Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Kamis, 18 Maret 2021

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas
Kehadiran barang sehari-hari yang berbahan plastik mungkin menguntungkan manusia dalam beraktivitas. Namun, makhluk hidup lain yang menempati bumi ini tidak merasakan sisi positif dari adanya barang plastik. Nyatanya, hewan-hewan di lautan belakangan ini seringkali terdampak bahayanya barang plastik.

Dampak bahaya terhdapa hewan laut misalnya seekor paus ditemukan mati dalam keadaan perutnya dipenuhi dengan ribuan plastik. Selain itu ada juga kura-kura yang hidungnya tersumbat sedotan plastik.

Dari fenomena tersebut, dapat disimpulkan bahwa plastik tidak dapat terurai dengan cepat. Untuk itu, alangkah baiknya memanfaatkan barang-barang berbahan plastik, seperti botol minum plastik bekas untuk didaur ulang menjadi kerajinan tangan bermanfaat dan bernilai seni.

Saat ini ada banyak ide kerajinan tangan. Anda bahkan bisa menggunakan barang bekas untuk membuat kerajinan tangan yang bernilai guna. Jika Anda tertarik, berikut ini beberapa ide kerajinan tangan sederhana beserta cara pembuatannya.

1. Kreasi Tempat Charger dari Botol Bekas Pewangi
Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas
Kreasi tempat charger ini cocok untuk Anda yang sering kesulitan saat mengisi daya karena kabel terlalu pendek atau stopkontak terlalu tinggi.

Langkah-langkahnya sangat sederhana hanya dengan menyediakan botol bekas pewangi dan cutter saja untuk membuatnya.

Pertama, potong botol bekas pewangi membentuk kantong seperti pada gambar.

Kedua, lubangi bagian atasnya (sesuaikan ukurannya dengan charger Anda).

Selanjutnya, haluskan potongan botol tersebut menggunakan amplas jika diperlukan. Setelah itu, Anda bisa langsung mencobanya untuk men-charge telepon genggam.

2. Kreasi Hiasan Kepala Rusa dari Kardus
Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas
Dirumah kalian pasti punya banyak kardus tak terpakai bukan? Sekarang kalian bisa menggunakannya untuk membuat hiasan kepala rusa.

Adapun alat dan bahan yang perlu disiapkan antara lain kardus, lem, gunting, dan gambar pola rusa.
Selanjutnya, unduh template kepala rusa di internet. Anda juga bisa mengunduh template binatang lain yang disukai seperti kambing, gajah, dan sebagainya. Cetak template tersebut pada kertas lalu potong sesuai pola yang tersedia.

Tempelkan gambar pola pada kardus. Potong kardus tersebut mengikuti gambar. Jika sudah, sambungkan bagian-bagian kepala rusa dan lehernya. Kemudian, tempelkan pada papan kardus yang lebih lebar. Gunakan lem serbaguna yang kuat supaya tidak mudah jatuh.

Terakhir, Anda bisa memasang hiasan kepala rusa tersebut pada dinding. Lubangi bagian belakangnya terlebih dahulu supaya dapat dikaitkan pada paku.

3. Boneka Penguin dari Botol Bekas
Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas
Jika sobat solusi punya sejumlah botol bekas minuman bersoda, jangan membuangnya terlebih dahulu. Sobat solusi bisa mengubahnya menjadi boneka penguin yang imut. Anda bisa menggunakannya sebagai pajangan setelah jadi.

Adapun proses pembuatannya cukup sederhana.

Pertama, sediakan dua botol bekas minuman bersoda. Potong dan ambil bagian bawahnya saja. Satukan kedua potongan botol tersebut seperti pada gambar.

Kedua, gunakan cat semprot warna putih untuk melapisi seluruh permukaan botol.

Selanjutnya, cat kembali botol tersebut dengan kuas untuk membentuk gambar penguin. Agar lebih menarik, sobat solusi bisa menambahkan aksesori lain, seperti syal dengan menggunakan kain perca.

4. Mainan Anak dari Botol Plastik Bekas
Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas
Mainan anak tidak harus mahal. Anda bahkan bisa berhemat dengan membuatkan mainan si kecil dari botol Akua bekas. Cara membuat kerajinan dari botol Akua bekas ini sangat mudah. Anda bahkan bisa mengajak si kecil untuk ikut berkreasi.

Yang perlu Anda siapkan adalah botol bekas, pom-pom (bola-bola bulu) warna hitam untuk kepala, mata boneka, dan cat. Anda bisa menyediakan botol bekas dalam berbagai ukuran supaya lebih variatif.


Mulai dengan memotong bagian ujung bawah botol lalu gunakan cat untuk mewarnainya. Tambakan titik-titik hitam seperti pada gambar. Kemudian, tempelkan pom-pom sebagai kepalanya. Jangan lupa tempelkan juga mata boneka pada pom-pom tersebut.

5. Gantungan Kunci dari Botol Bekas
Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas
Anda punya banyak botol Akua bekas di rumah? Ide kreasi gantungan kunci ini bisa Anda coba. Menariknya, cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas botol akua ini tidaklah sulit.

Pertama, siapkan alat dan bahannya, seperti botol Akua bekas, gunting, kuas, cat, dan ring gantungan kunci.

Kedua, buat bentuk bunga dari botol tersebut. Belah botol bekas terlebih dahulu supaya lebih mudah dibentuk. Kemudian, gambar bentuk bunga di atasnya lalu gunting sesuai pola yang sudah digambar.

Selanjutnya, cat potongan bunga plastik tadi dengan warna merah lalu biarkan sampai kering. Jika sudah, ambil tali rami warna merah untuk menyusun bunga plastik tersebut menjadi gantungan kunci. Anda bisa menambahkan manik-manik agar terlihat lebih cantik.

Demikianlah beberapa ide seputar cara membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas yang bisa sobat solusi coba di rumah. Jika kalian punya tumpukan botol, kardus, atau barang bekas lainnya, langsung saja manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Semoga ide di atas bermanfaat dan selamat mencoba.

Kiriman karya seorang siswa
Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas
Ida Bagus Gede Wiswambara Keniten

0 comments:

Posting Komentar