Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Selasa, 28 Maret 2023

Pengorbanan Belalang Sembah

Cerpen persahabatan berjudul pengorbanan belalang sembah
Suatu hari, di hutan yang sama di mana belalang sembah tinggal, terdapat pasangan semut yang akan segera menikah. Namun, sang pengantin jantan, Semut Raja, tidak memiliki mahar untuk sang calon istri, Semut Ratu.

Semut Raja merasa sangat sedih karena dia tidak ingin mengecewakan Semut Ratu. Tiba-tiba, belalang sembah datang dan menawarkan bantuan kepada Semut Raja. Belalang sembah mengatakan bahwa dia akan memberikan semua makanannya sebagai mahar untuk Semut Ratu.

Semut Raja sangat terharu dengan tawaran belalang sembah. Meskipun awalnya dia merasa tidak enak karena menerima mahar dari belalang sembah yang sebenarnya memiliki nilai yang sangat tinggi, namun Semut Raja menyadari betapa besar pengorbanan belalang sembah untuk membantu dirinya.

Dalam akad nikah mereka, Semut Raja mengumumkan bahwa maharnya berasal dari belalang sembah yang sangat berharga dan mengucapkan terima kasih atas pengorbanannya yang besar. Semut Ratu dan seluruh semut yang hadir merasa sangat terharu dan menghargai belalang sembah dengan lebih baik setelah itu.

Dari sana, belalang sembah menjadi terkenal di antara semut-semut di hutan dan menjadi teman dekat Semut Raja dan Semut Ratu. Mereka semua belajar bahwa pengorbanan dan tolong-menolong adalah kunci kebahagiaan dan persahabatan yang sejati.

2 komentar:

  1. Nama:Ikadek Riki Yu Paramaartha
    8/6a
    Pesan moral yng saya dapatkatkan adalah Mereka semua belajar bahwa pengorbanan dan tolong menolong adalah kunci kenabahagian dan persahabatan yang sejati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pesan moral yang baik, semangat berliterasi ya

      Hapus