Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Senin, 31 Agustus 2020

Pembelajaran Matematika Tentang Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Bilangan Bulat SD Kelas Tinggi

Semangat pagi insan yang kerja cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan penuh semangat.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan budayakan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

"Setiap kesulitan adalah sumber kreatifitas. Selama kita fokus mencari dan mengatasinya, kesempatan dan sukses akan datang menggampiri kita."

Numerasi Challenge: 
Simak ulasan berikut!
I Wayan Mark So Good mengikuti ujian matematika yang berisi 40 soal pilihan ganda. Penskoran soal ujian tersebut diatur dengan rincian: jawaban benar bernilai 5, jawaban salah bernilai - 2, dan tidak dijawab bernilai -1. Setelah diperiksa ternyata, jumlah jawaban Mark yang benar sebanyak 26 soal dan 7 soal salah. Tentukan skor total yang diperoleh Mark So Good!

Taukah kamu Bilangan Bulat Negatif? Bagaimana menyelesaikan masalah bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari? Penasarankah tentang cara memahaminya? Yuk, mari kita cari tau lebih lanjut dengan menyimak materi berikut ini!


Pembelajaran kali ini membahas tentang "Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Bilangan Bulat", dengan KOMPETENSI NUMERASI: (3.1) Menjelaskan bilangan bulat negatif menggunakan garis bilangan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat.

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Pemahaman Materi:
Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Bilangan Bulat

Klik disini untuk melihat ulasan materi sebelumnya tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif

Bilangan bulat dalam bahasa Inggris dikenal dengan integer atau integers. Menurut satu versi, bilangan bulat terdiri dari bilangan cacah (0, 1, 2, 3, …) berikut dengan bilangan negatifnya (-1, -2, -3, …). Bilangan -0 adalah sama dengan 0 sehingga tidak lagi dimasukkan secara terpisah, karena sebenarnya bilangan 0 adalah bilangan yang tidak positif dan tidak negatif. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri dari bilangan positif, bilangan negatif, dan bilangan 0.
Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

Tanda positif atau negatif setiap bilangan sekaligus merupakan operasi hitung yang dimiliki bilangan-bilangan tersebut, apabila operasi itu tidak memerlukan operasi hitung tertentu yang bersifat khusus. Namun ada kalanya suatu operasi memerlukan tanda khusus tambahan (tanda – sebagai tanda pengurangan). Hal ini diperlukan ketika terjadi operasi pengurangan yang melibatkan bilangan negatif. Misal:
a) -3 – (-7) = 4
b) 5 – (-8) = 13

Sedangkan untuk operasi hitung perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat berlaku hasil yang pasti, yaitu:
Perkalian atau pembagian dua buah bilangan bulat dengan tanda yang sama SELALU menghasilkan hasil yang POSITIF.
Hal ini berlaku juga untuk operasi pembagian.
Perkalian atau pembagian dua buah bilangan bulat dengan tanda yang berbeda SELALU menghasilkan hasil yang NEGATIF.

Perkalian dan pembagian bilangan bulat

Aplikasi bilangan bulat di dalam soal-soal biasa diperlihatkan dalam kasus-kasus yang berkenaan dengan suhu udara, ketinggian suatu tempat, atau bisa juga dalam kasus tentang rugi-laba dalam perusahaan atau hutang-piutang.

Dalam kasus ketinggian suatu tempat, dikenal titik nol di mana merupakan titik kedudukan ketinggian bagi permukaan air laut. Oleh karena itu, ketinggian daratan sering dilambangkan dengan bilangan positif sedangkan kedalaman lautan sering dilambangkan dengan bilangan negatif.

Untuk kasus temperatur atau suhu udara juga digunakan bilangan bulat. Titik 0 digunakan sebagai patokan di mana di titik ini disebut sebagai titik beku, dikenal dengan 0 derajat atau 0o. Di atas titik ini berarti suhu lebih panas, dan di bawah titik ini maka suhu lebih dingin. Sebagai contoh, suhu rata-rata udara di Indonesia adalah 30°C. Sementara suhu di daerah kutub bisa berkisar -20°C.

Di dalam perusahaan, perhitungan untung rugi juga dilakukan dalam bentuk bilangan bulat. Saldo perusahaan di akhir tahun buku bisa menggambarkan sebuah perusahaan dalam posisi untung atau rugi. Bila saldo positif maka perusahaan itu untung, sedangkan bila saldo negatif maka perusahaan itu rugi.

Video 1:
Video 2:
Demikian tayangan materi singkat tentang Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Bilangan Bulat, semoga dapat dipahami. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Pembelajaran Matematika Tentang Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Bilangan Bulat SD Kelas Tinggi, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Ingat postingkan jawaban kalian dari challenge yang ada di akhir soal atau ulasan numerasi challenge tersebut pada kolom komentar di bawah ini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar