Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Rabu, 17 Juni 2020

Kalender Pendidikan Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2020/2021

kalender pendidikan
Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran siswa selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Kalender Pendidikan ini disusun sebagai penjabaran dari Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 125/u/2002 tanggal 31 Juli 2002 tentang Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Belajar Efektif di Sekolah/Madrasah, danjuga dengan mempertimbangkan karakteristik Provinsi Bali sebagai daerah yang sangat menjunjung tinggi adat, budaya dan agama dalam rangka mewujudkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Bali : "NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI melalui POLA PEMBANGUNAN SEMESTA BERENCANA menuju BALI ERA BARU"

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali telah menetapkan Keputusan Nomor 420/11675/BPTEKDIK/DISDIKPORA tentang Kalender Pendidikan Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2020/2021. Penyusunan Kalender Pendidikan Provinisi Bali Tahun Pelajaran 2020/2021 mempertimbangkan karakteristik Provinsi Bali sebagai daerah yang sangat menjunjung tinggi adat, budaya dan agama dalam rangka mewujudkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Bali.

Fungsi Kalender Pendidikan
Kalender Pendidikan berfungsi untuk menyelaraskan antara ketentuan hari efektif dengan hari libur sekolah. Selain itu juga untuk mendorong efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran di sekolah. Secara lebih khusus, Kalender Pendidikan bagi guru digunakan untuk pedoman dalam penyusunan Daftar Kelas, Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Kalender Pendidikan untuk setiap satuan pendidikan disusun oleh masing-masing satuan pendidikan. Penyusunannya berdasarkan alokasi waktu pada Standar Isi dengan memperhatikan ketentuan pemerintah.

Hari efektif pada satuan pendidikan ditetapkan dengan cara menghitung jumlah hari dalam satu bulan atau tahun dikurangi hari libur, ulangan semester gasal dan genap, dan beberapa hari lain sesuai kebijakan sekolah.
Penyerahan Raport Kepada Siswa:
(1) Untuk semester 1, dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Desember 2020.

(2) Untuk semester 2, dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Juni 2021.

Sekolah/madrasah dapat menyelenggarakan kegiatan pendidikan 5 (lima) atau 6 (enam) hari belajar per minggu yang setara dengan 200 hari sampai dengan 245 hari belajar efektif per tahun sepanjang tidak mengurangi jumlah jam belajar efektif yang telah ditetapkan.

Jumlah Hari Belajar Sekolah/Madrasah Efektif dalam satu tahun pelajaran sekurang-kurangya 200 (dua ratus) dan sebanyak-banyaknya 245 (dua ratus empat puluh lima).

Kalender Pendidikan Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2020/2021 berikut ini!
Terima kasih sudah membaca informasi dan mengunduh Kalender Pendidikan Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2020/2021. Budayakan berkomentar dan sebarkan untuk kebermanfaatan orang banyak. Salam cerdas dan berkarakter!

0 comments:

Posting Komentar