Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Rabu, 16 Desember 2020

Soal Latihan AKM Literasi Teks fiksi SD Level 3

Soal AKM SD
Salam Cerdas dan Berkarakter.

Budaya Literasi
(Cerita insfirasi) Melakukan kegiatan literasi cukup dengan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga Menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Semangat pagi insan kreatif, kolaboratif, dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur.

Kegiatan penilaian atau assesmen yang dilakukan guru terhadap perkembangan siswa dapat dilakukan dengan beragam bentuk. Salah satu bentuk evaluasi berupa sebuah penugasan kepada siswa dengan cara membuat berbagai macam karya ilmiah, keterampilan, dan karya lainnya.

Bentuk penilaian lainnya dengan menggunakan kegiatan tes kemampuan peserta dengan memberikan soal baik berupa pilihan ganda, isian, menjodohkan, maupun uraian berdasarkan kisi-kisi yang sudah disusun. 

Hasil penilaian baik yang diperoleh dari tes atau penugasan, dapat memberikan kemudahan seorang guru. Kemudahan tersebut berupa perbaikan strategi pembelajaran dan pemahaman materi yang akan diberikan pada peserta didik di program belajar selanjutnya. 

"Ingat, yang terpenting dari penilaian atau evaluasi itu sendiri bukanlah lomba untuk meraih peringkat yang tertinggi. Melainkan sebuah tes yang dilakukan untuk membuat tolak ukur atas kemampuanmu sendiri untuk melangkah ke jenjang pendidikan serta kesuksesan yang lebih tinggi"

Asesmen Nasional resmi menjadi pengganti Ujian Nasional alias UN. Asesmen Nasional nantinya tidak hanya menguji kemampuan siswa saja. Asesmen Nasional akan mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, serta hasil.

Sebagaimana diketahui bahwa Asesmen Kompetensi Mininum (AKM) dilaksanakan tidak berdasarkan atas penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam Ujian Nasional. Ada pula aspek yang masuk dalam Asesmen Nasional di antaranya: Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Kerja. 

Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi.

Asesmen kompetensi pengganti Ujian Nasional akan dirancang untuk memberi dorongan lebih kuat ke arah pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan penalaran, bukan sekadar hapalan.

Literasi dan Numerasi merupakan kompetensi yang sifatnya general dan mendasar. Kemampuan berpikir tentang, dan dengan, bahasa serta matematika diperlukan dalam berbagai konteks, baik personal, sosial, maupun profesional. Literasi tidak hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka.

Dua hal tersebut sebagai komponen yang disederhanakan pada pelaksanaan AKM yang rencananya akan dimulai tahun 2021. Literasi dan numerisasi menjadi kompetensi minimum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan peserta didik untuk bisa belajar.

Topik Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kali ini adalah latihan soal literasi yang dilakukan secara daring untuk siswa level 3 atau kelas 5 dan 6. Latihan soal literasi daring ini terdiri dari 5 butir soal dengan jenis soal yang beragam. Jenis soal yang disediakan berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, benar salah, menjodohkan, isian singkat dan uraian. Latihan soal literasi kali ini memahami dengan representasi kompetensi yang di ukur antar lain:
  1. Menyimpulkan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep berdasarkan informasi rinci di dalam teks informasi yang sesuai jenjangnya.
Tujuan Kegiatan Literasi
Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Berikut disediakan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) literasi sebanyak 5 soal. Pastikan memahami pertanyaan terlebih dahulu kemudian tentukan jawaban dengan tepat sesuai petunjuk agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. 

Jawab soal berikut dengan cermat!
1. Pilihan Ganda
Menjadi filatelis atau pengumpul prangko sudah dianggap kuno. Di tengah kemajuan teknologi, banyak pilihan untuk menikmati hobi dan hiburan. Mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya agaknya mulai ditinggalkan orang. 
Ringkasan paragraf tersebut adalah ....
A. Menjadi filatelis sekarang dianggap ketinggalan zaman. 
B. Sedikit orang yang memiliki hobi mengumpulkan prangko. 
C. Menjadi filatelis dianggap kuno dan mulai ditinggalkan orang. 
D. Banyak pilihan untuk menikmati hiburan karena kemajuan teknologi.

2. Uraian
Pencemaran Udara di Kota Denpasar 

Pencemaran udara yang ditimbulkan oleh gas buangan kendaraan bermotor semakin parah. Hal ini dapat dilihat dengan munculnya kabut tipis yang terbentuk dari akumulasi gas buangan kendaraan bermotor yang setiap tahun jumlahnya terus meningkat. Keadaan ini diperparah dengan terjadinya kemacetan lalu lintas di jalur-jalur utama di kota besar seperti Denpasar. 

Gas buangan kendaraan sangat membahayakan masyarakat, terutama para pengguna jalan raya. Gangguan yang sering dialami adalah sesak napas karena penyempitan rongga paru-paru. Apabila hal ini tidak diatasi, anggota masyarakat yang mengalami gangguan pernapasan karena pencemaran udara akan semakin meningkat. 

Pemda Denpasar sudah melakukan langkah-langkah pencegahan dampak buruk akibat gas buangan kendaraan bermotor ini. Di antaranya adalah membuat jalur hijau di sepanjang jalan-jalan utama di Kota Denpasar dan menghutankan kembali areal kosong di wilayah sekitar Monumen Bajrasandi. Akan tetapi, hal ini belum dapat mengatasi masalah pencemaran udara. 

Akhirnya, kembali kepada kesadaran masyarakat pengguna jalanlah untuk selalu melakukan pengecekan (uji emisi) kendaraannya. Selain itu, penggunaan bahan bakar gas untuk kendaraan bermotor dapat menjadi alternatif yang baik untuk mendukung program Langit Biru di Denpasar. 

Apakah langkah alternatif untuk mendukung program Langit Biru di kota Denpasar?

3. Isian
Zaman dahulu, di Negeri Selatan ada seorang Raja yang sangat gemar makan ikan. Setiap kali bersantap, selalu harus ada hidangan lauk-pauk ikan. Entah ikan laut, ikan danau, ikan tambak, atau ikan sungai.

Latar cerita tersebut adalah ....

4. Pilihan Ganda
Bambu adalah tanaman rakyat. Manfaat bambu sangat banyak. Tunas bambu dapat dijadikan makanan. Bambu juga dapat dijadikan bahan untuk membuat rumah, perabotan, dan alat musik bersuara.
Paragraf tersebut berisi laporan hasil ....
A. penelitian
B. kunjungan
C. pembacaan
D. wawancara

5. Uraian
Made Wati sering membeli buku pelajaran. Ada banyak koleksi buku pelajarannya. Cerpen, novel dan fabel menjadi koleksi terbanyak. Dinda teman baiknya sering bermain kerumahnya agar dapat membaca buku koleksinya. Akan tetapi, buku tersebut jarang dipelajari Wati. Buku itu sampai menumpuk dalam lemari.

Apakah kritik yang paling tepat untuk Made Wati?


Terima kasih sudah menyimak dan mengerjakan Soal AKM Literasi Teks fiksi SD Level 3, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter

0 comments:

Posting Komentar