1⁄4 kg
D. 4 2⁄3 kg

2. Pak Nengah memiliki tanah seluas 1 1⁄2 hektare yang ditanami padi, jagung dan singkong. Jika luas lahan yang ditanami padi 8⁄10 hektare dan ditanami jagung 1⁄4 hektare, maka luas lahan yang ditanami singkong adalah ….
A. 10⁄2 hektare
B. 6⁄10 hektare
C. 9⁄10 hektare
D. 1⁄10 hektare

3. Dayu memiliki pita berwarna merah yang panjangnya 2 m dan pita berwarna coklat panjangnya 1 1⁄2 m. Sebanyak 1⁄2 m dari masing-masing pita tersebut, Ia berikan kepada Nabila. Sisa pita merah dan coklat yang dimiliki Dayu saat ini jika dijumlahkan sebanyak ….
A. 2 1⁄2 m
B. 2 3⁄4 m
C. 3 1⁄2 m
D. 4 1⁄2 m

4. Simak ilustrasi berikut!
Pembagian Kue Bolu

Ibu membuat kue bolu sebanyak dua loyang. Kedua kue bolu tersebut masing-masing dipotong sama besar dengan pembagian seperti tampak pada gambar.

Di rumah terdapat ayah, ibu, Adam, Erni, dan Bi Sarni. Ibu berkata kepada Erni bahwa kue bolu pertama dibagi rata untuk anak-anak. Sementara, kue bolu kedua dibagi rata untuk ayah, ibu, dan Bi Sarni.
(1) Dari bolu kedua, setiap orang memperoleh 1⁄6 bagian.
(2) Erni memperoleh 1⁄2 bagian dari bolu pertama.
(3) Jumlah bolu yang diperoleh ayah dan ibu sebesar 2⁄3 bagian dari bolu kedua.
(4) Jika kue bolu untuk ayah, ibu, dan Bi Sarni diberikan kepada Adam untuk dibagikan kepada teman-temannya, besar kue bolu Adam adalah 1 2⁄10 bagian.

Pernyataan yang benar sesuai ilustrasi tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

5. Hasil dari 2 1⁄5 - 2⁄5 + 1⁄8 = ….
A. 2 2⁄40
B. 2 7⁄40
C. 1 37⁄40
D. 1 27⁄40

Terima kasih sudah berkunjung dan belajar Soal AKM Numerasi Tingkat SD Tentang Bilangan (Memahami Pecahan dan Pecahan Campuran). Semoga dapat menjadi sumber belajar bagi kita semua dan memberikan pembelajaran bermakna.


Kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas situs www.liangsolusi.com ini. Kami sangat berterima kasih jika sahabat solusi berkenan membagikan postingan ini di media sosial kalian! Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar