Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Selasa, 01 September 2020

Pembelajaran Bermakna IPS dan SBdP Tentang Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Yang Sejahtera dan Tari Kreasi Daerah SD Kelas Tinggi

Semangat pagi insan yang kerja cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan penuh semangat.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan budayakan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."
"Setiap kesulitan adalah sumber kreatifitas. Selama kita fokus mencari dan mengatasinya, kesempatan dan sukses akan datang menggampiri kita."

Literasi Challenge: 
Simak ulasan berikut!
Kemerdekaan itu ialah suatu kebebasan, bebas berpendapat, berekspresi, dan mendapatkan hidup yang layak tanpa adanya tekanan dari siapapun. Kemerdekaan bukan semata-mata hadiah dari bangsa lain, namun Kemerdekaan diraih dari hasil perjuangan para pahlawan yang rela berkorban. Selain untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah gugur, Kemerdekaan Indonesia juga dapat dimaknai sebagai bentuk rasa cinta tanah air. Walaupun Indonesia telah merdeka, perjuangan tidak berhenti disitu saja. Sebagai pelajar ada banyak hal yang dilakukan untuk mengisi Kemerdekaan yaitu dengan cara belajar sungguh-sungguh agar sukses dalam membangun Indonesia yang maju, melestarikan Kebudayaan Indonesia, Menjaga Bhinneka Tunggal Ika dan menanamkan jiwa Nasionalisme pada generasi muda. 
Tuliskan wujud nyata seorang siswa dalam mengisi kemerdekaan untuk masa depan bangsa di masa pandemi covid-19 ini!
makna bersatu kita teguh
Taukah kamu Apa itu Tari Kreasi Daerah? Bagaimana Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Yang Sejahtera? Penasarankah tentang cara memahaminya? Yuk, mari kita cari tau lebih lanjut dengan menyimak materi berikut ini!


Pembelajaran kali ini membahas tentang "Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Yang Sejahtera dan Tari Kreasi", dengan KOMPETENSI LITERASI: (1) 3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.; dan (2) 3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Pemahaman Materi:

Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan Indonesia 
Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya harga barang-barang mahal akibat inflasi dan adanya blokade ekonomi oleh Belanda (NICA). Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah beserta rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan, di antaranya:
Pada awal kemerdekaan, pemerintah dan rakyat Indonesia belum sempat melakukan perbaikan ekonomi secara baik. Baru bulan Februari 1946, pemerintah mulai memprakarsai usaha untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang mendesak. Upaya-upaya tersebut meliputi: 
Pinjaman Nasional
Program Pinjaman Nasional ini dilaksanakan oleh Menteri Keuangan. lr. Surachman. Pinjaman Nasional akan dibayar kembali selama jangka waktu 40 tahun.
Konferensi Ekonomi 
Konferensi ini dihadiri oleh para cendekiawan, para gubernur, dan para pejabat lainnya yang bertanggung jawab langsung mengenai masalah ekonomi di Jawa. Konferensi ini dipimpin oleh Menteri Kemakmuran, Ir. Darmawan Mangunkusumo. Tujuan konferensi ini untuk memperoleh kesepakatan yang bulat dalam menanggulangi masalah-masalah ekonomi yang mendesak, seperti masalah produksi dan distribusi makanan, sandang, serta status dan administrasi perkebunan. Pembentukan Badan Perancang Ekonomi 
Pembentukan Badan ini atas inisiatif Menteri Kemakmuran, dr. A.K. Gani. Badan ini merupakan badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun. 
Rencana Kasimo (Kasimo Plan) 
Program ini disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I.J. Kasimo. Program ini berupa Rencana Produksi Tiga Tahun, 1948-1950 mengenai usaha swasembada pangan dengan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis. Untuk meningkatkan produksi bahan pangan dalam program ini, Kasimo menyarankan agar : 
  1. menanami tanah-tanah kosong di Sumatra timur seluas 281.277 ha.; 
  2. di Jawa dilakukan intensifikasi dengan menanam bibit unggul; 
  3. pencegahan penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan; 
  4. di setiap desa dibentuk kebun-kebun bibit; 
  5. transmigrasi. 
Persatuan Tenaga Ekonomi
Organisasi yang dipimpin B.R. Motik ini bertujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta. Dengan dibentuknya PTE juga diharapkan dapat dan melenyapkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa Indonesia.
Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan
Hari kemerdekaan merupakan momen bersejarah dan momen terpenting bagi suatu bangsa dan negara, termasuk juga bagi Indonesia. Pasalnya, kemerdekaan Indonesia diperoleh melalui perjalanan panjang dan perjuangan yang keras dari para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah.

Namun perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan seharusnya tidak hanya diperingati setahun sekali dengan perayaan-perayaan tertentu. Perjuangan tersebut harus dimaknai dan dilanjutkan oleh generasi muda dan sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi muda untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang sudah diraih dengan susah payah melalui perjuangan para pahlawan yang sudah mempertaruhkan jiwa dan raganya.

Cara generasi muda masa kini untuk mengisi kemerdekaan yaitu:
  1. Pengabdian ke masyarakat
  2. Mendukung perkembangan produk dalam negeri
  3. Terlibat dalam memajukan sektor pendidikan
  4. Mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia
  5. Saling menghormati dan berbagi
Tari Kreasi Daerah

Tari kreasi adalah bentuk gerak tari baru yang dirangkai dari perpaduan gerak tari tradisional kerakyatan dengan tradisional klasik. Gerak ini berasal dari satu daerah atau berbagai daerah di indonesia
Tari kreasi daerah adalah jenis tarian yang di inovasikan dengan menyesuaikan gerakan atau properti yang digunakan dalam tarian tersebut sehingga masyarakat dapat menerimanya dengan baik.

Video Pembelajaran
Demikian tayangan materi singkat tentang Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Yang Sejahtera dan Tari Kreasi, semoga dapat dipahami. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!
Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Pembelajaran Bermakna IPS dan SBdP Tentang Upaya Mengembangkan Kehidupan Kebangsaan Yang Sejahtera dan Tari Kreasi Daerah SD Kelas Tinggi, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Ingat postingkan jawaban kalian dari challenge yang ada di akhir soal atau ulasan numerasi challenge tersebut pada kolom komentar di bawah ini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

7 komentar:

  1. Bersama-sama kita menghadapi corona,deņgan cara,menjaga kebersihan badan dan lingkungan,pergunakan masker dengan baik dan benar.

    BalasHapus
  2. Tetap semangat belajar walaupun dengan cara daring jangan patah semangat walaupun banyak rintangan.

    BalasHapus
  3. Tetap belajar walaupun diruma dan saling membantu dengan orang yang susah dan saling menghargai menghormati antar semua orang

    BalasHapus
  4. saling mendukung produk dalam negri saling mnghormati antar umat beragama dan saling membantu antar negara

    BalasHapus
  5. Nama : ida bagus gede wiswambara keniten
    No : 14
    Kls : VI A

    JABAWAN CHALLANGE :

    Dimasa pandemi seperti ini kita harus tetap semangat belajar dengan memanfaatkan teknologi . Kita juga harus tetap menjaga dan memelihara semangat persatuan kesatuan.

    BalasHapus
  6. Tetap semangat belajar walaupun secara daring dan patuh terhadap protokol-protokol kesehatan.

    BalasHapus
  7. Saya rai anatara dari sd negri 1 panjer jawabannya : belajar dari rumah dengan penuh bersemangat dan mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker dan jaga jarak minimal 1 atau 2 meter

    BalasHapus