Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Rabu, 18 November 2020

Materi dan Soal PJJ Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 dan 6 Tentang Formulir, Posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi ASEAN, dan Logo

logo
Salam Cerdas dan Berkarakter. 
Semangat pagi insan cerdas, kolaboratif, dan Thumbs Up! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur. 

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca dongeng, motivasi, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.

Sebelum pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta lakukan selalu 3 M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta menggunkan masker jika terpaksa harus keluar rumah) di masa pandemi covid-19, agar kita terhindar dari paparannya.

Sebelum pembelajaran dilanjutkan terlebih dahulu isi dan lengkapi presensi atau absensi melalui aplikasi google form berikut!

Lihatlah rekap absen yang sudah direkam secara otomatis pada form berikut!

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

Sebelum pembelajaran hari ini dilanjutkan, ayo dengar dan nyanyikan lagu wajib Indonesia Raya untuk membangun rasa nasionalisme sebagai generasi cerdas bangsa. Nyanyikanlah dengan khidmat dan penuh semangat secara mandiri di tempat masing-masing.
"percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Pembiasaan selanjutnya yang wajib peserta didik lakukan adalah juga adalah menyanyikan lagu mars Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Lagu ini sangat bermanfaat untuk membangun karakter-karakter yang bermanfaat di masa mendatang. Nyanyikan dengan penuh semangat dan hayati isi lagunya.
Selain pembiasaan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Mars PPK, ada baiknya juga peserta didik melakukan motivasi belajar seperti membaca motivasi, tepuk semangat, atau melakukan gerakan lainnya.

Topik Pembelajaran kali ini membahas tentang Soal Tematik Tema 5 (Wirausaha) Subtema 1 (Kerja Keras Berbuah Kesuksesan) Pembelajaran 5 dan 6 Tentang Formulir, Posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi ASEAN, dan Logo, dengan KOMPETENSI DASAR sebagai berikut:
  1. Bahasa Indonesia KD. 3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran,kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantorpos, daftar riwayat hidup,dsb.)
  2. IPS KD. 3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi,politik, sosial, budaya,teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. 
  3. SBdP KD. 3.1 Memahami reklame.
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan cara membuat teks formulir pendaftaran untuk berbagai tujuan dan kegiatan beserta petunjuknya secara tepat. 
  2. Dengan berdiskusi, siswa mampu membuat teks formulir pendaftaran untuk berbagai tujuan dan kegiatan beserta petunjuknya secara benar.
  3. Dengan membaca teks “Mendulang Prestasi, Mengembangkan Potensi Ekonomi” dan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa dapat mengidentifikasi 1 posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara tepat. 
  4. Dengan membaca teks “Mendulang Prestasi, Mengembangkan Potensi Ekonomi” dan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa dapat menyajikan 1 laporan tentang posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN secara terperinci. 
  5. Dengan mengamati contoh dan membaca penjelasan “Arti Bendera dan Logo ASEAN”, siswa dapat mengidentifikasi 2 ciri-ciri logo dan maknanya secara benar. Dengan mengamati contoh dan membaca penjelasan “Arti Bendera dan Logo ASEAN”, siswa dapat membuat 1 logo dan maknanya secara benar.
Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa membaca di buku paket tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.

Bahasa Indonesia KD. 3.6
Mambuat Formulir
Cara Mengisi Formulir
  • Diisi dengan data yang benar/sesuai identitas
  • Diisi dengan lengkap
  • Ditulis menggunakan huruf yang jelas
  • Tidak boleh ada coretan-coretan.
membuat formulir
Praktik menulis formulir beserta petunjuk pengisian

Sebelum melakukan tugas tersebut, diskusikan kembali dalam kelompok tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika menulis formulir. (Klik materi sebelumnya tentang formulir disini)
Tuliskan hasil diskusimu formulir yang kalian buat buku latihan kalian!
jawaban membuat formulir

IPS KD. 3.3
Posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN 

ASEAN (Association of Southeast Asian Nation) atau yang juga dikenal dengan perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia tenggara (Perbara) merupakan organisasi kerjasama regional yang bergerak di bidang ekonomi dan geo-politik diantara negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini didirikan berdasarkan “deklarasi Bangkok” pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Adapun pendiri dari Asean adalah Indonesia, Malaysia, Filiphina, Thailand, dan Singapura. 

Tujuan pendirian ASEAN 
  1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan budaya negara-negara anggotanya 
  2. Memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regional 
  3. Meningkatkan kesempatan guna membahas perbedaan diantara anggota ASEAN secara damai 
Indonesia memiliki peranan yang cukup penting di dalam perkembangan ASEAN, dimana Indonesia merupakan salah satu penentu arah perkembangan organisasi tersebut. 

Berikut adalah penjelasan dari peran Indonesia dalam ASEAN : 
1. Sebagai salah satu pendiri ASEAN 
Indonesia adalah salah satu dari lima negara pemrakarsa berdirinya ASEAN. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa dasar berdirinya ASEAN adalah deklarasi Bangkok, dimana deklarasi tersebut ditanda tangani oleh menteri luar negri dari kelima negara pendiri ASEAN, Yaitu : 
  1. Adam Malik dari Indonesia 
  2. Narsisco Ramos dari Filipina 
  3. Tun Abdul Razak dari Malaysia 
  4. Rajaratnam dari Singapura 
  5. Thanat Koman dari Thailand 
2. Sebagai Salah Satu Pemimpin ASEAN 
Pada Zaman Orde Baru yaitu pada masa kepemimpinan Presiden Suharto (tahun 2004), Indonesia menjadi pemimpin ASEAN, dimana dengan gaya kepemimpinannya Indonesia mampu menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara 

3. Sebagai Tuan Rumah KTT ASEAN 
Indonesia telah mendapatkan kepercayaan untuk mengadakan beberapa kali Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN. Adapun KTT ASEAN yang pernah diselenggarakan di Indonesia antara lain adalah : 
  1. KTT ASEAN Ke-1 yang dilaksanakan pada 23 hingga 24 Februari 1976 di Bali. Dalam KTT tersebut terdapat kesepakatan tentang pembentukan sekretariat ASEAN yang berpusat di Jakarta dengan Sekretaris Jendral (Sekjen) pertamanya adalah putra Indonesia yang bernama H.R. Dharsono 
  2. KTT ASEAN ke-9 yang dilaksanakan pada 7 hingga 8 Oktober 2003 di Bali. Dalam KTT tersebut, Indonesia mengusulkan pembentukan Komunitas Asean (Asean Community) yang mencakup bidang ekonomi, sosial, budaya, serta keamanan. 
  3. KTT ASEAN ke-18 yang dilaksakan pada tanggal 4 hingga 8 Mei 2011 di Jakarta 
  4. KTT ASEAN ke-19 yang dilaksanakan pada tanggal 17 hingga 19 Nopember 2011 di Bali. Dalam Konferensi tersebut didapat kesepakatan tentang Kawasan bebas senjata nuklir di Asia tenggara atau yang dikenal dengan Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zone (SEANWFZ) 
4. Mampu menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara 
Indonesia telah banyak membantu menjaga perdamaian khususnya di kawasan Asia Tenggara, yaitu dengan membantu penyelesaian konflik-konflik yang dialami oleh negara anggota ASEAN lainnya. 
  1. Pada tahun 1987, Indonesia menjadi penengah saat terjadinya konflik antara Kamboja dan Vietnam yang pada akhirnya pada tahun 1991 dalam Konferensi Paris, kedua negara tersebut menyepakati adanya perjanjian damai. 
  2. Indonesia menjadi penengah antara Moro National Front Liberation (MNFL) dengan pemerintah Filiphina, yang pada akhirnya kedua belah pihak tersebut sepakat untuk melakukan perjanjian damai yang dilakukan pada pertemuan di Indonesia. 
Posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN 
Posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN
Posisi dan peranan Indonesia

SBdP KD. 3.1

Logo dan maknanya 
Logo dan maknanya
Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. 

Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.
contoh logo
logo
Untuk lebih memahami dan memperdalam penguasaan kompetensi kalian tentang logo, diskusikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berikut ini dengan cermat!

Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : Apa yang sudah saya pelajari hari ini? Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut? 

Demikian tayangan materi singkat Soal Tematik Tema 5 (Wirausaha) Subtema 1 (Kerja Keras Berbuah Kesuksesan) Pembelajaran 5 dan 6 Tentang Formulir, Posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi ASEAN, dan Logo. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menajwab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. 

Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 
Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 90:00 Menit!


Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Materi dan Soal PJJ Tematik Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 dan 6 Tentang Formulir, Posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi ASEAN, dan Logo, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

Kalian yang penasaran dan belum mengerjakan pembelajaran sebelumnya dapat melihat dan mengerjakannya disini!

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar