Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Kamis, 10 September 2020

Materi dan Soal HOTS Matematika Tentang Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Desimal dan Persen SD Kelas Tinggi

Semangat pagi insan yang kerja cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan penuh semangat.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan budayakan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

"Setiap kesulitan adalah sumber kreatifitas. Selama kita fokus mencari dan mengatasinya, kesempatan dan sukses akan datang menggampiri kita."

Literasi Challenge: 
Simak ulasan berikut!
Dua buah kapal laut berangkat dari salah satu pelabuhan dengan jalur yang sama. Kapal pertama berangkat dari pelabuhan pada pagi hari dan kapal kedua berangkat dari pelabuhan pada sore harinya. Pada hari kedua, jarak yang ditempuh kapal pertama sejauh 347,214 km sedangkan kapal kedua sejauh 273,19 km. 

Tentukanlah selisih jarak yang ditempuh kedua kapal tersebut!

Mampukah kalian mengubah bentuk pecahan desimal? Bagaimana cara melakukan operasi penjulahan dan pengurangan pecahan desimal dan persen? Penasarankah tentang cara memahaminya? Yuk, mari kita cari tau lebih lanjut dengan menyimak materi berikut ini!


Pembelajaran kali ini membahas tentang "Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Desimal dan Persen", dengan KOMPETENSI NUMERASI: (1) 3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi.

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Materi Pembelajaran:
pecahan desimal
Siti membeli jeruk 4 buah. Berat setiap buah jeruk 0,125 kg. Berapa berat jeruk yang dibeli Siti? Berat keempat jeruk tersebut dapat dihitung dengan cara berikut. 0,125 + 0,125 + 0,125 + 0,125

Bilangan Desimal
bilang desimal merupakan suatu bilangan pecahan dimana penyebut nya adalah kelipatan dari 10 lalu ditulis dengan menggunakan tanda koma (,) serta sebagai pemisah diantara bilangan bulat dan pecahannya.

Mengenal Pecahan Desimal Bilangan Pecahan desimal adalah bentuk lain dari suatu pecahan. Ciri dari pecahan desimal adalah tanda koma ( , ) Contoh Pecahan Desimal 
• Bentuk pecahan desimal dari 3 10 adalah 0,3 
• Bentuk pecahan desimal dari 3 100 adalah 0,03 
• Bentuk pecahan desimal dari 3 1000 adalah 0,003

Persen
persen atau kebanyakan orang menyebutnya dengan persentase atau perseratus merupakan sebuah angka atau rasio (perbandingan) yang berguna untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persen sering ditunjukkan dengan lambang seperti ini “%”. Perlu anda ketahui juga bahwa persen sering digunakan juga walaupun bukan berasal dari unsur ratusan. Kemudian bilangan itu diskalakan dengan tujuan agar bilangan tersebut dapat dibandingkan dengan seratus.

Kalikan bilangan desimal dengan 100 untuk mengubahnya menjadi persen. Maksudnya ialah anda diperintahkan untuk memindahkan tanda desimal dua tempat di sebelah kanan. Makna persen manandakan bahwa penyebut nya adalah “:perseratus”. Setelah anda mengalikan dengan 100 jangan lupa untuk memberikan tanda atau simbol persen (%) setelah setiap kali melakukan perkalian.

Untuk menambah pengetahuan dan kemampuan tentang materi ini, silakan perbanyak sumber dari sumber-sumber belajar lainnya.

Demikian tayangan materi singkat tentang Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Desimal dan Persen. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Materi dan Soal HOTS Matematika Tentang Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Desimal dan Persen SD Kelas Tinggi, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

1 komentar:

  1. Nama : ida bagus gede wiswambara keniten
    No : 14

    Jawaban challange

    347,214 km - 273,19 = 74,024

    BalasHapus