Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Rabu, 30 Juni 2021

Kejujuran dan Manfaatnya Sebagai Kunci Kebahagiaan, Kesuksesan dan Keberuntungan

jujur kunci kesuksesan dan keberuntungan
jujur itu mahal
Kejujuran sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan dalam segala hal, selain itu tentu saja kerja keras, usaha, dan nasib baik. Dengan demikian, kita harus meyakini bahwa kejujuran sangatlah penting dalam kehidupan kita. Kejujuran harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari semua aktifitas yang kita jalani, karena pada dasarnya ia merupakan sumber segala kebaikan.

Jujur merupakan sebuah sifat yang membutuhkan kesesuaian sikap antara perkataan yang diucapkan dan perbuatan yang dilakukan oleh seseorang. Artinya, seseorang dapat dikatakan jujur jika ia mengucapkan sesuatu yang sesuai dengan sebenarnya, disertai tindakan yang seharusnya.

Seseorang yang menanamkan sifat jujur akan mendapatkan manfaat baik dalam hidupnya. Antara lain perasaan tenang, terbiasa bertanggungjawab, dijauhkan dari perilaku melanggar norma, dan dapat dipercaya orang lain.

Jujur menjadi salah satu sifat yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sifat jujur disebut sudah tertanam dalam diri seseorang. Namun, alangkah lebih baik jika dilatih sejak masih kanak-kanak agar terbiasa saat beranjak dewasa.

Simak cerita motivasi berikut!

Sebuah cerita menginspirasi datang dari perbatasan kota. Di tempat tersebut terdapat seorang putra bersama ke empat saudaranya. Mereka tinggal dalam kehidupan yang sangat sederhana, dengan profesi sang ayah hanya seorang buruh serabutan. Sedangkan ibunya menjadi ibu rumah tangga biasa tanpa penghasilan apapun. Selepas pulang sekolah putra tertua yang bernama Putu Polos pergi ke pasar untuk berjualan asongan.

Pada suatu hari saat dia tengah menjajakan dagangannya tiba-tiba melihat bungkusan koran yang besar berada di pinggir jalan. Kemudian dia mengambil bungkusnya dan sontak lelaki kecil ini pun tercengang melihat isi di dalamnya. Ternyata di dalam bungkus misterius ini terdapat uang sembilan puluh lima juta rupiah. Jumlah yang sangat besar dan baru pertama kali dia melihatnya. Tertera dengan jelas tulisan 95 juta di kertas kecil yang melilitnya.

Sesekali tampak kegirangan, sesekali pula tampak bingung karena dia berfikir pasti pemiliknya sangat kebingungan mencari uang yang hilang tersebut. Tampak anak ini diam beberapa saat tanpa suara dan tanpa ada gerakan satu pun. Beberapa saat berselang dia mulai berfikir untuk mencari pemilik uang misterius ini.

“Tu, bungkusan apa itu?” mendadak ibunya muncul dari keheningan.

“ini … ini uang bu …” dengan ucapan terbata-bata, Putu Polos menunjukkan bungkusan yang ada di tangannya sembari ketakutan.

“Uang siapa itu??!” tampak raut wajah ibunya yang terlihat geram.

Lantas, Putu pun menjelaskan panjang lebar bagaimana dia bisa menemukan bungkusan uang itu di pinggir jalan.

Meskipun mereka ibu dan anak ini benar-benar membutuhkan uang untuk biaya operasi adik yang sakit dan butuh untuk biaya hidup, namun mereka berdua sepakat untuk mengembalikan uang yang ada di dalam bungkusan ini.

Tak lama kemudian mereka mendatangi pos polisi terdekat yang berada di perpematan jalan dan melaporkan uang hilang itu. Kebetulan pula si pemilik uang sedang kebingungan melaporkan uangnya yang hilang di pos polisi yang sama. Berkat kejujuran Putu dan ibunya, uang yang akan dipakai pemiliknya untuk biaya operasi anaknya yang kecelakaan pun bisa segera dibayarkan dan anak pemilik uang ini pun bisa selamat dan lega.

Beberapa minggu kemudian, keberuntungan pun datang pada Putu Polos dan ibunya. Mereka mendapatkan pengobatan gratis untuk salah satu adiknya yang terkena penyakit katarak. Pengoban gratis terseubt dikarenakan kelaurga Putu mendapatkan bantuan dari dinas social setempat. Tidak hanya itu, Putu Polos juga mendapatkan biaya sekolah gratis hingga SMA.

Dengan selalu melakukan kejujuran, tentu setiap orang mendapatkan keberuntungan sesuai dengan ketulusan perbuatan yang telah dilakukan.

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “kejujuran itu mahal”. Kejujuran memang sangat mahal, itulah mengapa berkata jujur terkadang terasa sangat berat. Kejujuran dapat membuat orang lain tenang dan senang, walaupun kadang ada juga yang merasa sakit. Ada juga kejujuran yang membuat kita dibenci karena karena merasa terganggu oleh sesuatu yang salah yang sudah dilakukannya.

Pada dasarnya, tidak ada alasan bagi kita untuk berbohong, jika kita mampu meyakini arti kejujuran. Sebenarnya sangat gampang untuk berbuat jujur. Jika kita salah maka kita seharusnya mengakui kesalahan tersebut, jika sesuatu hal tertentu merugikan orang lain lebih baik kita jujur dengan apa yang sudah terjadi. Dengan demikian, setidaknya tindakan jujur akan meringankan sebuah masalah dan tidak timbul masalah baru.

Satu kebohongan akan mendorong kebohongan lainnya. Jadi, lebih baik kita berperilaku jujur karena dengan kejujuran dapat membuat kita tenang dan nyaman, karena kejujuran itu dekat dengan kebenaran.

Jika kita memang jujur orang lain akan percaya kepada kita. Kepercayaan juga tidak bisa dibeli dengan uang. Kepercayaan akan tumbuh dengan sendirinya jika ada kejujuran. Jika, seseorang dipercaya oleh orang lain, niscaya hal tersebut akan mempermudah jalan mencari rejeki.

0 comments:

Posting Komentar