Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Senin, 25 Januari 2021

PJJ (Materi dan Soal Formatif HOTS) Matematika Tentang Volume Kubus dan Balok Kelas VI

Volume kubus dan balok
Semangat pagi sobat liang dimanapun berada.

Salam Cerdas dan Berkarakter.
Semangat pagi insan cerdas, kolaboratif, dan adaptif! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur.

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca cerita fiksi dan informasi, motivasi, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.


Sebelum pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan rumah (menghindari terjangkitnya penyakit DBD) serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta lakukan selalu 3 M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta menggunkan masker jika terpaksa harus keluar rumah) di masa pandemi covid-19, agar kita terhindar dari paparannya.

Topik Pembelajaran kali ini membahas Mata Pelajaran Matematika Tentang Volume Kubus dan Balok untuk kelas 6 SD, dengan penguasaan kompetensi dasar 3.4 Menjelaskan bangun ruang kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola serta bangun ruang gabungannya serta luas permukaan dan volume bangun ruang kubus dan balok.

"Percaya dirilah, karena setiap orang mempunyai kecerdasan dan karakternya masing-masing"

Tujuan Pembelajaran
Dengan membaca bahan ajar, berdiskusi, dan menggali informasi di berbagai sumber, peserta didik dapat memahami materi ajar dan menentukan 1 volume kubus dan balok dalam penerapan kehidupan sehari-hari dengan tepat

Untuk lebih jelasnya simak dan pahami materi ajar berikut ini!
Selain membaca bahan ajar di blog ini, kalian juga bisa membaca di buku paket tematik dan menggali informasi dari berbagai sumber.

Baca juga materi tentang:

Volume Kubus
volume kubus
Kalian sudah mengetahui pengertian dari kubus, yaitu bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang kongruen berbentuk bujur sangkar. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Setiap sisi atau rusuk kubus memiliki ukuran yang sama panjang sehingga di dalam rumus volume kubus tidak ada istilah panjang, lebar, ataupun tinggi tetapi hanya menggunakan istilah rusuk atau sisi (s).

Rumus Volume kubus = rusuk x rusuk x rusuk
V = S x S x S
V = S³

S = ³√ Volume kubus

Contoh 1
Diketahui panjang setiap rusuk kubus 25 cm. Tentukan volume kubus tersebut!

Penyelesaian
Diketahui panjang rusuk = 25 cm
Ditanyakan volume kubus?
V = r x r x r
V = 25 cm x 25 cm x 25 cm
V = 15.625 cm³
Jadi volume kubus tersebut adalah 15.625 cm³

Contoh 2
Pedagang mainan membeli kubus rubik yang rusuknya berukuran 12 cm. Mainan tersebut dimasukkan ke dalam kardus besar berbentuk kubus berukuran panjang 60 cm. Berapakah jumlah mainan kubus rubik yang bisa dimasukkan ke dalam kardus tersebut?

Penyelesaian
Diketahui panjang rusuk mainan = 12 cm, panjang rusuk kardus = 60 cm
Ditanyakan jumlah rubik dalam kardus?
Volume rubik = s³
Volume mainan = 12³ = 1.728 cm³
Volume kardus = 60³ = 216.000 cm³

Jumlah rubik yang dapat dimasukkan kardus = V. kardus : V. rubik
Jumlah rubik yang dapat dimasukkan kardus = 216.000 cm³ : 1.728 cm³ = 125
Jadi, jumlah rubik yang dapat dimasukkan kardus sebanyak 125 buah

Volume Balok
Untuk menghitung volume balok sangatlah sederhana. Kamu hanya perlu mengalikan tiga buah sisi yang ada pada balok, yaitu panjang, lebar, dan tinggi.
Cermati gambar berikut untuk lebih jelasnya.
volume balok
Rumus volume balok
Volume sebuah balok bisa diketahui dengan cara menghitung luas alas balok tersebut kemudian dikalikan dengan tingginya. Karena bentuk alas dari sebuah balok adalah persegi panjang, sehingga untuk mencari luas alasnya digunakan rumus :

Luas Alas Balok = Panjang x Lebar
Luas Alas Balok = p x l

Kemudian rumus volume pada balok yaitu :
Volume balok = Luas Alas x Tinggi
Volume balok = Panjang x Lebar x Tinggi
Volume balok = p x l x t

Satuan untuk volume balok adalah satuan panjang pangkat tiga atau kubik. Misalnya m³ (meter kubik), cm³ (centimeter kubik), dan lain sebagainya.

Nilai volume tersebut juga bisa kalian konversi menjadi satuan yang lainnya dengan menggunakan teknik konversi satuan.

Contoh 1
Diketahui sebuah balok panjangnya 22 cm, lebar 15 cm, dan tingginya 18 cm. Tentukan volume balok tersebut!

Penyelesaian
Diketahui p = 22 cm, l = 15 cm, t = 18 cm

Ditanyakan volume?
V = p x l x t
V = 23 cm x 15 cm x 18 cm
V = 6.210 cm³

Contoh 2
Sebuah kolam renang di rumah Putu Suardana berbentuk balok memiliki kedalaman 160 cm, panjang sisinya 5 m dan lebarnya 250 cm. Kolam renang tersebut telah berisi air 3/4 nya. Untuk memenuhi kolam renang tersebut, Putu Suardana harus mengisinya sebanyak ....

Penyelesaian
Diketahui kedalaman (tinggi) = 160 cm, p = 5 m = 500 cm, dan l = 250 cm
Volume = 3/4 bagian

Ditanyakan banyaknya air untuk memenuhi kolam renang?
Volume kolam renang jika terisi penuh = p x l x t
Volume kolam renang jika terisi penuh = 500 cm x 250 cm x 160 cm
Volume kolam renang jika terisi penuh = 20.000.000 cm³ = 20.000 liter/dm³

Volume kolam renang hanya 3/4 bagian berarti :
V = 3/4 x 20.000 liter/dm³
V = 15.000 liter
Air yang harus dimasukkan lagi = 20.000 liter - 15.000 liter = 5.000 liter
atau
Volume kolam renang hanya 3/4 bagian berarti untuk mengisinya dengan penuh kita membutuhkan 1/4 bagian lagi, maka
V = 1/4 x 20.000 liter/dm³
V = 5.000 liter

Jadi, Putu Suardana harus mengisinya lagi sebanyak 5.000 liter agar kolam renang terisi penuh.

Penugasan individu untuk meningkatkan keterampilan numerasi dalam penerapan kehidupan sehari-hari (Kerjakan di buku latihanmu!)
  1. Jika sebuah aquarium yang berbentuk kubus diisi air hingga penuh sebanyak 729 liter, maka tinggi aquarim tersebut adalah ... cm.
  2. Sebuah kolam ikan berbentuk balok mula-mula berisi air sebanyak 2.000 liter. Kolam dikuras hingga volume air tersisa 2/5 dari sebelumnya. Berapa cm kedalaman air yang tersisa di dalam kolam jika luas alas kolam 10 m²
Bagaimana kegiatanya, menyenangkan bukan? Pekerjaan kalian yang sudah bagus dan luar biasa akan jauh lebih bermanfaat jika dilakukan presentasi atau di diskusikan dengan teman, orang tua, dan guru kalian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun pengetahuan baru.

Hasil diskusi dan presentasi yang sudah kalian lakukan dapat dijadikan sebagai motivasi diri untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang. Masukan atau saran juga kritik yang membangun dapat membangun karakter dan pengetahuan diri yang lebih baik.

Nah, untuk mengetahui pemahaman pembelajaran yang sudah kalian simak dan lakukan, ada baiknya juga kalian melakukan refleksi atau merangkum kegiatan pembelajaran hari ini. Hal tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman kompetensi diri terhadap pembelajaran daring yang kalian lakukan secara mandiri dari rumah. Refleksi ini dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan singkat. Seperti : Apa yang sudah saya pelajari hari ini? Dapatkah saya menguasai materi pembelajaran hari ini? Apa Manfaat yang saya dapatkan dengan mempelajari materi tersebut?

Demikian tayangan materi singkat Pembelajaran Jarak Jauh Matematika Tentang Volume Kubus dan Balok Untuk Kelas 6 SD. Untuk menguji pemahaman dan penguasaan kompetensi pembelajaran hari ini, lakukanlah kegiatan formatif berikut ini dengan menjawab soal yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dalam bentuk aplikasi google form.

“Lakukan dengan sungguh-sungguh setiap latihan seolah-olah ini adalah latihan kalian terakhir. Jangan pasrah pada hasil yang kalian peroleh, tapi lakukan prosesnya berulang kali hingga kamu bangga dan percaya diri"

Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. Jawab soal berikut dengan cermat!
Liang Solusi memberikan waktu pengerjaan: 120:00 Menit!

Klik Saja untuk kalian yang penasaran dan tertantang mengerjakan soal formatif tentang :

Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!

Terima kasih sudah menyimak materi dan mengerjakan Pembelajaran Jarak Jauh Matematika Tentang Volume Kubus dan Balok Untuk Kelas 6 SD, yang dapat kami tuliskan. Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga bertambah cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#BelajardariRumah

0 comments:

Posting Komentar