Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Rabu, 27 Mei 2020

Materi dan Soal Matematika "Belajar Skala Dan Jarak Dari Pandemi Covid-19" SD Kelas 4, 5, dan 6

Soal skala
Semangat pagi sobat solusi, semoga selalu sehat di tengah pandemi Covid-19 ini. Apakah kamu pernah mendengar tentang skala? Penasarankah tentang cara menghitung skala dan jarak antar tempat? Yuk, mari kita cari tahu lebih lanjut dengan membaca materi berikut ini!

Pembelajaran kali ini membahas tentang soal pilihan ganda muatan pelajaran Matematika "Belajar Skala Dan Jarak Dari Pandemi Covid-19" SD Kelas 4, 5, dan 6, dengan Kompetensi Literasi: Penerapan materi skala dan jarak dalam kegiatan sehari-hari berkaitan dengan pandemi covid-19. Untuk lebih jelasnya pahami materi dan contoh pemaparan berikut. 

Skala
Skala adalah perbandingan antara jarak pada gambar dengan jarak yang sebenarnya. Materi ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti membuat denah, sket bangunan, jarak antar lokasi ataupun pada peta. 

rumus skala

Contoh Soal
Sebuah gudang digambarkan dengan skala 1 : 50. Jika panjang gudang pada gambar adalah 20 cm, tentukan berapa panjang gudang yang sesungguhnya?

Pembahasan
diketahui:
skala 1 : 50
panjang gudang pada gambar (jp) = 20 cm
ditanya:
panjang gudang sesungguhnya (js) = ?
js = jp : s
js = 20 cm : 1/50
js = 20 cm x 50/1
js = 1.000 cm = 10 m

jadi panjang gudang sebenarnya adalah 10 m

Berikut ini adalah Soal Skala, Jarak Peta, Jarak Sebenarnya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari di tengah pandemi covid-19. Soal berikut terdiri dari 5 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 60:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!
Terima kasih sudah membaca materi dan mengerjakan Soal Matematika "Belajar Skala Dan Jarak Dari Pandemi Covid-19" SD Kelas 4, 5, dan 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah membaca. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

2 komentar: