Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Minggu, 07 Juni 2020

Soal Kecakapan Hidup & Karakter Tentang "Permainan Layang-layang" Untuk Sekolah Dasar Kelas 4, 5, dan 6

ilustrasi pembelajaran bermakna dari permainan layang-layang
Semangat pagi inovator yang kreatif, percaya diri, dan thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat dan bahagia bersama keluarga.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan lakukan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Nothing is impossible because you’re possible" 

Apakah kamu pernah mendengar tentang Layang-layang? Penasarankah tentang manfaat bermain layang-layang? Yuk, mari kita cari tahu lebih lanjut dengan membaca materi berikut ini!


Pembelajaran kali ini membahas tentang soal pilihan ganda Soal Kecakapan Hidup & Karakter Tentang "Permainan Layang-layang" Untuk Sekolah Dasar Kelas 4, 5, dan 6, dengan Kompetensi Literasi: Melalui soal pembelajaran bermakna dapat meningkatkan perkembangan life skill dan karakter siswa selama belajar di rumah tentang permainan layang-layang .

Layang-layang
Layang-layang merupakan lembaran bahan tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara dan terhubungkan dengan tali atau benang ke daratan atau pengendali. Layang-layang memanfaatkan kekuatan hembusan angin sebagai alat pengangkatnya. Catatan pertama yang menyebutkan permainan layang-layang adalah dokumen dari Cina sekitar 2500 Sebelum Masehi. Sedangkan penggambaran layang-layang tertua adalah dari lukisan gua periode mesolitik di pulau Muna, Sulawesi Tenggara, yang telah ada sejak 9500-9000 tahun SM. 

Bermain layang-layang dapat memberikan beragam manfaat, berikut diantaranya:
Menjaga kesehatan
Diawali dengan menerbangkan layang-layang sambil berlarian, kemudian menarik benang dengan sekuat tenaga akan membuat anak lebih sehat. Tanpa Anda sadari, permainan layang-layang sudah membuat anak lebih giat untuk bergerak dan berolahraga. Anda pun bisa senang, karena si kecil bisa tumbuh dengan sehat dan juga penuh keceriaan.

Mengasah kreativitas
Manfaat berikutnya yang dapat anak peroleh saat bermain layang-layang adalah kreativitas. Mulanya anak hanya sebatas menerbangkan layang-layang yang sudah dibelinya. Lambat laun dia akan penasaran dan ingin mencoba membuatnya sendiri. Dia pun akan menggunakan akal dan kreativitasnya untuk membuat model layang-layang sekaligus pemilihan warna yang menarik sesuia dengan pemikirannya.

Memupuk jiwa sosial
Memang satu layang-layang diterbangkan oleh satu orang. Tapi, jika musim layang-layang telah tiba, bisa puluhan bahkan ratusan anak yang menerbangkan layang-layang di langit yang sama. Saling bertukar pendapat dan berkompetisi dengan sesama penerbang akan membuat anak lebih pintar. Dia juga akan terbiasa hidup dengan banyak orang yang beragam, namun dengan tujuan yang sama.

Melatih kesabaran
Walau tampak sepele, menerbangkan layang-layang hingga bisa melambung tinggi bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan usaha yang berkali-kali hingga mampu menerbangkan layang-layang tersebut. Dengan kegigihan yang dimilikinya, si kecil secara tak langsung sudah berlatih bersabar hingga dapat menerbangkan layang-layang tersebut dengan lihai.

Demikian paparan materi singkat tentang layang-layang, semoga dapat dipahami.
Berikut ini adalah Soal Kecakapan Hidup & Karakter Tentang "Permainan Layang-layang" Untuk Sekolah Dasar Kelas 4, 5, dan 6. Soal berikut terdiri dari 5 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat! 

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 30:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Soal Kecakapan Hidup & Karakter Tentang "Permainan Layang-layang" Untuk Sekolah Dasar Kelas 4, 5, dan 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah membaca. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

0 comments:

Posting Komentar