Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Senin, 27 April 2020

Pengembangan Soal Belajar dari Rumah Melalui Siaran TVRI Senin, 27 April 2020 kelas 4, 5, 6 Sekolah Dasar

Panduan BDR Senin, 27 April 2020
Sebelum memulai menonton tayangan video dan menjawab soal, hendaknya persipakan waktu untuk membaca Kompetensi Literasi dan Numerasi berikut:

Kompetensi Literasi
  1. Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.
  2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya.Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.
  3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya,bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.
Kompetensi Numerasi 
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan: 
  1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. 
  2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 
  3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut. 
  4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak. 
Tonton tayangan video berikut!


Jawab soal berikut dengan cermat!

Lihat perolehan skor kalian pada form berikut1
Terima kasih sudah membaca dan mengerjakan Pengembangan Soal Belajar dari Rumah Melalui Siaran TVRI Senin, 27 April 2020 kelas 4, 5, 6 Sekolah Dasar, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar setelah membaca. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar