Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Jumat, 08 Januari 2021

PJJ Tematik Tema 6 (Menuju Masyarakat Sejahtera) Subtema 1 (Masyarakat Peduli Lingkungan Pembelajaran) 1 dan 2 untuk SD Kelas 6

Tema 6 sub tema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan
Salam Cerdas dan Berkarakter. 
Semangat pagi insan cerdas, kolaboratif, dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur. 

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca dongeng, motivasi, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.

Baca juga cerpen inspirasi yang berjudul Bersyukur Membawa Berkah, Mengeluh Mendatangkan Musibah

Sebelum pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta lakukan selalu 3 M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta menggunkan masker jika terpaksa harus keluar rumah) di masa pandemi covid-19, agar kita terhindar dari paparannya. 

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir". Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri."

Sebelum pembelajaran hari ini dilanjutkan, ayo dengar dan nyanyikan lagu wajib dan nasional untuk membangun rasa nasionalisme sebagai generasi cerdas bangsa. Nyanyikanlah dengan khidmat dan penuh semangat secara mandiri di tempat masing-masing.
"percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Pembiasaan selanjutnya yang wajib juga peserta didik lakukan ialah menyanyikan lagu mars Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Lagu ini sangat bermanfaat untuk membangun karakter-karakter yang bermanfaat di masa mendatang. Nyanyikan dengan penuh semangat dan hayati isi lagunya.
Selain pembiasaan menyanyikan lagu wajib atau nasional dan Mars PPK, ada baiknya juga peserta didik melakukan motivasi belajar seperti membaca motivasi, tepuk semangat, atau melakukan gerakan lainnya.

Topik Pembelajaran kali ini membahas Tematik Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 dan 2 untuk kelas 6 SD, dengan penguasaan kompetensi dasar meliputi:
  1. PPKn KD. 3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
  2. Bahasa Indonesia KD. 3.6 Mengaitkan peristiwa tokoh dalam cerita pengalaman pribadi.
  3. IPS KD. 3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
  4. SBdP KD. 3.2 Memahami interval nada secara individu dan berkelompok
Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca bahan ajar, berdiskusi, dan menggali di berbagai sumber, peserta didik dapat 
1. menganalisa 2 pelaksanaan kewajiban di lingkungan masyarakat dengan tepat
2. menemukan 1 informasi dari peristiwa dalam teks dengan benar
3. menginterprestasikan 1 makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan kebangsaan dengan tepat
4. menemukan 1 jarak antar nada dengan tepat

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa membaca di buku paket tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.

Muatan Pelajaran PPKn
Berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti merupakan kewajiban di lingkungan masyarakat .
Ada banyak sekali manfaat kerja bakti, baik bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Beberapa yang manfaat kerja bakti yang bisa disebutkan adalah sebagai berikut :

Lingkungan menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawat
Sumber penyakit, seperti malaria, demam berdarah bisa dihilangkan dan hal ini mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit
Penghematan biaya : bila masing-masing warga mau menyumbang sedikit tenaga, maka tidak perlu lagi membayar ongkos petugas untuk membersihkan lingkungannya
Menjadi wadah silaturahmi antar warga : dengan ikut dalam kegiatan ini, warga yang satu bisa bertemu dan berbincang satu dengan lainnya. Hal itu akan memperkukuh silaturahmi antar warga
Membuat lingkungan menjadi nyaman dan indah : dengan tidak adanya ilalang, taman tertata dengan baik, maka sebuah lingkungan akan menjadi enak dilihat dan nyaman untuk ditinggali
Mengajak anak-anak dalam kegiatan ini memungkinkan mereka saling mengenal satu dengan yang lain dan mengajarkan tentang bagaimana menjaga lingkungan dan alam

Berikut beberapa kewajiban di lingkungan masyarakat 
1. Mentaati ketertiban yang berlaku 
2. Menjaga kerukunan antar warga masyarakat 
3. Menjunjung toleransi antar warga masyarakat
4. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal 
5. Berpartisipasi dalam menjaga keamanan melalui kegiatan ronda malam

Mauatan Pelajaran Bahasa Indonesia
Kata kunci merupakan hal yang utama dan biasanya dimuat di dalam ide pokok sebuah paragraf. Dalam menentukan kata kunci ada beberapa cara dan semuanya bisa dipraktekkan secara langsung di sebuah paragraf yang akan kita cari kata kuncinya.

Dalam menentukan kata kunci kita harus hati - hati karena biasanya akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kesalahan dalam pemilihan kata dan kerancuan dalam pemilihan kata. Sebaiknya menggunakan berbagai pertimbangan dan cara yang tepat agar kata kunci bisa sesuai dan mampu dicari secara mudah.

Pembahasan
Cara mencari kata kunci pada sebuah paragraf yaitu :
1. Carilah kata yang diulang - ulang beberapa kali. Dalam beberapa kasus kata yang diulang merupakan kata kunci karena merupakan kata yang penting dan dibahas di dalam paragraf.
2. Carilah kata kunci di dalam ide pokok paragraf. Di dalam ide pokok paragraf biasanya memuat kata kunci karena merupakan kalimat yang utama di dalam sebuah paragraf.
3. Kata - katanya mendapat pengganti di kalimat lain. Biasanya kata tersebut diucapkan kembali tetapi diganti dengan kata lain dengan maksud agar dapat menghemat kata dan meyakinkan pembaca tentang keutamaan kata tersebut.

Kesimpulan
Dalam mencari kata kunci kita harus teliti dan benar - benar fokus agar tidak keliru di dalam menentukan dan sebaiknya menentukan kalimat utama atau ide pokok paragraf agar lebih memudahkan di dalam menentukan kata kunci yang kita cari.

Muatan Pelajaran IPS
Pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1945 menjadi momen bersejarah Bangsa Indonesia. Tak hanya itu, pembacaan proklamasi juga menjadi tanda berakhirnya masa penjajahan sekaligus kemerdekaan untuk Indonesia.

Indonesia mempunyai sejarah yang panjang demi menggapai kemerdekaan. Proklamasi menjadi pernyataan resmi tentang kemerdekaan dan terbebas dari belenggu penjajah.

Setelah berhasil menyatakan kemerdekaannya, Indonesia resmi menjadi negara yang berdaulat. Indonesia bebas untuk menentukan nasib bangsa tanpa harus dibelenggu para penjajah.

Rangkaian peristiwa bersejarah inilah yang membawa perubahan besar. Meski hanya berlangsung singkat, pembacaan proklamasi kemerdekaan mengandung makna yang sangat penting bagi kehidupan Bangsa Indonesia.

Proklamasi menjadi sebuah pengakuan atas kemerdekaan bangsa Indonesia. Perjuangan yang penuh darah dan air mata pun menjadi saksi, betapa Bangsa Indonesia sangat menginginkan kemerdekaan.

Proklamasi memiliki berbagai makna mendalam bagi bangsa Indonesia. Apa saja kira-kira makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia?

Beberapa makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia yang perlu diketahui.
1. Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia.
2. Proklamasi merupakan alat untuk mencapai tujuan negara dan cita-cita besar bangsa Indonesia.
3. Proklamasi sebagai titik puncak perubahan dari akhir perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.
4. Proklamasi sebagai sumber hukum bagi pembentukan negara kesatuan Republik Indonesia.
5. Proklamasi menjadi pernyataan de facto.
6. Proklamasi menjadi tanda awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
7. Proklamasi menandai awal berlakunya hukum nasional dan akhir berlakunya hukum kolonial.
8. Proklamasi sebagai titik awal dari bebasnya penderitaan rakyat, mulai kemiskinan, ketidakbebasan, kebodohan, hingga sistem kerja paksa.
9. Proklamasi merupakan jembatan emas menuju masyarakat yang adil, makmur, dan berdaulat.
10. Proklamasi sebagai pedoman untuk menjalin hubungan Internasional
11. Proklamasi telah menaikkan martabat bangsa.

Muatann Pelajaran SBdP
Tangga nada mayor
Dalam teori musik, skala mayor atau tangga nada mayor adalah salah satu Tangga nada diatonik. Skala ini tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berurutan dalam skala mayor adalah: 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2.

Sebagai contoh, tangga nada C mayor adalah C, D, E, F, G, A, B, C'
Ciri-ciri tangga nada mayor:
  1. Bersifat riang gembira
  2. Bersemangat
  3. Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do
  4. Mempunyai pola interval: 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½
Bunyi dari tangga nada ditentukan oleh pola interval yang membentuk tangga nada tersebut. Tangga nada mayor dan minor adalah tangga nada yang paling sering digunakan dalam berbagai macam musik. Masih ada banyak tangga nada lainnya.

Tangga nada mayor terdiri dari tujuh nada (sebelum tangga nada tersebut dimulai lagi dengan oktaf yang lebih tinggi) dan terdiri dari jarak nada 1/2 atau half (dua not yang bersebelahan) dan 1 atau whole (dua kali dari half step).

Pola jarak 1/2 dan1 inilah yang mendefinisikan tangga nada mayor, dimanapun nada awalnya:
1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2

Penugasan individu untuk meningkatkan keterampilan literasi dan kemapuan menganalisa dalam penerapan kehidupan sehari-hari (Kerjakan di buku latihanmu!)

Baca Teks Informasi berikut dan pahami
Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada banyak pihak, kondisi ini sudah merambah pada dunia pendidikan, pemerintah pusat sampai pada tingkat daerah memberikan kebijakan untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah meluasnya penularan COVID-19 . Diharapakan dengan seluruh lembaga pendidikan tidak melaksanakan aktivitas seperti biasanya, hal ini dapat meminimalisir menyebarnya penyakit COVID-19 ini.

Pelaksanaan pembelajaran Daring di Sekolah Dasar sudah dilakukan dilakukan oleh guru-guru hampir diseluruh negeri. pelaksanaan kegiatan pembelajaran seperti ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut dijelaskan secara singkat

Kelebihan dalam Pembelajaran Daring 
Kelebihan pertama dalam pembelajaran daring adalah lebih parktis dan santai. Praktis karena dapat memberikan tugas setiap saat dan pelaporan tugas setiap saat. Kedua, lebih fleksibel bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Pembelajaran daring menyebabkan waktu yang lebih fleksibel bagi wali yang bekerja di luar rumah dan bisa menyesuaikan waktu untuk mendampingi siswa belajar. Ketiga, menghemat waktu dan dapat dilakukan kapan saja. Semua siswa dapat mengaksesnya dengan mudah, artinya dapat dilakukan dimana saja. Penyampaian informasi lebih cepat dan bisa menjangkau banyak siswa lewat WA Group. Keempat, lebih praktis dan memudahkan dalam pengambilan nilai pengetahuan terutama bila memakai Google Form. Jika menggunakan Google Form, nilai bisa langsung diketahui sehingga siswa lebih tertarik dalam mengerjakan tugas. Selain itu siswa juga dimudahkan dalam mengerjakannya. Siswa tinggal memilih pilihan jawaban yang dianggap benar dengan meng-klik pilihan jawaban yang dimaksud. Kelebihan kelima adalah siswa bisa dipantau dan didampingi oleh orang tua masing-masing. Kelebihan keenam, guru dan siswa memperoleh pengalaman baru terkait pembelajaran daring. Peran orang tua dalam mendampingi siswa lebih banyak. 

Kelemahan dalam Pembelajaran Daring
Kelemahan dalam pembelajaran daring adalah kurang maksimalnya keterlibatan siswa. Keterlibatan siswa yang dimaksud dapat dilihat dari hasil keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring secara penuh dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 50% siswa yang aktif terlibat secara penuh, 33 % siswa yang terlibat aktif. Sedangkan 17% lainnya, siswa yang kurang aktif dan kurang berpartisipasi dalam pembelajaran daring.

Uraikan pertanyaan berikut!
  1. Bagaimana tanggapan kalian sebagai peserta didik melaksanakan pembelajaran secara daring sebagai bagian dari kewajiban seorang pelajara?
  2. Apa harapan dan tangggung jawab kalian terhadap pembelajaran daring setelah wabah covid-19 ini berakhir menjadi pembelajaran tatap muka
Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : Apa yang sudah saya pelajari hari ini? Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut? 

Demikian tayangan materi singkat PJJ Tematik Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 dan 2 untuk kelas 6 SD. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menjawab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form. 

Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. Jawab soal berikut dengan cermat!

Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 90:00 Menit!

Kuis Mandiri: Kalian penasaran, tertantang, dan ingin mencoba mengerjakan soal HOTS Matematika Tentang Sifat dan Ciri Bangun Ruang klik disini!

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!


Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan PJJ Tematik Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 dan 2 untuk SD kelas 6, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar