Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Rabu, 09 September 2020

Materi dan Soal Online Tentang Teks Eksplanasi dan Rangkaian Listrik Sederhana SD Kelas Tinggi

rangkaian listrik
Semangat pagi insan yang kerja cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan penuh semangat.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan budayakan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

"Setiap kesulitan adalah sumber kreatifitas. Selama kita fokus mencari dan mengatasinya, kesempatan dan sukses akan datang menggampiri kita."

Literasi Challenge: 
Simak ulasan berikut!
Kesadaran masyarakat untuk berhemat energi listrik masih rendah. Terlebih serangkaian studi awal memperlihatkan kelompok usia remaja menjadi kelompok yang dianggap tidak peduli terhadap upaya penghematan energi listrik. Disamping merasa tidak bertanggungjawab atas pembayaran listrik, para remaja beranggapan tidak tahu alasan mengapa harus berhemat listrik. Faktor penyebab lain remaja menganggap perilaku hemat energi listrik akan mengurangi kenyamanan dan kesenangan, dan mereka juga beranggapan isu kelangkaan energi hayalah isu yang dipolitisasi dan kelangkaan energi lebih disebabkan kegagalan pemerintah dalam mengelola energi. Pemberian pesan hemat energi listrik yang tidak kuat, tidak mampu mempengaruhi perubahan sikap, niat dan perilaku hemat listrik di kalangan remaja. 

Sebagai generasi remaja masa kini, perilaku nyata yang dapat dilakukan untuk memperbaiki perilaku sesuai ulasan tersebut!

Taukah kalian Teks Eksplanasi? Bagaimana Membuat Rangkaian Listrik Sederhana? Penasarankah tentang cara memahaminya? Yuk, mari kita cari tau lebih lanjut dengan menyimak materi berikut ini!

Simak dan kerjakan panduan yang menantang ini juga ya!!!: Materi dan Soal PPKn dan SBdP Tentang Kewajiban, Pemenuhan Hak dan Interval Nada

Pembelajaran kali ini membahas tentang "Teks Eksplanasi dan Rangkaian Listrik Sederhana", dengan KKOMPETENSI LITERASI: (1) 3.2 Menggali isi teks penjelasan(eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca; dan (2) 3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana; (3) 3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalamke hidupan sehari-hari 

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Materi Pembelajaran:
Teks Eksplanasi Ilmiah Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya. 

Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebabakibat. 

Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan). 

Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang dijelaskan.
 
Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian seri sederhana yang kamu lakukan.

laporan rangkaian seri
laporan rangkaian seri
Sekarang kamu akan membuat daftar alat dan bahan untuk percobaan membuat rangkaian paralel sederhana.
alat dan bahan membuat rangkaian paralel sederhana

Demikian tayangan materi singkat tentang Teks Eksplanasi dan Rangkaian Listrik Sederhana. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Materi dan Soal Online Tentang Teks Eksplanasi dan Rangkaian Listrik Sederhana SD Kelas Tinggi, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

1 komentar:

  1. Nama : IB. Gede wiswambara keniten
    No : 14

    Jawaban challange :

    Memberikan penyuluhan dan edukasi tentang pentingnya menghemat energi listrik dalam kehidupan

    BalasHapus