Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Rabu, 30 September 2020

Materi dan Soal PJJ Tematik Tentang Teks Eksplanasi Ilmiah dan Komponen-komponen Listrik dan Fungsinya dalam Rangkaian Listrik Sederhana SD Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pb 3 Kelas 6 SD

Rangkaian listrik melalui lampu lalu lintas
Semangat pagi insan yang kerja cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan penuh semangat.

Sebelum pembelajaran dimulai ingat dan budayakan terlebih dahulu kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar) dan melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Setiap kesulitan adalah sumber kreatifitas. Selama kita fokus mencari dan mengatasinya, kesempatan dan sukses akan datang menggampiri kita."

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

Literasi Challenge: 
Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas atau APILL adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), dan tempat arus lalu lintas lainnya. Lampu ini yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah. Pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan pada masing-masing kelompok pergerakan kendaraan agar dapat bergerak secara bergantian sehingga tidak saling mengganggu antar-arus yang ada.Lampu lalu lintas telah diadopsi di hampir semua kota di dunia ini. Lampu ini menggunakan warna yang diakui secara universal; untuk menandakan berhenti adalah warna merah, hati-hati yang ditandai dengan warna kuning, dan hijau yang berarti dapat berjalan. Lampu lalu libtas di pasang dengan menggunakan rangkaian listrik secara paralel.Besarnya manfaat lampu lalu lintas bagi keselamatan jiwa pengendara masih kurang disadari. 

Bagaimana cara kalian menyadarkan diri sendiri dan anggota keluarga tentang peran penting lampu lalu lintas!

Taukah kalian Teks Eksplanasi Ilmiah? Bagaimana Membuat Rangkaian Listrik Sederhana? Penasarankah tentang cara memahaminya? Yuk, mari kita cari tau lebih lanjut dengan menyimak materi berikut ini!


Pembelajaran kali ini membahas tentang "Teks Eksplanasi Ilmiah dan Komponen-Komponen Listrik dan Fungsinya dalam Rangkaian Listrik Sederhana", dengan KOMPETENSI LITERASI: (1) 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca; dan (2) 3.4 Mengidentifikasi komponen komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana.

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Materi Pembelajaran:
Tema 3 Subtema 2 Pb 3 KD/Mupel 3.2 Bahasa Indonesia dan 3.4 IPA Tentang Teks Eksplanasi Ilmiah dan Komponen-komponen Listrik dan Fungsinya dalam Rangkaian Listrik Sederhana

Teks eksplanasi menjelaskan secara ilmiah proses dan sebab terjadinya suatu fenomena dengan menggunakan ragam bahasa baku yang bersifat universal. Pemaparan informasi dalam teks eksplanasi mudah dimengerti pembaca umum atau tidak terbatas pada kalangan tertentu saja. Oleh sebab itu, penulisan dan penggunaan kata dalam teks eksplanasi harus sesuai dengan PUEBI. 

Pembahasan dalam teks eksplanasi menggunakan konteks ilmiah melalui pemaparan sejarah, definisi, klasifikasi, dan kebiasaan. Informasi tersebut dapat berupa fakta-fakta empiris, data statistik, dan rangkaian peristiwa yang menjelaskan korelasi antar aspek dan antarperistiwa dalam teks. Berikut ciri-ciri atau karakteristik teks eksplanasi yang dapat memudahkan kita untuk membedakan antara teks eksplanasi dengan teks lainnya.

Ilmiah : Fenomena yang dijelaskan dalam teks eksplanasi berdasarkan konteks ilmiah, yaitu berupa fakta, realita, teori, dan penelitian. Penjelasan tersebut dapat berupa sejarah, klasifikasi, atau definisi.

Logis : Penjelasan fenomena dalam teks eksplanasi bersifat logis dan teoretis.

Objektif : Penjelasan dalam teks dapat disertai argumen yang bersifat objektif dengan didukung teori yang relevan, sehingga dapat pula dijadikan rujukan yang valid.

Struktur teks eksplanasi
Struktur Teks eksplanasi yang memudahkan kita dalam memahami isi teks. Adapun struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut.

Pernyataan umum
Bagian ini menjelaskan mengenai latar belakang dan tinjauan umum topik yang dapat berupa definisi, klasifikasi, sejarah, dan asal usul. Bagian dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa alam terjadi.

Deretan penjelas
Pada bagian ini berisi perincian proses atau sebab terjadinya suatu fenomena yang juga mencakup akibat dan dampak yang ditimbulkan.

Interpretasi
Bagian ini berisi penafsiran penulis mengenai topik dengan perspektif tertentu yang lebih luas dan menyeluruh, serta menjelaskan korelasi peristiwa yang menyertainya.

Simpulan
Pada bagian akhir teks terdapat tanggapan penulis dalam menyikapi fenomena berupa pernyataan reflektif yang bersifat umum.

Baca teks eksplanasi berikut dengan teliti!

Si Paralel Penyelamat Jalan 
    Garret Augustus Morgan adalah penemu lampu lalu lintas pada tahun 1923, yang sekarang digunakan di berbagai negara di dunia. Lampu tersebut bermanfaat untuk mengatur lalu lintas dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan. Morgan seorang warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain. Ia terpanggil untuk menciptakan sistim lampu lalu lintas setelah menyaksikan seringnya terjadinya kecelakaan antara mobil dengan kereta kuda. 
    Lampu lalu lintas temuan Morgan mengunakan rangkaian paralel. Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Oleh karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali. Prinsip kerja sebuah lampu lalu lintas adalah terdapatnya tiga buah lampu yang saling terhubung secara paralel. 
    Sungguh mulia tujuan Morgan menciptakan lampu lalu lintas. Dapat dibayangkan jika tidak ada lampu lalu lintas di jalur jalan raya yang ramai. Sebuah penemuan yang baik, tentunya akan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada digram berikut!
Struktur teks eksplansi ilmiah

Komponen-komponen Listrik dan Fungsinya dalam Rangkaian Listrik Sederhana
Untuk lebih memahami materi rangkaian listrik sederhana baik seri maupun paralel, mari simak video berikut!
Amati bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat lampu lalu lintas sederhana dan bacalah dengan teliti petunjuk pembuatannya.
Komponen-komponen Rangkaian Listrik
langkah membuat rangkaian lampu lalu lintas
Buatlah rangkaian lampu lalu lintas sebagai tugas proyek mandiri dirumah dengan kreasi dan inovasi yang kalian mampu! (tugas dikumpul dengan melalakukan kesepakatan waktu bersama wali kelasnya masing-masing)

Demikian tayangan materi singkat tentang Teks Eksplanasi Ilmiah dan Komponen Komponen Listrik dan Fungsinya dalam Rangkaian Listrik Sederhana. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Materi dan Soal PJJ Tematik Tentang Teks Eksplanasi Ilmiah dan Komponen-komponen Listrik dan Fungsinya dalam Rangkaian Listrik Sederhana SD Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pb 3 Kelas 6 SD, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar