Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Kamis, 08 Oktober 2020

PJJ Matematika Tentang Unsur-unsur lingkaran (titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring) SD Kelas VI

Salam Cerdas dan berkarakter. Semangat pagi insan cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up!. Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur. 

Sebelum pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Ingat, yang terpenting dari penilaian atau evaluasi itu sendiri bukanlah lomba untuk meraih peringkat yang tertinggi. Melainkan sebuah tes yang dilakukan untuk membuat tolak ukur atas kemampuanmu sendiri untuk melangkah ke jenjang pendidikan serta kesuksesan yang lebih tinggi"

Pembelajaran yang dilakukan dimasa pandemi covid-19 baik secara daring maupun luring dilakukan sekolah dengan sangat optimal. Beragam cara dilakukan guru-guru untuk memotivasi siswa agar memiliki semangat belajar sebagai kesadaran dan kewajiban peserta didik. Pemberian materi dan penugasan dilakukan setiap hari efektif. Pemanfaatan teknologi dan media sosial sebagai media penghubung dan koordinasi antar guru dengan siswa dan guru dengan orang tua. Pendekatan tersebut tentu bertujuan baik untuk mengetahui keadan psykologis dan perkembangan belajar siswa. Selain itu, guru juga melakukan penilain harian, tengah semester untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajarnya. 

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

Numerasi Challenge: 
Perhatikan gambar unsur-unsur lingkaran berikut, kemudian analisa dan tentukan jawabanya!
Unsur-unsur lingkaran tanpa keterangan

1. Panjang garis lengkung AC setara dengan panjang busur lingkaran ... dan ....
2. Jika garis OC adalah jari-jari, maka panjang garis OA terhadap AC adalah ....


Pembelajaran kali ini membahas tentang "Unsur-unsur lingkaran (titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring)", dengan KOMPETENSI NUMERASI: (1) 3.3 Menjelaskan unsur-unsur lingkaran (titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring) dan taksiran keliling dan luas lingkaran.

Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui pengamatan gambar tentang unsur-unsur lingkaran, peserta didik dapat menunjukkan titik pusat, jari-jari, diameter busur, tali busur, tembereng, dan juring dengan benar.
  2. Melalui pengamatan gambar tentang unsur-unsur lingkaran, peserta didik dapat mengidentifikasi titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring dengan benar.
Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi berikut ini!
Materi Matematika Tentang Unsur-unsur lingkaran SD Kelas VI
Lingkaran merupakan salah satu bangun datar yang yang terdiri dari kumpulan titik-titik yang berjarak sama terhadap satu titik tertentu yang disebut titik pusat lingkaran. Contohnya roda, jam dinding, permainan bianglala, dan alat-alat rumah tangga lainnya.
contoh lingkaran dalam kehidupan sehari-hari

Amati unsur-unsur lingkaran berikut!
Unsur-unsur lingkaran

Setelah mengamati gambar dan mencari di berbagai sumber, silakan dicoba latihan brikut ini pada buku latihan kalian!

ayo mencoba tentang lingkaran

ayo mencoba tentang lingkaran

Demikian tayangan materi singkat  Unsur-unsur lingkaran (titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring). Berikut ini adalah soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan PJJ Matematika Tentang Unsur-unsur lingkaran (titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring) SD Kelas VI, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#BersamaHadapiKorona
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar