Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Jumat, 09 Oktober 2020

PJJ Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 6 Tentang Pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dan Teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah

Salam Cerdas dan berkarakter. Semangat pagi insan cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur. 

Sebelum pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Ingat, yang terpenting dari penilaian atau evaluasi itu sendiri bukanlah lomba untuk meraih peringkat yang tertinggi. Melainkan sebuah tes yang dilakukan untuk membuat tolak ukur atas kemampuanmu sendiri untuk melangkah ke jenjang pendidikan serta kesuksesan yang lebih tinggi"

Pembelajaran yang dilakukan dimasa pandemi covid-19 baik secara daring maupun luring dilakukan sekolah dengan sangat optimal. Beragam cara dilakukan guru-guru untuk memotivasi siswa agar memiliki semangat belajar sebagai kesadaran dan kewajiban peserta didik. Pemberian materi dan penugasan dilakukan setiap hari efektif. Pemanfaatan teknologi dan media sosial sebagai media penghubung dan koordinasi antar guru dengan siswa dan guru dengan orang tua. Pendekatan tersebut tentu bertujuan baik untuk mengetahui keadan psykologis dan perkembangan belajar siswa.

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

Literasi Challenge: 
Perhatikan paragraf acak berikut! 
  1. Hujan asam biasanya terjadi karena letusan gunung berapi; 
  2. Hujan asam adalah hujan yang mempunyai kadar keasinan yang rendah pada setiap tetes airnya;
  3. Selain letusan gunung berapi, hujan asam dapat disebabkan asap industri dan asap kendaraan bermotor; 
  4. Untuk mencegah dan menanggulangi hujan asam, kita dapat mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dan menanam pohon; 
  5. Hujan asam memiliki dampak yang membahayakan makhluk hidup, khususnya manusia; 
  6. Hujan asam dapat merusak lingkungan dan menghambat pertumbuhan makhluk hidup yang hidup di air. 
Urutkan kalimat acak tersebut agar menjadi teks eksplanasi padu!


Pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab

Pembelajaran kali ini membahas tentang "Pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dan Teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah", dengan KOMPETENSI LITERASI: (1) 3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari ; dan (2) 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca.

Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca dan membuat gambar berseri, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku dan kalimat efektif pada teks eksplanasi ilmiah tentang “Rangkaian Listrik di Kelasku” dengan benar. 
  2. Setelah membaca dan membuat gambar berseri, siswa mampu menulis informasi penting tentang rangkaian seri/paralel/campuran yang dibaca dari teks eksplanasi ilmiah “Rangkaian Listrik di Kelasku” dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis. 
  3. Dengan menuliskan pengalaman diri, siswa mampu menyebutkan contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
  4. Dengan menuliskan pengalaman diri, siswa mampu memberikan pendapat atas pelaksanaan tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban dengan tepat. 
  5. Setelah menuliskan pengalaman diri, siswa mampu menceritakan pengalaman bertanggung jawab atas hak dan kewajiban dengan sistematis. 
  6. Dengan membuat poster, siswa mampu mengampanyekan tanggung jawab atas hak dan kewajiban dengan percaya diri.
Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Materi Soal Tema 3 Subtema 3 Pb 6 Tentang Pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dan Teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah

Apakah Hak, Kewajiban Dan Tanggung Jawab itu?
Hak menyebabkan manusia akan menjadikan dirinya menjadi lebih bermakna. Bermakna artinya manusia dapat menuntut kepada orang lain untuk memenuhi dan menghormati haknya. Apakah hak itu sehingga sangat penting bagi manusia? Setiap manusia mempunyai hak-hak dasar. Hak-hak dasar yang dimiliki setiap manusia sebagai anugerah Tuhan yang dibawa sejak lahir disebut hak asasi manusia. Hak-hak asasi manusia sifatnya tidak boleh dilanggar oleh siapapun. Hak asasi manusia bersifat umum (dimiliki semua manusia), dan tidak dapat diberikan kepada orang lain. 

Setiap manusia mempunyai hak, kewajiban dan tanggung jawab. Hak berarti milik atau kepunyaan. Hak dapat diartikan sebagai kekuasaan untuk berbuat sesuatu. Hak adalah sesuatu yang didapatkan atau diterima seseorang jika telah melakukakan serangkaian kegiatan. Hak dapat dimiliki setelah melaksanakan kewajiban. Hak dan kewajiban harus seimbang. Artinya tidak boleh hanya menuntut hak tetapi tidak mau melaksanakan kewajiban.

Setelah kalian paham tentang pengertian hak, selanjutnya anda juga harus paham dengan apa itu kewajiban. Kewajiban berasal dari kata dasar wajib yang artinya harus. Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilaksanakan oleh seseorang sesuai dengan aturan yang berlaku. Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab untuk mendapatkan hak. 

Tanggung jawab adalah kewajiban untuk menanggung sesuatu. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Bertanggung jawab adalah berkewajiban mananggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab merupakan perwujudan kesadaran akan kewajiban. Melaksanakan kewajiban berarti kita telah melaksanakan tanggung jawab.

Manusia sebagai mahkluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa mempunyai kedudukan sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial (mahkluk monodualis). Manusia sebagai mahkluk individu manusia mempunyai ciri khas yang membedakan dengan sesamanya. Manusia sebagai mahkluk sosial berarti manusia membutuhkan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya. Manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia juga diberi kemampuan berupa akal, pikiran, dan perasaan sehingga sanggup berdiri sendiri dan bertanggung jawab atas dirinya.

Penugasan Mandiri
Setiap anda pasti bergaul dengan keluarga anda (bapak, ibu, kakak, maupun adik). Lakukanlah pengamatan dilingkungan rumah anda terkait dengan hak, kewajiban dan tanggung jawab masing-masing. Buatlah laporan tertulis berupa cerita terkait dengan hak, kewajiban dan tanggung jawab yang dimiliki setiap anggota keluarga. Cerita harus mudah dipahami dan sesuai dengan keadaan yang nyata.

Buatlah penugasa tersebut di buku latihan kalian!

Buatlah sebuah poster yang berisi ajakan untuk mempraktikkan sikap hidup bertanggung jawab. Perhatikan kriteria yang harus terdapat dalam poster kalian: 
  1. Terdapat ajakan untuk selalu melakukan sikap hidup bertanggung jawab.
  2. Terdapat keterangan singkat tentang pentingnya memiliki sikap hidup bertanggung jawab.
  3. Terdapat contoh sikap melaksanakan sikap hidup bertanggung jawab. 
  4. Menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. 
  5. Poster jelas, menarik, tulisan rapi, dan bersih.
Demikian tayangan materi singkat Pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dan Teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah. Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 90:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan PJJ Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 6 Tentang Pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dan Teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.


#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar