Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Selasa, 25 Agustus 2020

Panduan Pembelajaran Tematik Tentang Menggali Informasi Dari Wujud Persatuan dan Kesatuan Untuk SD Kelas Tinggi

Persatuan dan Kesatuan
Semangat pagi insan yang kerja cerdas, kolaboratif, dan motivatrust!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan penuh semangat.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan budayakan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."
"Setiap kesulitan adalah sumber kreatifitas. Selama kita fokus mencari dan mengatasinya, kesempatan dan sukses akan datang menggampiri kita."

Literasi Challenge: 
Simak ulasan berikut!
Umumnya, ikan-ikan yang hidup di perairan tropis, seperti Indonesia yang paling sering kelelahan karena kadar oksigen yang sulit didapatkan. Untuk beradaptasi dengan lingkungannya, ikan-ikan di perairan tropis memiliki kemampuan untuk bernapas pendek. Ikan-ikan di perairan tropis ini punya sistem pernapasan khusus. Caranya, ikan harus berenang ke permukaan air paling atas untuk mengambil oksigen. Ada juga beberapa jenis ikan yang akan melompat keluar air untuk mengambil oksigen. 
Mengapa ikan Lele dapat hidup di lumpur yang kadar oksigennya rendah?

Taukah kamu perwujudan persatuan dan kesatuan sebagai seorang siswa? Bagaimana memelihara persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari? Penasarankah tentang cara memahaminya? Yuk, mari kita cari tau lebih lanjut dengan menyimak materi berikut ini!


Pembelajaran kali ini membahas tentang "Menggali Informasi Dari Wujud Persatuan dan Kesatuan", dengan KOMPETENSI NUMERASI: (1) Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya; dan (2) Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, dimana, kapan, siapa, mengapa,dan bagaimana

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Pemahaman Materi:
Indonesia sebagai negara multikultural atau masyarakat majemuk dan pluralisme, memiliki arti penuh dengan keberagaman, nilai budaya, ras, etnis, bahasa, dan sejarah yang berpadu menjadi satu sebagai kebiasaan di daerah setempat yang tersebar di seluruh wilayah NKRI.
Keberagaman yang dimiliki mendorong terciptanya Semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang dari dulu sampai sekarang menjadi pedoman bangsa Indonesia dalam hidup bermasyarakat. Persatuan dan kesatuan harus terus kita pertahankan dari pihak-pihak yang dengan sengaja ingin menciptakan perpecahan di negeri tercinta ini.
Banyak cara yang bisa kita lakukan dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Pertama, sikap toleransi yaitu saling menghormati dan menghargai ditengah keberagaman budaya pada masyarakat. Kedua, menghormati perbedaan dengan selalu bersikap ramah dan menghilangkan egoisme masing-masing suku dan golongan. Ketiga, peran pemerintah diperlukan dalam pengambilan keputusan untuk melestarikan keragaman sosial budaya. Keempat, kesadaran masyarakat menjadi dasar dalam menjaga keanekaragaman tetap utuh di lingkungannya sendiri.

Bacalah teks berikut!
Bandung Lautan Api 
Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung pada tanggal 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka. Mereka meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia. Karena kejadian tersebut, tentara Inggris merasa tidak terima dan mulai menyerang, sehingga pertempuran sengit terjadi. 
Pertempuran yang paling besar terjadi di Desa Dayeuhkolot, di mana terdapat gudang amunisi besar milik tentara Sekutu. Dalam pertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, dua anggota milisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia) terjun dalam misi untuk menghancurkan gudang amunisi tersebut. Muhammad Toha berhasil meledakkan gudang tersebut. 
diagram pertanyaan
Buat di buku latihanmu ya!

Video 1:
Demikian tayangan materi singkat tentang Menggali Informasi Dari Wujud Persatuan dan Kesatuan, semoga dapat dipahami. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 90:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!
Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Panduan Pembelajaran Tematik Tentang Menggali Informasi Dari Wujud Persatuan dan Kesatuan Untuk SD Kelas Tinggi, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Ingat postingkan jawaban kalian dari challenge yang ada di akhir soal atau ulasan literasi challenge tersebut pada kolom komentar di bawah ini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

3 komentar:

  1. Ika lele sanggup bertahan di lumpur karena tubuhnya di desain khusus untuk hidup si air berlumpur yang miskin oksigen

    BalasHapus
  2. Karena ikan lele mempunyai labirin yang merupakan perluasan ke atas dari insang dan membentuk lipatan lipatan sehingga merupakan rongga rongga tidak teratur.sd 1 panjer Joannita.

    BalasHapus
  3. Ikan lele memang ikan "spesialis"
    lumpur...tubuhnya didesain khusus untuk hidup di
    air berlumpur yang miskin oksigen...Ikan lele
    mempunyai labirin yang merupakan perluasan ke
    atas dari insang dan membentuk lipatan-lipatan
    sehingga merupakan rongga-rongga tidak teratur. Labirin ini berfungsi menyimpan cadangan 02
    sehingga ikan tahan pada kondisi yang
    kekurangan 02. Contoh lain ikan yang mempunyai
    labirin adalah ikan gabus . Untuk menyimpan
    cadangan 02, selain dengan labirin, ikan
    mempunyai gelembung renang yang terletak di dekat punggung.

    BalasHapus