Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Senin, 24 Agustus 2020

Panduan Pembelajaran Tentang Bekerja Sama Dalam Perbedaan Untuk Tujuan Persatuan Untuk SD Kelas Tinggi

Semangat pagi insan yang kerja cerdas, kolaboratif, dan motivatrust!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan penuh semangat.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan budayakan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."
"Setiap kesulitan adalah sumber kreatifitas. Selama kita fokus mencari dan mengatasinya, kesempatan dan sukses akan datang menggampiri kita."

Literasi Challenge: 
Simak ulasan berikut dan Kapal apakah yang dimaksud?
Kapal layar tradisional khas milik Indonesia, yang berasal dari suku Bugis dari Provinsi Sulawesi Selatan. Kapal ini memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di bagian depan, dan dua lagi di bagian belakang kapal. Tujuh helai layar memiliki makna kalau nenek moyang Bangsa Indonesia mampu mengarungi tujuh samudera besar di dunia. 
Menurut mitologi masyarakat Tanah Beru di Sulawesi Selatan, awal pembuatan kapal ini adalah ketika nenek moyang mereka membuat sebuah perahu yang berukuran lebih besar untuk mengarungi lautan. Perahu itu hendak digunakan untuk membawa barang-barang dagangan, dan juga untuk menangkap ikan. Perahu pertama selesai dibuat dan dibawa berlayar mengarungi laut. Tapi ombak dan badai menghempaskan perahu dan menghancurkannya. Bagian badan perahu terdampar di Dusun Ara, bagian layar di Tanjung Bira, sementara isinya terdampar di Tanah Lemo. 
Kejadian itu dianggap sebagai pesan simbolis bahwa masyarakat ketiga tempat itu harus bekerja sama untuk menaklukkan lautan. Penduduk dari Desa Ara mengkhususkan diri sebagai pembuat perahu. Orang Bira menguasai ilmu perbintangan dan tanda-tanda alam. Sementara orang Lemo menjadi pengusaha yang menyediakan modal pembuatan perahu, serta menggunakannya. Tradisi berbagi tugas itu berlangsung selama bertahun-tahun dan pada akhirnya mereka membuat sebuah perahu kayu tradisional.

Taukah kamu pentinya bekerja sama? Bagaimana cara mewujudkan kerjasama dalam perbedaan untuk mencapai tujuan? Penasarankah tentang cara memahaminya? Yuk, mari kita cari tau lebih lanjut dengan menyimak materi berikut ini!


Pembelajaran kali ini membahas tentang "Bekerja Sama Dalam Perbedaan Untuk Tujuan Persatuan", dengan KOMPETENSI Literasi: Mengembangkan pemahaman dan latihan soal tentang bekerja sama dalam perbedaan untuk tujuan persatuan

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Video 1:
Pemahaman Materi:
Pola Lantai
Pola Lantai dalam tarian daerah
Pola Lantai Tari merupakan garis-garis di lantai yang dilalui penari ketika melakukan gerak tari dari perpindahan tempat satu ke tempat lainnya. Pola yang juga disebut garis imajiner ini sengaja dibuat oleh formasi penari kelompok.
Fungsi dari pola lantai yaitu untuk menata gerakan tarian, membentuk komposisi dalam pertunjukan tarian dan menciptakan kekompakan antar anggota penari. Dengan adanya pola lantai, tarian yang disajikan akan lebih indah dan menarik untuk ditonton. Sebenarnya dalam pola lantai terdapat dua garis dasar yaitu garis lurus dan melengkung.
Tujuan dengan menguasai pola lantai yaitu penari akan lebih mudah melakukan perpindahan gerak. Sehingga sang penari akan mengetahui area mana yang menjadi area miliknya tanpa harus khawatir mengganggu atau bertabrakan dengan area penari lainnya.
Pola lantai lurus vertikal berarti pola lantai yang lurus dan memanjang. Para penari berjumlah lebih dari satu orang dan akan membentuk formasi lurus baik dari depan ke belakang maupun sebaliknya.
Pola lantai horizontal sebenarnya sama seperti pola lurus vertikal dimana pola lantai bergaris lurus. Hanya saja pada pola lantai horizontal, bentuk barisan dari kiri ke kanan maupun dari kanan ke kiri.
pola lantai diagonal membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri. Pola lantai ini memberikan kesan yang dinamis tetapi tetap kokoh untuk para penonton atau penikmatnya.
Pola garis melengkung sendiri terdiri dari tiga macam yaitu garis lingkaran, angka delapan, huruf U dan lengkung ular. Pola garis yang melengkung akan memberikan kesan yang lembut tetapi lemah.

Demikian tayangan materi singkat tentang Bekerja Sama Dalam Perbedaan Untuk Tujuan Persatuan, semoga dapat dipahami. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 90:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!
Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Panduan Pembelajaran Tentang Bekerja Sama Dalam Perbedaan Untuk Tujuan Persatuan Untuk SD Kelas Tinggi, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Ingat postingkan jawaban kalian dari challenge yang ada di akhir soal dan ulasan literasi challenge tersebut pada kolom komentar di bawah ini!

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

4 komentar: