Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Selasa, 09 Juni 2020

Materi dan Soal Pengembangan Kecakapan Hidup dan Karakter Tentang Penggunaan Gawai Untuk Sekolah Dasar Kelas 4, 5, dan 6

materi dan soal bahaya penggunaan gawai
Semangat pagi inovator yang kreatif, percaya diri, dan thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat dan bahagia bersama keluarga.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan lakukan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Nothing is impossible because you’re possible" 

Apakah kamu pernah mendengar tentang gawai? Penasarankah tentang manfaat dan bahaya bermain gawai? Yuk, mari kita cari tahu lebih lanjut dengan membaca materi berikut ini!

Baca dan kerjakan juga : Soal Kecakapan Hidup & Karakter Tentang "Permainan Layang-layang" dan Soal Matematika "Pembelajaran Bermakna Dari Covid-19"

Pembelajaran kali ini membahas tentang Materi dan Soal Pengembangan Kecakapan Hidup dan Karakter Tentang Penggunaan Gawai Untuk Sekolah Dasar Kelas 4, 5, dan 6, dengan Kompetensi Literasi: Mengaplikasikan pengunaan gawai yang tepat pada anak untuk meningkatkan kreatifitas, perkembangan mental, dan gerak anak.

Bahaya Penggunaan Gawai Pada Anak-Anak
Penggunaan gawai pada anak-anak sudah bisa dibilang biasa. Bahkan kadang kala gawai bisa jadi penolong kita, misalnya ketika anak sedang sulit makan atau menenangkan anak yang sangat aktif. Kini berbagai konten untuk anak-anak juga sudah banyak sekali tersedia. Sehingga, sebagai orang tua bisa lebih sedikit tenang tanpa khawatir si anak menonton konten-konten yang belum sesuai dengan usianya.

Akan tetapi penggunaan gawai pada si anak tidak lagi memiliki efek buruk? Apakah penggunaan gawai dengan filter konten dewasa sudah pasti tidak akan memberi dampak negatif pada si anak?

Bahaya penggunaan gawai bukan sekadar pada kontennya saja, tapi juga pada efek ketagihan hingga efek ketergantungan yang dapat berdampak buruk pada kepribadian si anak, seperti:
Si anak hanya mau makan sambil menonton. Jika tanpa gawai, ia tidak mau makan sama sekali atau hanya makan sedikit.
Agar disuguhi gawai, si anak suka berbuat onar, seperti mengganggu, berteriak, tidak mau duduk tenang dan baru akan tenang ketika diberi gawai.
Si anak linglung dan tidak tahu mau melakukan aktivitas apa ketika tidak ada gawai.
Ketika bepergian, si gawai menjadi gelisah ketika gawainya ketinggalan, lowbatt atau rusak.
Yang paling parah adalah si anak marah hingga tantrum ketika keinginannya akan gawai tidak terpenuhi.

Mungkin masih banyak lagi efek buruk ketergantungan gawai pada si anak yang dialami sebagai bukti bahwa sekecil apa pun, efek penggunaan gawai pada anak tetap ada.

Oleh karena itu, kebijakan orang tua untuk melakukan pendampingan dan pendidik anak berperan besar pada keputusan apakah orang tua mengizinkan atau tidaknya gawai digunakan oleh si anak. Sebelum orang tua memutuskan untuk mengizinkan si anak bermain gawai, pikirkan baik-baik apa gunanya dan atur strategi untuk meminimalisir efek buruknya.

Demikian paparan materi singkat tentang bahaya penggunaan gawai pada anak-anak, semoga dapat dipahami.
Berikut ini adalah Soal Pengembangan Kecakapan Hidup dan Karakter Tentang Penggunaan Gawai Untuk Sekolah Dasar Kelas 4, 5, dan 6. Soal berikut terdiri dari 5 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 30:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!
Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Soal Pengembangan Kecakapan Hidup dan Karakter Tentang Penggunaan Gawai Untuk Sekolah Dasar Kelas 4, 5, dan 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah membaca. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

0 comments:

Posting Komentar